BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena adanya
beberapa masalah yang dihadapi baik oleh guru maupun oleh siswa dalam
pembelajaran bahasa Inggris. Secara urnum dalam belajar bahasa Inggris siswa
harus menguasai empat keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan mendengar
(listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing),
Namun dalam penelitian ini hanya difokuskan pada masalah yang timbul dalam kegiatan
menulis, khususnya dalam membuat kalimat bahasa Inggris sederhana.
Data dari lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membuat
kalimat bahasa Inggris siswa sangat memprihatinkan atau masih rendah, yaitu
nilai rata-rata 4,10 setelah diadakan tes awal kemampuan siswa dalam membuat
kalimat bahasa Inggris (t-O).
Rendahnya kemampuan siswa dalam membuat kalimat bahasa
Inggris ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain: kurangnya latihan
yang diberikan guru, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
di kelas kurang bervariasi dan kurangnya tugas yang diberikan oleh guru. Oleh
sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
mambuat kalimat bahasa Inggris dangan menggunakan strategi Chain Card
Game atau Permainan Kartu Berantai.
Yang dimaksud
kemampuan membuat kalimat bahasa Inggris sederhana adalah kemampuan siswa dalam
menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk kalimat. Dalam membuat kalimat perlu
memperhatikan dua hal, yaitu subtansi dari hasil tulisan itu (ide yang
diekspresikan) dan aturan struktur bahasa yang benar (gramatical form and
syntactic pattern). Membuat kalimat termasuk ke dalam kegiatan untuk
keterampilan menulis, karena itu membuat kalimat juga berarti mengungkapkan ide
dan berkomunikasi dengan orang lain melalui simbol-simbol bahasa ().
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)
Apakah Pembelajaran Metode Card Short Game berpengaruh terhadap hasil belajar
Bahasa Inggris? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa
Inggris dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Chain Card Game ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Chain Card Game terhadap hasil belajar Bahasa Inggris . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Chain Card Game
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Kalimat-kalimat yang dibuat dapat berupa kalimat yang
paling sederhana yang hanya mengandung dua jabatan kata dalam kalimat, yaitu
subyek dan kata kerja (S + V); subyek, kata kerja dan obyek (S+V+O) atau
kalimat yang paling lengkap, yaitu: subyek, kata kerja, obyek, dan keterangan
(S+V+O+ Adv).
Permainan menurut Carrier (1982) mempunyai nilai yang
sangat tinggi bagi guru bahasa asing, sebab permainan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menggunakan keterampilan bahasa tertentu dengan situasi yang
tidak terlalu formal. Sedangkan menurut Hadfield (1984), permainan merupakan
aktivitas yang mempunyai tujuan dan elemen kesenangan.
Chain Card Game
adalah sebuah terjemahaan bebas dari Permainan Kartu Berantai. Para pemain
memainkan kartu ini layaknya seperti bermain kartu remi. Dalam permainan ini, pemain ditugaskan menyusun
kartu-kartu yang dimiliki agar menjadi sebuah kalimat atau memainkan kartunya
untuk meneruskan kalimat pemain lawan yang belum selesai, bisa di awal atau di
akhir susunan kartu.
Permainan ini dapat dimainkan oleh empat pemain atau
lebih, dengan jumlah kartu 60 lembar setiap setnya. Jumlah ini dapat saja
ditambah atau dikurangi. Di setiap kartu tertulis satu kosa kata dalam bahasa
Inggris, yaitu sebuah penggalan-penggalan kalimat yang telah diatur sehingga
jika kartu dimainkan dengan benar akan terbentuk suatu kalimat bahasa Inggris
yang benar.
Kartu-kartu tersebut terbuat dari karton dengan ukuran 5
x 8 cm. Ukuran ini dapat saja disesuaikan dengan selera pembuat kartu.
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa terutama
dalam meningkatkan gairah belajar bahasa Inggris, dan bagi guru agar dapat
menambah wawasan dalam mengaplikasikan strategi baru, serta menambah tambahan
referensi karya ilmiah.
0 komentar:
Post a Comment