a. Pengertian Media Pendidikan
Menurut Arsyad (1997) kata
media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah, media
berarti perantara atau pengantar dari pengirim ke penerima. Ada
beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tentang media
pendidikan diantaranya adalah:
1)
Media adalah bentuk yang dipakai orang menyebarkan idesehingga
ide itu atau gagasan itu sampai pada penerima.
2) Media adalah Chaenel atau saluran karena pada hakekatnya media telah
memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar
dan melihat dalam batas-batas jarak, ruangdan waktu tertentu. Dengan bantuan media, batas-batas itu
hampir menjadi tidak ada
3) Media adalah segala bentuk yang
dipergunakan untuk proses penyaluran informasi (Association of Education
and Communication Technology)
4) Media adalah segala benda yang manipulasi,
dilihat, didengar dan dibaca atau dibicarakan, beserta intrumen yang
digunakan untuk kegiatan tersebut.
5) Media segala alat fisik yang dapat
menyajikan pesan merangsang yang sesuai untuk belajar seperti media cetak dan
elektronik
6) Pengertian media ada 2 bagian, yaitu
dengan arti sempit dan arti luas.
a) Arti sempit, bahwa media itu berwujud:
grafik, foto, alat mekanik dan alat elektronika yang digunakan untuk
menangkap, memproses serta menyampaikan informasi
b) Menurut arti luas yaitu kegiatan yang
dapat diciptakan statu kondisi sehingga memungkinkan peserta didik
untuk dapat memperoleh pengetahuan dan sikap baru
Selanjutnya
Arsyad (1997), menambahkan beberapa pendapat paraahli tentang media, yaitu:
1) Heldik, dkk. Mengemukakan istilah medium
sebagai perantara yang mengantar informasi –informasi antar sumber dan penerima
2) Giagne dan Briggs, media adalah komponen
atau sumber belajar atau wahana kompunfisik yang mengandung materi intruksional
dilingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
3) Hamidjojo dalam Latuheru, memberi batas media
sebagai bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau
menyebarkan ide, gagasan atau pendapat sehingga ide atau gagasan pendapat yang dikemukakan itu sampai kepada
penerima yang dituju
4) Hamalik, media adalah alat bantu yang
digunakan untuk memperlancar komunikasi secara maksimal
5) Menurut Denim, media pendidikan adalah
seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik
dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik
Dari beberapa pendapat yang telah dikemukakan di atas, dapat
disimpulkan bahwa media pendidikan adalah alat atau perantara yang dikemukakan
oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa agar mudah dipahami
dan ditangkap maknanya oleh siswa sehingga dapat meningkatkan baik motivasi
maupun hasil belajar siswa pada khususnya. Satu konsep lain yang sangat
berkaitan dengan media pembelajaran adalah istilah konsep belajar. Sumber
belajar memiliki cakupan yang luas dari pada media belajar.
Sumber
belajar dapat berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik dan latar atau
lingkungan. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang diluar peserta didik yang
memungkinkan terjadinya sumber belajar. Edgan Dale berpendapat bahwa sumber
beajar adalah pengalaman-pengalaman yang dialami oleh setiap orang yang dapat
menimbulkan peristiwa belajar. Assosiation for Education Commucation and
Technology (AECT) membatasi sumber belajar dengan bentuk saluran yang digunakan
untuk menyampaikan pesan atau informasi pesan atau informasi sedangkan National
Education Association (NEA). Menyatakan bahwa sumber belajar adalah
bentuk-bentuk komunikasi baik cetak maupun visual serta segala perantara
(Sudjarwo, 1998).
b.
Jenis Media pendidikan
Dalam
melaksanakan pembelajaran telah dikenal sebagai alat peraga. Penggunaan
berbagai jenis peraga ditentukan oleh tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan
adanya perbedaan yang disebabkan oleh tersedianya bahan untuk mengadakan alat
peraga di beberapa sekolah (Lawalata, 1980).
Menurut Raharjo (1994), karakteristik alat peraga yang sering
digunakan di Indonesia adalah:
1) Papan tulis, papan planel,
dan papan bulletin.
Papan
tulis, papan planet dan papan bulletin merupakan
peralatantradisional yang sangat diperlukan adanya ditiap kelas. Cocok untuk
semua atau jenjang sekolah.
2) Media gambar
Media
grafis tergolong media visual (media pandang) menyalurkan pesan dari sumber
kepada penerima mengandalkan indera penglihatan. Pesan dituangkan dalam bentuk
simbol-simbol komunikasi visual, contohnya gambar, sketsa, diagram, bagan
(charta) grafik, kartun, poster dan peta.
3) Media Audio
Media audio
terkait dengan pendengaran. Pesan yang dituangkan dalam bentuk audiotif. Media
ini memiliki perangkat lunak antaralain radio dan recorder.
4) Media Proyeksi
Media
proyeksi merupakan proyektor sebagai perangkat lunak. Yang termasuk dalam alat
peraga proyeksi adalah slide, trasparansi dan film.
5) Media tiga dimensi
Media tiga
dimensi adalah benda yang menggambarkan benda yang sesungguhnya dalam bentuk
tertentu atau tiga dimensi. Yang termasuk dalam media ini adalah model/forgo,
sardimen, faksidermi, market/miniatur dan bahan lain dari alam
Nurbaeti
Syutin (2004), mengelompokkan media pendidikan dalam 3 kelompok yaitu :
1) Alat yang merupakan benda yang
sebenarnya yang memberikan pengalaman langsung dan nyata
2) Alat yang merupakan bahan pengganti yang
seringkali dalam bentuk tiruan dari benda-benda yang sebenarnya. Ini
merupakan pengalaman buatan secara tidak langsung
3) Bahasa baik lisan maupun tulisanmemberikan
pengalaman melalui bahasa.
0 komentar:
Post a Comment