A. Setting penelitian
1. WaktuPenelitian
Penelitianinidilaksanakanpadaawal September s/d november Tahun ajaran 2012-2013 yaitu pada semester I. Penentuan waktu disesuaikan dengan hari efektif dikelas IX.5 karena
penelitian ini diadakandalambeberapasiklus. Adapunwaktupenelitiansebagaiberikut:
JadwalPembagianWaktuPenelitian
NO
|
KEGIATAN
|
BULAN
|
|||||||||||
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
|||||||||||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyusunan
Instrument
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan
TindakanSiklus I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
EvaluasiTindakanSiklus I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelaksanaan
TindakanSiklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
EvaluasiTindakanSiklus II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Menyusun
Draft Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Tempatpenelitian
Penelitiantindakankelasinidilaksanakan
di SMP NEGERI 9, Kota .... Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya pada materi Negara
majudan Negara berkembang..
B.
SubjekPenelitian
Berdasarkanjudulpenelitianyaitu “MeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas IX .5padaMateri Negara Maju Dan
Negara BerkembangTahunAjaran 2012-2013”, maka subjek penelitian adalah siswa kelas IX.5 SMP
NEGERI Tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang yang terdiri 18 siswalaki-lakidan 14
siswaperempuan.
C.
Sumber Data
Sumber data dalampenelitianiniadalahsiswakelas
IX.5sebagaisubjekpenelitian.Data yang dikumpulkandarisiswameliputi data
testertulis, tes tertulis dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran. Selain siswa sebagai sumber data penelitijuga di bantu teman sejawat sesama guru
bidang study.
D. TeknikdanAlatPengumpulan Data
1. TeknikPengumpulan Data
Dalampenelitianinipengumpulan data
menggunakantekniktesdan non tes. Testertulis digunakanpadaakhirsiklus
I dansiklus II yang terdiridarimateri Negara majudan Negara berkembang,
Sedangkanteknik non tes meliputi teknik observasi dan dokumentasi. Observasidigunakanpadasaatpelaksanaanpenelitiantindakankelaspadamateri
Negara majudan Negara berkembang.Padasiklus I dansiklus II
dokumentasidigunakanuntukmengumpulkan data khususnyanilaimatapelajaran IPS.
2. AlatPengumpulan Data
Alatpengumpulan data meliputi:
a.
Test tertulis,
terdiridaributirsoal
b.
Non
Tesmeliputilembarobservasidandokumen
E. Validasi Data
1.ValidasiHasilBelajar
Validasihasilbelajardikenakan
pada instrumenpenelitian yang berupates. Validasi ini meliputi validasiteoretis dan
validasiempiris. Validasi teoretis artinya mengadakan analis isi instrumen yang terdiri atas facevalidity (tampilantes), contentvalidity
(validitas isi) dan constructvalidity
(validitas kostruksi).
Validitas
empirisartinyaanalisisterhadapbutir-butirtes, yang dimulaidaripembuatankisi-kisisoal,
penulisanbutir-butissoal, kuncijawaban dan kriteriapemberianskor.
2.
Validasi proses pembelajaran
Validasi proses pembelajaran
dilakukan dengan teknik triangulasi yang meliputi yaitu triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan observasi terhadap
subyek penelitian yaitu siswa kelas IX.5 SMP NEGERI dan kolaborasi dengan guru
teman sejawat.
Triangulasi metode dilakukan dengan penggunaan
metode dokumentasi selain metode observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk
memperoleh data pendukung yang diperlukan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
F. Analisis Data
Analisis data yang
digunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptif yang meliputi :
a.
AnalisisDeskriptifKomparatif,
hasilbelajardengancaramembandingkanhasilbelajarpadasiklus I dengansiklus II dan membandingkan hasilbelajardenganindikatorpadasiklus
I dansiklus II.
b.
AnalisisDeskriptifKualitatif,
hasil observasi dengan cara membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.
Menurut data yang
sudahterkumpuldianalisisdenganmempedomanilangkah-langkahanalisis data
penelitiankualitatif, analisisberlangsungdengantigajalurkegiatan yang
terjadisecarabersamaanyaitu:
1.
Reduksi data, yaitumeliputi
proses penyeleksian, pemilihan, penyederhanaandanpengkatagorian data,
menganalisisdanpenarikankesimpulan.
2.
Pengujian data,
yaitudenganmendeskripsikanapa yang terjadi
3.
Penarikankesimpulan yang
dilakukansejaktahappengumpulan data dengancaramencatatpadabukupenelitian.
Analisis data dilakukandalamhalsebagaiberikut:
1.
Aktivitassiswaselamapembelajaran.
MenurutArikunto (1996:65) analisis data dilakukanmencari rata-rata :
Persentasesiswaaktif =
Jumlahsiswaaktif x 100%
Jumlahsiswakeseluruhan
2.
Hasilobservasidanpenyelesaiansoal,
denganrumussebagaiberikut :
Ketuntasanperorangan = Jumlahskor
yang diperoleh x 100%
Jumlahskormaksimal
Ketuntasanklasikal =
Jumlahsiswatuntas x 100%
Jumlahsiswakeseluruhan
3.
Analisisnilaipersiswasetiapakhirsiklus,
menurutArikunto (1996:250) perludilakukananalisissecaraperorangan,
yaitumembandingkandengannilaisebelumnyaapakahnilainyanaikataumenurunatautetap.
Meskipunsiswabelummencapaiskor 70 ataunilai7,0,
tetapisudahadapeningkatannilaimakapemberiantindakansudahmenunjukkanhasil yang
positif. Berdasarkanpendapatinimakastandar yang penelitipakaiadalah 7,0.
Berdasarkananalisisdiatasdapatditarikkesimpulan,
apabilasiswatelahdapatmenjelaskan proses penyebaran agama islam-budha di
nusantaramakadapatdikatakanpenelitiantelahberhasil,
danpenelitiandinyatakanselesai.
Tetapijikaditemukanbelumadanyaperbaikanmakadilakukandiskusidengantemansejawatdanrefleksi,
untukmenemukankelemahandankekurangan, selanjutnyadilakukanperbaikan yang
berlangsungdalamtambahansiklus.
G.
IndikatorKinerja
Dalampenelitianini yang akandilihatindikatorkinerjanya.
Selainsiswaadalah guru, karena guru merupakanfasilitator yang
sangatberpengaruhterhadapkinerjasiswa.
1.
Siswa
a.
Rata – rata hasil test
ulanganharian 6,65 indikatorkinerjamenjadi 7,00
b.
Penilaianhasilobservasitentangkeaktifansiswadalam
proses pembelajaran IPS
2.
Guru
a.
Dokumentasikehadiran
H.
ProsedurPenelitian
Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(
Classroom action riset) yang ditandaidenganadanyasiklus,
adapundalampenelitianiniterdiridari 2 siklus. Setiapsiklusterdiriatas
:perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing)
danrefleksi (reflecting ).
Sebagaimanatergambarpadabaganberikutini :
|
|
|
1.
Siklus 1
a.
Perencanaan ( Planning)
terdiriataskegiatan :
·
PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran
( RPP )
·
PersiapanSkenarioPembelajaran
b.
Pelaksanaan ( Acting)
terdiriataskegiatan :
·
Pelaksanaan Program
Pembelajaransesuaijadwal.
·
Proses
pembelajarandenganmenerapkanpembelajarankooperatif
learningpadamateri Negara majudan Negara berkembang.
Secaraklasikalmenjelaskanstrategidalampembelajarankooperatif learning yang
dilengkapidenganLembarKerjaSiswa (LKS).
·
Mengadakanobservasitentang
proses pembelajaran
·
Mengadakantestertulis
·
Penilaianhasiltestertulis
c.
Pengamatan ( Observing)
Yaitumengamati proses
pembelajarandanmenilaihasiltessehinggadiketahuihasilnya.
Atasdasarhasiltestersebutdigunakanuntukmerencanakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.
d. Refleksi( Reflecting)
yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I.
2.
Siklus II
a.
Perencanaan ( Planning)
terdiriataskegiatan :
·
PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran
( RPP )
·
Penyiapanskenariopembelajaran
b.
Pelaksanaan (Acting)
terdiriataskegiatan :
·
Pelaksanaan program
pembelajaransesuaidenganjadwal
·
Pembelajarankooperatif learning
padamateri Negara majudan Negara berkembang.
·
Menerapkanpembelajarankooperatif
learning
·
Mengadakanobservasitentang
proses pembelajaran
·
Mengadakantestertulis
·
Penilaianhasiltestertulis
c.
Pengamatan( Observing)
yaitumengamati proses
pembelajarandanmenilaihasiltessertahasilprakteksehinggadiketahuihasilnya.
d.
Refleksi ( Reflecting)
yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I
·
Secaraklasikalmenjelaskanstrategidalampembelajarankooperatif learning yang
dilengkapidenganLembarKerjaSiswa (LKS).
·
Mengadakanobservasitentang
proses pembelajaran
·
Mengadakantestertulis
·
Penilaianhasiltestertulis
e.
Pengamatan ( Observing)
Yaitumengamati proses pembelajarandanmenilaihasiltessehinggadiketahuihasilnya.
Atasdasarhasiltestersebutdigunakanuntukmerencanakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.
f.
Refleksi( Reflecting)
yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I.
3.
Siklus II
a.
Perencanaan ( Planning)
terdiriataskegiatan :
·
PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran
( RPP )
·
Penyiapanskenariopembelajaran
b.
Pelaksanaan (Acting)
terdiriataskegiatan :
·
Pelaksanaan program
pembelajaransesuaidenganjadwal
·
Pembelajarankooperatif learning
padamateri Negara majudan Negara berkembang.
·
Menerapkanpembelajarankooperatif
learning
·
Mengadakanobservasitentang
proses pembelajaran
·
Mengadakantestertulis
·
Penilaianhasiltestertulis
c.
Pengamatan( Observing)
yaitumengamati proses
pembelajarandanmenilaihasiltessertahasilprakteksehinggadiketahuihasilnya.
d.
Refleksi( Reflecting) yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus
II.
0 komentar:
Post a Comment