BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Peningkatan mutu pendidikan adalah
tanggung jawab yang harus dimiliki oleh guru. Mengapa guru mempunyai peranan
penting di dalam dunia pendidikan. Jawabanya adalah karena guru adalah
fasilitator yang mempunyai kemampuan memfasilitasi siswa untuk belajar serta mendidik
siswa dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya oleh karena itu guru memegang
peranan yang penting terhadap berhasil tidaknya pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas
jelaslah bahwa guru harus mempunyai kemampuan untuk memfasilitasi siswa agar
dapat bisa belajar dengan baik. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhanain itu
dalam pembelajaran biologi guru juga harus mampu melakukan kegiatan-kegiatan
pembelajaran yang melakukan eksperimen. Guru biologi perlu menyadari benar biologi
adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), jadi harus diperlakukan dan disajikan
kepada siswa sebagai IPA atau sains yang lahir dan berkembang melalui observasi
dan eksperimen. Karena itu dalam mengajarkan biologi, guru harus membuat siswa
melakukan kegiatan pengamatan eksperimen.
Pembelajaran dengan
menggunakan eksperimen adalah tuntutan pembelajaran sains dalam rangka
meningkatkan mutu pendidikan. Untuk dapat bereksperimen dalam pembelajaran guru
menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa
akan lebih termotivasi serta lebih mudah memahami uraian yang akan dipelajari sehingga
gagasan atau ide yang disampaikan dapat diterima oleh siswa dengan baik.
Salah satu media pembelajaran yaitu
lembar kerja siswa (LKS). LKS yang dimaksud dalam tulisan ini adalah buku yang
berisi materi atau konsep tugas dan soal-soal latihan dalam pola saji yang
terpadu, yang disusun oleh peneliti dengan mengadopsi Harmamatul (2009:12). Berdasarkan
pendapat Suyatno (2002:24) "Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan media
pembelajaran yang dapat membantu guru di dalam proses belajar mengajar". Adapun
fungsi LKS yaitu dapat membangkitkan motivasi serta merangsang pembelajaran sehingga
pembelajaran lebih bermakna. Ini sejalan dengan hasil studi Rina (2001:19) yang
menyatakan bahwa "Penggunaan LKS di dalam memberikan materi pelajaran dapat
membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan
keinginannya struktur dan fungsi jaringan tumbuhanain itu dapat motivasi siswa
untuk belajar mandiri".
Berdasarkan uraian di atas dapat
dikatakan LKS sebagai salah satu media pembelajaran yang dibutuhkan guru dalam meningkatakan
hasil belajar siswa karena di dalam LKS terdapat ringkasan materi dan perencanaan-perencanaan
di dalam melakukan kegiatan praktikum maka tepat apabila guru menggunakan
lembar kerja siswa dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Namun apakah
benar penggunaan LKS benar-benar dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga
dapat meningkatkan hasil belajar masih perlu adanya penelitian.
Penelitian ini khusus dilakukan
pada materi struktur tumbuhan. Struktur tumbuhan merupakan materi pelajaran biologi
kelas VIII semester II terdiri dari struktur dan fungsi akar, struktur dan
fungsi batang, struktur dan fungsi daun, struktur dan fungsi bunga, dan peran
pembuluh xilem dan floem. Materi struktur tumbuhan banyak terdapat
gambar-gambar dan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada kegiatan eksperimen.
Materi ini baik diajarkan
dengan menggunakan lembar kerja siswa karena didalam LKS sudah terdapat
perencanaan kegiatan siswa dan dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga anak
dapat melakukan kegiatan sendiri, guru hanya mengarahkan dan mengawasi kinerja
siswa. Lembar kerja siswa (LKS) pada materi struktur tumbuhan terdiri dari tugas
kompetensi yang berisi tentang kegiatan-kegiatan eksperimen yang motivasi siswa
dalam belajar serta uji kompetensi yang berisi soal-soal pilihan berganda dan
soal uraian yang sebelumnya telah diuraikan pada materi halaman sebelumnya,
sehingga siswa diharapkan mampu untuk memahami soal dan dapat menjawab soal-soal
dengan benar.
Pemberian kesempatan untuk
berlatih mengerjakan soal-soal latihan dalam jumlah yang cukup dapat melatih
para siswa berfikir kritis dan mampu membantu meningkatkan prestasi belajar
siswa. Pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa merupakan suatu
langkah efektif dalam pendidikan terutama ditingkat SMP. Pemberian lembar kerja
siswa berarti membiasakan para siswa berhadapan dengan sejumlah materi, tugas,
pertanyaan-pertanyaan serta soal-soal yang harus diselesaikan dengan kemampuan
sendiri.
0 komentar:
Post a Comment