Sunday 10 March 2013

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)



Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah suatu usaha kesehatan yang dilaksanakan di sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama untuk meningkatkan derajat kesehatan serta membina dan mengembangkan nilai, sikap dan tingkah laku menuju prinsip hidup sehat (Depkes RI, 1998).
Menurut Poernomo, (1995) menyatakan bahwa: Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah merupakan usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-­sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama. Seiring dengan itu entjang, (1995) menerangkan bahwa: Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ialah usaha kesehatan masyarakat yang ditujukan kepada masyarakat sekolah yakni siswa, guru dan karyawan sekolah lainnya.
Anwar (1996) rnengemukakan bahwa yang dimaksud dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas Puskesrnas, yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak yang sebaik-­baiknya dan sekaligus mencapai dan meningkatkan prestasi belajar anak sekolah setinggi-tingginya. Lebih lanjut Siregar, (1996) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah "Usaha kesehatan masyarakat yang dilakukan di sekolah dengan siswa beserta lingkungannya (guru, pegawai dan orang tua siswa) sebagai sasaran utama".
Definisi usaha kesehatan daripada pengertian UKS terutama ditujukan kepada usaha meningkatkan kesehatan rnasyarakat yang memiliki ruang lingkup antara lain seperti, pencegahan penyakit, memberantas penyakit menular, meningkatkan hidup, membina kebersihan pribadi, meningkatkan perilaku hidup sehat dan bersih, pengobatan penyakit sedini mungkin dan membina peran serta masyarakat dalam rangka memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungan.
Sebagaimana yang diketahui betapa pentingnya UKS terhadap kesehatan anak didik, maka pemerintah telah mengambil kebijaksanaan yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang harus dilakukan disetiap lingkungan sekolah. Untuk itu perlu dilaksanakan usaha pembinaan dan pengembangan dalam kebiasaan berprilaku hidup sehat yang dilakukan secara terpadu dan terprogram, baik melalui program pendidikan di sekolah untuk mata pelajaran olah raga dan kesehatan sebagai kegiatan kurikuler di sekolah ataupun melalui suatu kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu yang merupakan integrasi dari sistem pendidikan nasional yang juga berhubungan dengan sistem kesehatan nasional.

2.2. Tujuan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
     Tujuan daripada pelaksanaan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tidak terlepas dari tujuan kesehatan secara keseluruhan, walaupun tujuan itu hanya terbatas pada anak didik dan ruang lingkup di lingkungan sekolah. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Entjang, (1995) UKS bertujuan :
  1. Untuk mempertinggi nilai kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit serta rehabilitasi anak-anak yang sehat jasmani, rohani dan sosial.
  2. Untuk mencapai keadaan kesehatan anak-anak sekolah dan lingkungannya sehingga dapat memberikan kesempatan tumbuh dan berkembang secara harmonis serta belajar secara efesien dan optimal.
Demi mencapai tujuan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sebagaimana yang telah direncanakan, maka diperlukan adanya kerjasarna yang baik dan saling berkaitan serta harus adanya hubungan yang harmonis antar instansi yang terkait sekaligus dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan kesehatan tersebut. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertujuan untuk mengusahakan agar anak-anak didik mempunyai kemampuan hidup sehat yang lebih baik, dapat turnbuh dan berkembang secara harmonis tanpa adanya gangguan fisik, baik terhadap dirinya sendiri, masyarakat ataupun kepada nusa dan bangsa.
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah merupakan salah satu usaha masyarakat secara menyeluruh, yang bertujuan untuk membina pertumbuhan dan perkembangan anak didik agar dapat memelihara kesehatan dirinya yang lebih baik dan lingkungan hidup yang baik dimanapun la berada. Seperti yang dijelaskan oleh Entjang (1995) maksud dan tujuan daripada kesehatan sekolah adalah usaha dalarn mencapai keadaan kesehatan anak didik dan lingkungan hidupnya sehingga dapat memberi kesempatan belajar serta dapat turnbuh dan berkernbang secara harmonis, efesiensi dan optimal.

0 komentar:

Post a Comment