Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom
action riset) yang ditandai dengan adanya siklus, adapun dalam penelitian
ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
1. Siklus 1
a.
Perencanaan (Planning) terdiri atas kegiatan :
1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ( RPP )
2) Persiapan Skenario Pembelajaran
b. Pelaksanaan (Acting) terdiri atas kegiatan :
1) Pelaksanaan Program Pembelajaran sesuai
jadwal.
2) Proses pembelajaran dengan menerapkan
pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional.
3) Menjelaskan strategi dalam pembelajaran
menggunakan metode konvensional pada materi Bilangan Pecahan Berpangkat.
4)
Mengadakan proses pembelajaran.
5)
Mengadakan tes tertulis
6)
Penilaian hasil tes tertulis
c.
Pengamatan (Observing) yaitu mengamati proses
pembelajaran dan menilai hasil tes sehingga diketahui hasilnya. Atas dasar
hasil tes tersebut digunakan untuk merencanakan tindak lanjut pada siklus
berikutnya.
d.
Refleksi (Reflecting) yaitu menyimpulkan pelaksanaan hasil tindakan pada
siklus I.
2.
Siklus II
a.
Perencanaan (Planning) terdiri atas kegiatan :
1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran ( RPP )
2)
Penyiapan skenario pembelajaran
b. Pelaksanaan (Acting) terdiri atas kegiatan :
1) Pelaksanaan program pembelajaran sesuai
dengan jadwal
2) Pembelajaran menggunakan metode STAD
dengan diskusi pada materi Bilangan Pecahan Berpangkat.
3) Menerapkan proses pembelajaran dengan
menggunakan metode STAD
4)
Mengadakan observasi tentang
proses pembelajaran
5)
Mengadakan tes tertulis
6)
Penilaian hasil tes tertulis
c.
Pengamatan (Observing) yaitu mengamati proses
pembelajaran dan menilai hasil tes sehingga diketahui hasilnya.
d.
Refleksi (Reflecting) yaitu menyimpulkan pelaksanaan hasil tindakan pada
siklus II
0 komentar:
Post a Comment