Tuesday, 30 July 2013

Media Pengajaran Geografi



pengajaran Geografi hakikatnya adalah pengajaran tentang gejala-gejala Geografi yang tersebar dipermukaan bumi. Untuk memberikan citra tentang penyebaran dan lokasi gejala-gejalatadi kepada anak didik, tidak dapat hanya diceramahkan, ditanya jawabkan didiskusikan melainkan harus ditunjukkan melainkan harus ditunjukkan dan diperagakan.
Mengingat daya jangkau dan pandangan terbatas, penunjukkan serta peragaan itu dilakukan dilakukan dengan pengajaran Geografi. Adapun media pengajaran Geografi tersebut antara lain:
1)      Peta, peta merupakan konsep dan hakekat dasar pada geografi dan pengajaran geografi. Oleh karena itu, mengajarkan dan mempelajari geografi tanpa peta, tidak akan membentuk citra dan konsep yang baik pada diri anak didik yang dapat meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotorik mereka haruslah memanfaatkan peta. Prosesnya mulai pengenalan, pembacaan, pemilihan dan pembuatan, melalui proses ini mereka dibimbing untuk mengerti, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi penyebaran lokasi gejala dan relasi keruangannya satu sama lain.
2)      Atlas, atlas adalah kumpulan bermacam-macam peta yang membentuk symbol-simbol, tulisan dan bahasa dengan penafsiran yang sama, pada atlas ini disajikan berbagai peta berdasarkan kenegaraan, gejala alam, penyebaran, sumber daya, penyebaran aspek kebudayaan dan lain sebagainya. Penggunaan dan pemanfaatan atlas pada pengajaran Geografi oleh anak didik perlu mendapatkan bimbingan.
3)      Globe, globe merupakan bentuk dan model yang sangat mini dari bola bumi. Globe ini selain fungsinya sama dengan peta dan atlas lebih jauh lagi dapat membina dan mengembangkan citra tentang konsep tentang waktu, iklim, musim dan gejala alam lainnya baik yang berkenaan dengan atmosfer, hidrosfer maupun litosfer dengan demikian penggunaandan pemanfaatan sebagai media pengajaran Geografi dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak didik tentang relasi keruangan gejala – gejala Geografi dipermukaan bumi
4)      Gambar dan Potret, yang berkenaan dengan gejala – gejala geografi selain diandalkan dindalkan oleh sekolah dan guru, dapat pula pengadaannya ditugaskan kepada anak-anak. Dengan demikian adapun fungsi gambar dan potret dalam pengajaran Geografi yaitu agar peningkatan citra dankonsep kepada anak didik dapat terpenuhi.
5)      Slide, film dan VTR merupakan media pengajaran modern yang dapatmembantu membina citra dan konsep Geografi lebih meningkat pada diri anak didik. Sampai saat ini terutama bagi sekolah-sekolah daerah-daerah terpencil media ini masih merupakan barang mewah.
6)      Diagram dan grafik yang dapat dideskripsikan data kualitatif gejala-gejala geografi, dapat membantu meningkatkan citra dan konsep geografi yang bersifat metematis –kuantitatif kepada anak didik.
7)      Media cetak yang berupa surat kabar, majalah dan terutama buku. Media menjadi suber informsi yang memperkaya citra dan konsep geografi kepada anak didik. Pemanfaatannya tentu saja menuntut prasyarat tentang kemampuan berbahasa. Oleh karena itu, secar bertahap prasyarat ini dipenuhi melalui tugas membaca dari guru Geografi.
Hal demikian guru geografi menyelenggarakan PBM secara komprehensif integral dengan menerapkan berbagai model dan menggunakan berbagai media yang serasi dengan pokok bahasan dan mencapai tujuan intruksional
d.      Media Gambar
Medium (jamak, media) adalah sebuah saluran komunikasi. Kata media tersebut diabil dari bahasa latin yang berarti anatara. Istilah ini mengacu pada sesuatu yang membawa informasi antara sebuah sumber penerima (Heinich, 1996). Secara khusus media gambar adalah penyajian visual dua dimensi yang memanfaatkan rancangan gambar sebagai sarana pertimbangan mengenai kehidupan sehari-hari, misalnya yang menyangkut manusia, peristiwa.
media gambar adalah media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar.
Secara khusus media gambar berfungsi untuk memberikan variasi dan fakta yang kemungkinan akan dilupakan atau diabaikan. Media gambar merupakan media sederhana, mudah dalam pembuatannya dan murah harganya. Media gambar atau media grafis terdiri atas gambar, bagan, diagram, grafik, poster, karu da komik. yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media gambar dalam pembelajaran adalah : gambar yang bagus, menarik jelas dan mudah dimengerti :
1)      Apa yang digambar harus cukup penting dan cocok hal yang dipelajari
2)      Gambar harus benar dalam arti  harus dapat menggambarkan situasi yang serupa jika dilihat pada keadaan yang sebenarnya.
3)      Gambar memiliki kesederhanaan dalam arti tidak rumit sehingga sulit untuk dipahami
4)      Gambar harus sesuai dengan kecerdasan orang yang melihatnya
5)      Ukuran gambar harus sesuai dengan kebutuhan.
Jadi dalam pengajaran dengan menggunakan media gambar harus  memiliki prinsip penggunaan media gambar :
1)       Gambar harus relistis dan digunakan dengan hati-hati karena gambar yang amat rici dengan realisme yang sulit diproses dan dipelajari seringkali mengganggu perhatian
2)       Gambar harus berfungsi untuk melukiskan perbedaan konsep-konsep
3)       Warna harus digunakan untuk mengarahkan perhatian dan membedakan komponen-komponen. Media gambar sebagai salah satu media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kelemahan sebagai berikut :
a)      Kelebihan
-          Sifatnya konkret. Artinya lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibandingkan dengan media verbal semata
-          Gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa dalam kelas.
-          Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita
-          Media gambar dapat menjelaskan suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja, sehingga dapat mencegah dan membetulkan kesalah pahaman.
-          Media gambar murah harganya dan gampang didapat serta digunakan tanpa perlu peralatan khusus.

b)      Kelemahan
-          Gambar hanya menekankan persepsi indra mata
-          Gambar benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan mengajar belajar.
-          Ukurannya sangat terbatas, tidak memadai untuk kelompok besar.
e.       Peranan Media Dalam Pengajaran Geografi
Dalam pembelajaran geografi menggunakan media pendidikan sering dilakukan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dikenal juga sebagai bentuk pembelajaran tradisional dan yang paling umum adalah metode ceramah. Penggunaan metode ini dalam pembelajaran geografi akan bersifat verbal karena guru menyampaikan informasi dalam bentuk lisan atau biasa disertai penulisan di papan tulis \.

0 komentar:

Post a Comment