Friday, 8 March 2013

Tugas Pokok dan Fungsi Petugas Puskesmas



a.    Kepala Puskesmas Bertanggung jawab. Membina kerjasama karyawan/karyawati dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Melakukan pengawasan melekat bagi seluruh pelaksanaan kegiatan program dan pengelolaan keuangan. Mengadakan koordinasi dengan Kepala Kecamatan dan Lintas Sektoral dalam upaya pembangunan kesehatan di wilayah kerja. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dan masyarakat. Menyusun perencanaan kegiatan Puskesmas dengan dibantu oleh staf Puskesmas. Melaporkan hasil kegiatan program ke Dinas Kesehatan Kota. Melakukan supervisi dalam pelaksanaan kegiatan di Puskesmas induk, Pustu, Pos Puskesling, Polindes, Posyandu dan di Masyarakat.
b.    Dokter Sebagai Ketua Tim Mutu Puskesmas, mengkoordinir seluruh kegiatan manajemen mutu di Puskesmas. Melaksanakan tugas pelayanan kepada pasien Puskesmas. Membentu manajemen dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Puskesmas. Membantu manajemen membina karyawan/karyawati dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Membantu menyusun perencanaan kegiatan Puskesmas. Membantu manajemen dan memonitor dan mengevaluasi kegiatan puskesmas. Membina petugas dalam meningkatkan mutu pelayanan (QA). Membina perawat bidan dalam pelaksanaan MTBS. Membantu manajemen melakukan supervixi dalam pelaksanaan kegiatan di Puskesmas induk, Pustu, Pos Puskesling, Polindes, Posyandu dan di Masyarakat. Mengkoordinir kegiatan Sistem informasi Kesehatan.Menyusun laporan tahunan. Profil kesehatan, dibantu staf yang lain.
c.    Bidan Sebagai bidan koordinator penanggung jawab kegiatan Keluarga Berencana.
d.   Melaksanakan laporan kegiatan pemeriksaan/pembinaan/pertolongan kepada Ibu Hamil, Ibu Bersalin, Ibu Nifas, Ibu Menyusui, bayi dan balita. Melakukan kegiatan pelayanan Keluarga Berencana.Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengamanan alat medis dan umum non medis KB. Membina dan mensupervisi bidan swasta yang ada di wilayah Puskesmas. Bertanggung jawab atas kebersihan dan penataan ryang KIA/KB/RB. Melaksanakan kegiatan koordinasi dengan PKK dan Lintas Sektoral terkait dalam kegiatan GSI (Gerakan Sayang Ibu) dan kegiatan dalam upaya peningkatan kesehatan perempuan. Membantu Kepala Puskesmas dalam menyusun rencana kegiatan. Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat laporan kegiatan. Melaksanakan kegiatan Puskesmas. Melaksanakan kegiatan Posyandu Lansia. Membina anak pra sekolah.Taman Kanak-Kanak. Melakukan pemantauan kelainan tumbuh kembang balita. Membina unit KIA.KB dalam pelaksanaan QA. Membantu kegiatan Lintas Sektoral terutama dalam pemberantasan penyakit dan dalam kegiatan penyuluhan masyarakat. Koordinator Program Kesehatan Lansia.Membantu kegiatan Posyandu Balita dan Lansia
e.    Perawat  Melaksanakan tugas asuhan keperawatan didalam gedung maupun diluar gedung. Berkolaborasi dengan Dokter dalam pelayanan pengobatan pasien baik di Puskesmas induk maupun di pos-pos Puskesling. Bertanggung jawab atas kebersihan dan penataan ruang BP/IGD/Poli MTBS. Bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengamanan alat medis dan non medis di ruang BP/IGD/MTBS. Membantu kegiatan lintas program antara lain dalam kegiatan pemberantasan penyalit, UKS, Penyukuhan Kesehatan Masyarakat dan kegiatan lapangan lainnya. Melaksanakan kegiatan Puskesmas diluar gedung. Membantu pelaksanaan kegiatan Posyandu balita dan Posyandu lansia. Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat perencanaan kegiatan. Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat laporan kegiatan. Melaksanakan kegiatan pelayanan pos MTBS di Puskesmas. Membantu pelaksanaan pelacakan kelainan mata, jiwa dan tumbuh kembang anak balita
f.     Kesehatan Lingkungan. Membuat perencanaan kegiatan Kesling (Kesehatan Lingkungan).Melaksanakan pembinaan dan pemeriksaan TTU (Tempat-Tempat Umum), TP2M (Tempat Pembuatan dan Penjualan Makanan), TP3 (Tempat Penyimpanan dan Penjualan Pestisida), Home Industri, salon dan pabrik/perusahaan. Melaksanakan Pelaksanaan Jentik Berkala (PJB) dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), bersama lintas program dan lintas sektoral serta masyarakat. Melaksanaan pendataan dan pembinaan Rumah Sakit, SAMIJAGA (Sarana Air Minum dan Jamban Keluarga) dan SPAL (Sarana Pembuangan Air Limbah). Melaksanakan Penyuluhan kesehatan lingkungan bersama dengan petugas lintas program dan lintas sektoral terkait. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan kesling.
g.     Petugas Gizi Membuat perencanaan kegiatan program Gizi, bersama petugas lintas program dan lintas sektoral terkait. Melaksanakan kegiatan dalam rangka UPGK (Usaha Perbaikan Gizi Keluarga), mengkoordinir kegiatan penimbangan dan penyuluhan gizi di posyandu. Melaksanakan pendataan sasaran dan distribusi Vitamin A, kapsul Yodiol dan tablet besi (Fe). Melaksanakan PSG (Pemantauan Status Gizi). Bersama dengan petugas lintas program dan lintas sektoral melaksanakan SKPG (Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi). Melaksanakan pemantauan garam beryodium. Mendeteksi dan melaporkan adanya balita KEP. Mengkoordinir pelaksanaan PMT penyuluhan dan PMT Pemulihan Balita KEP. Melaksanakan konseling Gizi di klinik Gizi maupun di Posyandu. Membina Gizi Institusi (pondok pesantren, panti asuhan dll). Bersama petugas lintas sektoral merencanakan, memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan PMT-ASI. Bersama dinas lintas sektoral terkait melaksanakan Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG). Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan program gizi.
h.    Petugas Laboratorium Membuat perencanaan kebutuhan alat/sarana, reagensia dan bahan habis pakai lainnya yang dibutuhkan selama 1 tahun. Membuat perencanaan pengembangan kegiatan laboratorium. Melaksanakan kegiatan pemeriksaan laboratorium sesuai prosedur. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan laboratorium
i.      Petugas Apotik Bertanggung jawab atas kegiatan pelayanan di apotek. Melaksanakan pelayanan pemberian obat di apotek. Mencatat petugas gudang obat dalam memonitor obat di apotek. Membantu petugas gudang obat dalam memonitor obat di Pustu dan Pos Puskesling. Membantu Kepala Puskesmas dalam membuat perencanaan kebutuhan obat Puskesmas. Membina unit apotek dalam pelaksanaan Quality Assurance. Entry data SIMPUS.
j.      Petugas Kartu Mendaftar pasien yang datang berobat, Mencatat di register, Mengisi identitas pasien di kartu rawat jalan dan kartu resep, Mengisi kartu tanda pengenal pasien, Mengantar kartu rawat jalan ke ruang BP, Bertanggung jawab atas penerimaan uang retribusi  da pengeluaran karcis, Menyetorkan kepada bendahara penerima hasil penerimaan retribusi setiap hari. Mencatat hasi penerimaan  retribusi di buku bantu, Menyusun Kartu Rawat Jalan pasien pada rak status sesuai urutan nomor kode,Membantu merencanakan kebutuhan kartu rawat jalan, resep, kartu tanda pengenal, family folder dan amplop tempat kartu rawat jalan, Mencatat Register Baru/Lama, register  Bayar/Gratis/ASKES/JPS, Menghitung resep yang masuk dan setoran harian. 
k.    Petugas Pendukung lainnya Penanggung jawab kebersihan ruangan. Melaksanakan pembersihan lantai dan mebeulair/alat. Mengontrol dan mengunci ruangan bila kegiatan dalam gedung sudah selesai. Penanggung jawab kebersihan halaman dan sekitarnya, serta kamar mandi/WC. Membantu membersihkan ruangan. Bertanggung jawab atas pemeliharaan/kebersihan tempat tidur/bed periksa, kasur, bantal, guling, sprei, sarung bantal/guling, taplak meja dan korden di seluruh ruangan di Puskesmas. Menyediakan minuman bagi karyawan, bertanggung jawab atas kebersihan dan pemeliharaan dapur dan alat-alat dapur.
l.      Petugas Keordinator Imunisasi Mengkoordinir kegiatan imunisasi di Puskesmas dan Posyandu. Bertanggung jawab atas pemeliharaan vaksin/cold chain.Merencanakan kebutuhan vaksin dan logistik lainnya. Memonitor suhu lemari es. Membuat laporan kegiatan imunisasi.
m.  Petugas Kesehtan Jiwa Mengkoordinir kegiatan Keswa. Melaksanakan pencatatan dan pelaporan kegiatan Keswa. Melakukan koordinasi dengan lintas program dan lintas sektoral dalam penanganan kesehatan jiwa. Melakukan skrining dan konseling penderita sakit jiwa dibantu petugas yang lain.
n.    Petugas Tata usaha Mengelola dan menyiapkan data dan urusan kep egawaian.Mengelola surat masuk dan surat kabar. Merekap dan melaporkan SP3 Puskesmas. Koordinasi dengan lintas program untuk mengarsipkan data program dan inventarisasi barang. Ikut serta dalam penataan keuangan Puskesmas. Menyusun jadwal kegiatan Puskesmas dan ikut merumuskan perencanaan Puskesmas satu tahun kedepan. ( http://www.gizi.jampersaltasik.com/gizi/)

0 komentar:

Post a Comment