Kemajuan teknologi informasi banyak
membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan dewasa ini, khususnya
teknologi komputer dan internet, baik dalam hal perangkat keras maupun lunak.
Kemajuan teknologi memberikan banyak tawaran dan pilihan bagi dunia pendidikan
untuk menunjang proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif
dan efisien bagi siswa. Keuntungan yang ditawarkan dalam kemajuan teknologi
bukan saja terletak pada faktor kecepatan untuk mendapatkan infomasi namun juga
fasilitas multimedia yang dapat membuat belajar lebih menarik, visual dan
interaktif. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, banyak kegiatan
pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.
Parera menegaskan bahwa media dalam
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai suatu perantara
atau sarana untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga
dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat untuk proses
komunikasi. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang dapat
menyajikan, menyampaikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar, sedangkan
media berbasis komputer adalah media yang menggabungkan dan menseinergikan
berbagai elemen, yaitu teks, grafis, foto, video, animasi, musik, dan narasi
yang paling terhubung memungkinkan pemakai melakukan interaksi dan komunikasi.
Fungsi media dalam pembelajaran ialah mengatasi keterbatasan pengalaman siswa,
dapat melampaui batasan ruangan kelas, memungkinkan interaksi langsung antara
siswa dan lingkungannya, menghasilkan keseragaman pengamatan, menanamkan konsep
dasar yang benar, konkret dan realistik.
Berkembangnya teknologi informasi
internet yang sangat pesat telah mendorong upaya-upaya dalam mememanfaatkan
media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga
proses belajar terjadi. Pemanfaatan media secara tepat guna akan memperlancar
proses pembelajaran, dimana telah disebutkan di atas bahwa semua ilmu
pengetahuan yang ada diseluruh dunia bisa diakses melalui internet dengan cepat
dan mudah, hal ini semakin menambah dan meningkatkan pemanfaatan internet oleh
kalangan masyarakat maupun anak sekolah, dengan berkembangnya teknologi
internet tersebut guru dituntut sekurang-kurangnya menguasai cara penggunaan
media pembelajaran yang ada di sekolah agar ketika proses pembelajaran berjalan
dengan lancar, hal ini diharapkan akan menjadikan tercapainya tujuan pendidikan
nasional, untuk itu guru harus memiliki pengetahuan tentang pemahaman yang
cukup mengenai media pembelajaran yang meliputi: media sebagai alat komunikasi
guna mengefektifkan proses pembelajaran, fungsi media dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan, hubungan antara metode pembelajaran dengan media
pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran, dan lain-lain.
Pemanfaatan teknologi informasi internet
yang belum maksimal di kalangan peserta didik dalam proses belajar akan
berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa karena pemanfaatan internet
yang ada di sekolah akan membantu sisiwa mendapatkan sumber pengetahuan
tambahan yang lebih cepat, terpercaya, hal ini merupakan salah satu faktor
pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan adanya minat yang
timbul atas kesenangan siswa dalam mencari sumber belajar lainnya di internet
untuk menambah pengetahuannya tentang pelajaran, akan menyebabkan tingkat
motivasi siswa untuk mau menggunakan semua media pembelajaran yang ada di
sekolah sehingga dengan demikian penggunaan serta pemanfaatan teknologi
informasi internet dan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah akan
dengan sendirinya meningkatkan prestasi belajar. Apabila pihak sekolah seimbang
dalam pemanfaatan teknologi informasi internet selama proses belajar mengajar
berlangsung dan penggunaan media pembelajaran yang lebih modern maka kemugkinan
besar akan mempercepat pertumbuhan semangat, minat, serta motivasi siswa untuk
giat belajar dan pada akhirnya akan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.
Dibalik manfaat yang sangat
banyak yang terdapat pada pemanfaatan
multimedia dalam pendidikan, namun terdapat pula Fakta-fakta yang menonjol
menyangkut penggunaan multimedia untuk pendidikan. Diantaranya sebagai berikut:
a.
Kemajuan
perkembangan teknologi dan informasi menuntut pendidikan tidak terbatas pada
pemanfaatan sarana pendidikan (guru, buku pelajaran, dan lainnya), tetapi juga
menggunakan media komunikasi berupa radio, televisi, VCD, OHP, komputer,
internet, dan sebagainya. Pada kenyataannya pendidikan di Indonesia masih
cenderung belum memanfaatkan sarana tersebut di atas secara optimal, karena
antara lain persediaan dana belum mencukupi.
b.
Pendidik dituntut
untuk mampu menguasai dan memanfaatkan berbagai multimedia. Sementara itu,
tenaga pendidik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang multimedia
masih sangat terbatas, khususnya untuk wilayah perbatasan dan terpencil.
c.
Pemanfaatan multimedia dalam proses pendidikan berpotensi dapat menjangkau seluruh lapisan
masyarakat di berbagai tempat dengan
mutu yang sama.
d.
Kepadatan kurikulum
sering dijadikan alasan untuk tidak beranjak dari cara mengajar yang lama. Daya
serap siswa terhadap kurikulum membuat guru tidak percaya kepada potensi
multimedia. Akibatnya multimedia tidak dianggap sebagai bantuan tetapi sebagai
beban.
e.
Adanya ketakutan
pada teknologi (technophobia). Ketakutan ini menyebabkan siswa atau bahkan guru
tidak mau/berani menggunakan sumber belajar yang baru. Ketakutan ini bersumber
dari belum dikuasainya cara pemanfaatan teknologi tersebut.
f.
Sikap pimpinan
banyak menentukan pemanfaatan multimedia di lembaga pendidikan. Sikap yang
positif akan menunjang berkembangnya multimedia di lembaga tersebut.
0 komentar:
Post a Comment