BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika sebagai disiplin
ilmu turut andil dalam pengembangan dunia teknologi yang kini telah mencapai
puncak kecanggihan dalam mengisi berbagai dimensi kebutuhan hidup manusia. Era
global yang ditandai dengan kemajuan teknologi informatika, industri otomotif,
perbankan, dan dunia bisnis lainnya, menjadi bukti nyata adanya peran
matematika dalam revolusi teknologi.
Melihat
betapa besar peran matematika dalam kehidupan manusia, bahkan masa depan suatu
bangsa, maka sebagai guru di Sekolah
yang mengajarkan dasar-dasar matematika merasa terpanggil untuk
senantiasa berusaha meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar matematika. Apalagi
kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar matematika selalu berada di
tingkat bawah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya.
|
Menyikapi kondisi tersebut penulis
sebagai guru pelajaran matematika yang harus menyiapkan peserta didik menuju
ujian akhir sekolah dan mampu bersaing didunia pendidikan, selalu berusaha
memperbaiki pembelajaran dengan mengkondisikan pembelajaran yang memudahkan,
mengasyikkan, dan menyenangkan bagi siswa. Usaha tersebut akan diwujudkan dalam
suatu penelitian tindakan kelas yang akan menerapkan pembelajaran STAD.
Model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Devision)
adalah salah satu pembelajaran kooperatif yang dikembangkan berdasarkan teori
belajar Kognitif-Konstruktivis yang diyakini oleh pencetusnya Vygotsky memiliki
keunggulan yaitu fungsi mental yang lebih tinggi akan muncul dalam percakapan
atau kerjasama antar individu. STAD juga memiliki keunggulan bahwa siswa yang
dikelompokkan secara heterogen berdasarkan kemampuan siswa terhadap matematika
akan terjadi interaksi yang positif dalam menyelesaikan masalah, seperti tutor
sebaya dan lain-lain. Jika sebelumnya tidak ada interaksi antar individu, maka dalam
STAD siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan masalah sampai semua anggota
kelompok dapat menyelesaikan masalah. Kelompok dikatakan tidak selesai jika ada
anggotanya belum selesai.
0 komentar:
Post a Comment