Secara harfiah kata media memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Jadi
pengertian media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat
merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat
mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.
Alat peraga
adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menjelaskan konsep pembelajaran dari
materi yang bersifat abstrak menjadi nyata sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian dan minat siswa yang menjurus kearah terjadinya proses
belajar mengajar. Penggunaan
alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan, karena dengan memanfaatkan
alat peraga yang sesuai dengan materi, pembelajaran fisika akan lebih efektif
dengan langsung memperagakan dan melakukan percobaan.
Alat Peraga
Pendidikan IPA, Alat peraga pendidikan IPA ialah alat yang secara langsung
digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar IPA, yang termasuk alat
ini adalah : (1) alat IPA, adalah alat yang bila dipakai untuk praktek tidak
habis terpakai, (2) bahan, adalah sesuatu benda jika dipakai untuk praktek
dapat habis terpakai, (3) model, model adalah benda tiruan yang bentuknya
seperti benda aslinya, (4) carta dan gambar, (5) benda asli.
Memilih
alat dan bahan, dari kegiatan-kegiatan yang telah kita tentukan kita pilih alat
dan bahan yang kita perlukan untuk praktek, secara singkat prose pemilihan alat
dan bahan dapat digambarkan sebagai berikut: peninjauan standar kompetensi,
peninjauan kompetensi dasar, penyusunan konsep, pemilihan konsep esensial,
pemilihan metode kegiatan, pemilihan alat dan bahan, dan pelaksanaan
pembelajaran
Manfaat
Menggunakan Alat Peraga, Secara umum manfaat alat peraga dalam proses
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Kemp dan Dayton
mengidentifikasikan beberapa manfaat alat peraga dalam pembelajaran, yaitu :
(1) penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan, (2) Proses pembelajaran
menjadi lebih jelas dan menarik, (3) Proses pembelajaran menjadi lebih
interaktif, (4) Efisien dalam waktu dan tenaga, (5) Tujuan belajar akan lebih
mudah tercapai secara maksimal , (6) Meningkatkan kualitas hasil belajar, (7)
Alat peraga akan merubah peran guru ke arah yang positif dan produktif.
Selain itu
dengan menggunakan alat peraga, pembelajaran fisika yang dikenal siswa sebagai
mata pelajaran yang rumit dan sukar dipelajari, akan menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan bagi siswa dan guru
dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Menurut alat
peraga pengajaran, teaching aids, atau Audiovisual Aids (AVA) adalah alat yang
digunakan guru ketika mengajar untuk memperjelas mated pelajaran yang
disampaikannya kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri
sendiri. Pengajaran yang banyak menggunakan verbalisme tentu akan segera
membosankan, sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira
belajar atau senang karena merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang
diterimanya.
Belajar yang efektif hams mulai dengan
pengalaman langsung atau pengalaman konkret dan menuju kepada pengalaman yang
lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga
pengajaran daripada bila siswa belajar tanpadibantu dengan alat pengajaran. Untuk mengetahui target pengajaran diperlukan
adanya penilaian (evaluasi). menyatakan bahwa evaluasi merupakan bagian penting
dalam prose's belajar mengajar, karena dengan evaluasi dapat ditentukan tingkat
keberhasilan suatu program. penilaian merupakan salah satu unsur penting dalam
rangkaian proses belajar mengajar, karena dengan penilaian guru dapat
mengetahui sejauh mana penguasaan materi anak, keefektifan metoda yang
disampaikan, keberhasilan materi yang disampaikan dan juga dengan penilaian
akan memperbaiki proses belajar mengajar.
Dari
pemaparan diatas dapat disimpulkan peranan alat peraga dalam proses
pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Alat
untuk memperjelas bahan pembelajaran pada saat guru menyampaikan pelajaran
b. Alat untuk mengangkat atau menimbulkan
persoalan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh para peserta didik
dalam proses belajarnya.
c.
Sumber
belajar bagi siswa baik secara individu ataupun kelompok.
d. Melalui alat peraga siswa terbantu dalam
memahami konsep fisika yang sulit.
Alat-alat
peraga sangat tepat digunakan dalam :
a. Memperkenalkan suatu masalah atau unit
sesuatu pokok bahasan
b.
Mengembangkan dan memperjelas
suatu pokok persoalan
c.
Menafsirkan suatu masalah atau
pokok persoalan yang diterangkan/ dikemukakan.
d.
Mengidentifikasikan suatu
situasi
e.
Menyederhanakan suatu masalah
yang sedang dibahas
f.
Mengadakan hubungan atau korelasi
antara dua keadaan atau lebih
g.
Memindahkan suatu pemikiran
kedalam suatu yang nyata
h.
Meningkatkan minat dan dorongan
siswa untuk memperhatikan sesuatu
i.
Memberikan pengalaman yang tak
mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu perkembangannya, efesiensi dan
pengalaman belajar yang lebih sempurna.
0 komentar:
Post a Comment