Friday, 5 April 2013

Media Pendidikan



a.      Pengertian Media Pendidikan
Menurut Arsyad (1997) kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah, media berarti perantara atau pengantar dari pengirim ke penerima. Ada beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tentang media pendidikan diantaranya adalah:
1)       Media adalah bentuk yang dipakai orang menyebarkan idesehingga ide itu atau gagasan itu sampai pada penerima.
2)       Media adalah Chaenel atau saluran karena pada hakekatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruangdan waktu tertentu. Dengan bantuan media, batas-batas itu hampir menjadi tidak ada
3)       Media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi (Association of Education and Communication Technology)
4)       Media adalah segala benda yang manipulasi, dilihat, didengar dan dibaca atau dibicarakan, beserta intrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut.
5)       Media segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan merangsang yang sesuai untuk belajar seperti media cetak dan elektronik
6)       Pengertian media ada 2 bagian, yaitu dengan arti sempit dan arti luas.
a)      Arti sempit, bahwa media itu berwujud: grafik, foto, alat mekanik dan alat elektronika yang digunakan untuk menangkap, memproses serta menyampaikan informasi
b)      Menurut arti luas yaitu kegiatan yang dapat diciptakan statu kondisi sehingga memungkinkan peserta didik untuk dapat memperoleh pengetahuan dan sikap baru
Selanjutnya Arsyad (1997), menambahkan beberapa pendapat paraahli tentang media, yaitu:
1)      Heldik, dkk. Mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi –informasi antar sumber dan penerima
2)      Giagne dan Briggs, media adalah komponen atau sumber belajar atau wahana kompunfisik yang mengandung materi intruksional dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
3)      Hamidjojo dalam Latuheru, memberi batas media sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebarkan ide, gagasan atau pendapat sehingga ide atau gagasan  pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada penerima yang dituju
4)      Hamalik, media adalah alat bantu yang digunakan untuk memperlancar komunikasi secara maksimal
5)      Menurut Denim, media pendidikan adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik
Dari beberapa pendapat yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa media pendidikan adalah alat atau perantara yang dikemukakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar mudah dipahami dan ditangkap maknanya oleh siswa sehingga dapat meningkatkan baik motivasi maupun hasil belajar siswa pada khususnya. Satu konsep lain yang sangat berkaitan dengan media pembelajaran adalah istilah konsep belajar. Sumber belajar memiliki cakupan yang luas dari pada media belajar.
Sumber belajar dapat berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik dan latar atau lingkungan. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang diluar peserta didik yang memungkinkan terjadinya sumber belajar. Edgan Dale berpendapat bahwa sumber beajar adalah pengalaman-pengalaman yang dialami oleh setiap orang yang dapat menimbulkan peristiwa belajar. Assosiation for Education Commucation and Technology (AECT) membatasi sumber belajar dengan bentuk saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi pesan atau informasi sedangkan National Education Association (NEA). Menyatakan bahwa sumber belajar adalah bentuk-bentuk komunikasi baik cetak maupun visual serta segala perantara (Sudjarwo, 1998).
b.      Jenis Media pendidikan
Dalam melaksanakan pembelajaran telah dikenal sebagai alat peraga. Penggunaan berbagai jenis peraga ditentukan oleh tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan adanya perbedaan yang disebabkan oleh tersedianya bahan untuk mengadakan alat peraga di beberapa sekolah (Lawalata, 1980).
Menurut Raharjo (1994), karakteristik alat peraga yang sering digunakan di Indonesia adalah:
1)      Papan tulis, papan planel, dan papan bulletin.
Papan tulis, papan planet dan papan bulletin merupakan peralatantradisional yang sangat diperlukan adanya ditiap kelas. Cocok untuk semua atau jenjang sekolah.
2)      Media gambar 
Media grafis tergolong media visual (media pandang) menyalurkan pesan dari sumber kepada penerima mengandalkan indera penglihatan. Pesan dituangkan dalam bentuk simbol-simbol komunikasi visual, contohnya gambar, sketsa, diagram, bagan (charta) grafik, kartun, poster dan peta.

3)      Media Audio
Media audio terkait dengan pendengaran. Pesan yang dituangkan dalam bentuk audiotif. Media ini memiliki perangkat lunak antaralain radio dan recorder.
4)      Media Proyeksi
Media proyeksi merupakan proyektor sebagai perangkat lunak. Yang termasuk dalam alat peraga proyeksi adalah slide, trasparansi dan film.
5)      Media tiga dimensi
Media tiga dimensi adalah benda yang menggambarkan benda yang sesungguhnya dalam bentuk tertentu atau tiga dimensi. Yang termasuk dalam media ini adalah model/forgo, sardimen, faksidermi, market/miniatur dan bahan lain dari alam
Nurbaeti Syutin (2004), mengelompokkan media pendidikan dalam 3 kelompok yaitu :
1)      Alat yang merupakan benda yang sebenarnya yang memberikan pengalaman langsung dan nyata
2)      Alat yang merupakan bahan pengganti yang seringkali dalam bentuk tiruan dari benda-benda yang sebenarnya. Ini merupakan pengalaman buatan secara tidak langsung
3)      Bahasa baik lisan maupun tulisanmemberikan pengalaman melalui bahasa.

0 komentar:

Post a Comment