Sunday, 24 March 2013

Penelitian tindakan kelas



Rochiati (2008:112) menjelas bahwa penelitian Tindakan Kelas adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari kegiatan praktek sosial, pemahaman suatu kegiatan, dan situasi suatu kegiatan.

1.    Siklus I
a.    Perencanaan (planing), terdiri atas kegiatan :
1)   Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2)   Menyiapkan bahan ajar.
3)   Membuat soal tes akhir pembelajaran
b.    Pelaksanaan (acting), terdiri atas atas kegiatan :
1)   Pelaksanaan program pembelajaran sesuai dengan jadwal.
2)   Proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok pada materi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangan nya.
3)   Siswa menyelesaikan tugas-tugas dengan cara diskusi kelompok dengan pengawasan guru.
4)   Mengadakan observasi tentang proses pembelajaran,
5)   Mengadakan tes tertulis.
6)   Penilaian hasil tes tertulis.
7)   Pengamatan (observing), yaitu mengamati proses pembelajaran dan menilai hasil tes sehingga diketahui hasilnya. Atas dasar hasil tersebut digunakan untuk merencanakan tindak lanjut pada siklus berikutnya.
8)   Refleksi (reflecting), yaitu menyimpulkan pelaksanaan hasil pelaksanaan pada siklus I.
2.    Siklus II
a.    Perencanaaan (planning), terdiri dari atas kegiatan :
1)   Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2)   Menyiapkan bahan ajar yang telah diperbaiki berdasarkan siklus I.
3)   Menyiapkan soal tes
b.    Pelaksanaan (acting), terdiri atas atas kegiatan :
1)   Pelaksanaan program pembelajaran sesuai dengan jadwal,
2)   Membagi siswa dalam kelompok belajar,
3)   Proses pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi pada materi permasalahn kependudukan dan upaya penanggulangan nya.
4)   Siswa menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan cara diskusi kelompok.
5)   Mengadakan observasi tentang proses pembelajaran.
6)   Mengadakan tes tertulis
7)   Penilaian hasil tes tertulis
c.    Pengamatan (observing), yaitu mengamati proses pembelajaran dan menilai hasil tes sehingga diketahui hasilnya.
d.   Refleksi (reflecting), yaitu menyimpulkan pelaksanaan hasil pelaksanaan pada siklus II.

0 komentar:

Post a Comment