This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Tuesday 27 August 2013

Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran



Pelaksanaan pembelajaran erat kaitannya dengan penciptaan lingkungan yang memungkinkan siswa belajar secara aktif, pengembangan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa, penyesuaian dengan rencana kegiatan dan pengelolaan kelas. Proses belajar mengajar harus berorientasi kepada lingkungan tanpa mengabaikan prinsip-prinsip kepribadian, dan hasil pendidikan harus bermanfaat dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Kegiatan belajar mengajar dikatakan berhasil dari proses apabila peserta didik terlibat secara aktif baik fisik maupun mental dalam proses belajar mengajar.
Adapun beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu :
a. Kemampuan Membuka Pelajaran
Membuka pelajaran adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan prakondisi bagi murid agar mental maupun perhatian terpusat pada apa yang akan dipelajari sehingga usaha tersebut memberikan efek positif terhadap kegiatan belajar.Kegiatan ini dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana siap mental dan memusatkan perhatian siswa pada hal-hal yang akan dipelajarinya. Pra pembelajaran ini juga dapat dilakukan oleh guru dengan memperhatikan kehadiran, kerapian, ketertiban dan perlengkapan pelajaran siswa.
b. Kemampuan Menguasai Pelajaran
Guru harus mampu menguasai bahan atau materi yang akan diajarkan kepada siswa agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai. Rincian materi harus memperjelas dan relevan dengan tema atau pokok bahasan yang akan diajarkan dan harus mempunyai nilai aplikasi yang tinggi.
c. Kemampuan Memberi Penjelasan
Kemampuan menjelaskan dalam pengajaran adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasi secara sistematika untuk menunjukkan hubungan yang satu dengan yang lain. Tujuan memberikan penjelasan yaitu membimbing murid untuk mendapat dan memahami hukum, dalil, fakta, dan prinsip secara objektif dan bernalar.
d. Kemampuan Menggunakan Metode Pengajaran
Dalam menggunakan metode pengajaran, guru sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi dan suasana kelas juga jumlah siswa yang ada di dalam kelas. Metode yang direncanakan harus melibatkan aktivitas siswa dalam proses berupa observasi keterampilan kegiatan keahlian siswa proses belajar mengajar secara terkombinasi. Beberapa metode yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, eksperimen, simulasi, kerja kelompok, karya wisata dan sosio drama.
e. Kemampuan Memanfaatkan Media Pengajaran
Dalam proses belajar mengajar media sangat dibutuhkan karena bila dalam kegiatan pengajaran, ketidakjelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Jadi dapat dipahami bahwa media adalah alat bantu yang dapat disajikan sebagai penyalur pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Dari uraian di atas, dapat dipahami bahwa penggunaan media sebagai alat bantu tidak bisa sembarangan menurut kehendak hati guru tetapi harus memperhatikan dan menyesuaikan antara media yang digunakan dengan tujuan pembelajaran. Menurut menurut Anhar (2005 : 11) dalam menggunakan media pengajaran guru hendaknya memperhatikan syarat umum yaitu "Media pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Media pengajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar.Media pengajaran harus sesuai dengan kondisi individu siswa".
f.  Kemampuan Bertanya dan Menanggapi Respon Siswa
Dalam proses belajar mengajar, bertanya merupakan keterampilan yang sangat penting dimiliki. Sebab pertanyaan yang tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat akan memberikan dampak yang positif terhadap siswa. Pertanyaan yang diberikan hendaknya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa yang penyampaiannya sedapat mungkin dengan bahasa yang mudah dipahami. Usahakan agar tidak menimbulkan rasa takut atau segan kepada siswa yang dapat mempengaruhi jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Sebaiknya pertanyaan yang diberikan berkesan agar siswa tidak merasa tertekan dan berani untuk menjawab pertanyaannya.
g. Kemampuan Melibatkan Siswa dalam Proses Pembelajaran
Mengajar adalah upaya dalam memberi perangsang (stimulus), bimbingan, pengarahan dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses belajar. Peran aktif dari siswa sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan instruksional. Guru diharapkan mampu untuk menyiapkan kondisi psikologis siswa dalam pembelajaran agar dapat tenang dalam menerima pelajaran yang diberikan.
h. Kemampuan Menggunakan Waktu yang Efisien
Salah satu hambatan yang sering dialami dalam mengajar adalah soal waktu. Seringkali seseorang mengajar tidak dapat mengendalikan waktu. Akibatnya bisa terjadi bahan pelajaran sudah selesai, namun waktu masih panjang. Atau sebaliknya, waktu sudah habis, bahan belum tuntas. Hal ini membawa pengaruh terhadap proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Sebab itu, diperlukan tenaga pengajar yang mampu untuk membuat pengaturan waktu yang akurat dan efektif. Pengaturan waktu dikatakan baik apabila ada kesesuaian antara waktu yang digunakan sebagai materi pelajaran. Materi yang cukup sulit tentu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada materi yang cukup mudah,  begitu pun dengan materi pelajaran yang membutuhkan praktek di laboratorium dan yang tidak membutuhkan praktek.
i. Kemampuan Menutup Pelajaran
Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan belajar mengajar. Usaha menutup pelajaran itu dimaksudkan untuk memberi gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari oleh siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. Usaha guru dalam mengakhiri kegiatan pelajaran dapat dilakukan guru dengan meninjau kembali penguasaan inti pelajaran dengan merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan. Selain itu, mengakhiri pelajaran ini dapat berupa saran-saran misalnya meminta siswa untuk mempelajari kembali di rumah tentang bahan yang baru saja dipelajari.

Perencanaan pembelajaran



Perencanaan pembelajaran merupakan proses yang sebaiknya dikembangkan oleh guru meliputi  :
a.  Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran pada umumnya dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yakni domain kognitif, afektif dan psikomotor. Domain kognitif mencakup tujuan yang berhubungan dengan ingatan, pengetahuan dan kemampuan intelektual. Domain afektif mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan perubahan-perubahan sikap, nilai, perasaan dan minat. Domain psikomotor mencakup tujuan-tujuan yang berhubungan dengan manipulasi dan kemampuan gerak (motor). Merumuskan tujuan pembelajaran bukan sekedar membuat suatu tujuan. Tetapi harus dirumuskan berdasarkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Selain itu, tujuan pembelajaran dijabarkan dari kompetensi dasar pada kurikulum.
b.  Pengorganisasian Materi
Pengorganisasian materi pengajaran bertujuan untuk menetapkan pokok-pokok materi yang akan diajarkan dengan membuat ringkasan. Setiap pokok materi harus selalu disesuaikan dengan tujuan instruksional. Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tingkat pendidikan atau perkembangan siswa pada umumnya, terorganisasi secara sistematik dan berkesinambungan, serta mencakup hal-hal yang bersifat faktual ataupun konseptual.Untuk mendapat kemudahan dalam mengajarkan materi, sebaiknya guru mengidentifikasi jenis-jenis mater yang harus dipelajari siswa. Hal ini disebabkan karena setiap jenis materi apakah termasuk fakta, konsep, prinsip dan prosedur, memerlukan strategi, metode dan media pembelajaran yang berbeda-beda.
c. Pemilihan Metode
Metode adalah salah satu alat untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan metode secara akurat guru akan mampu mencapai tujuan instruksional. bahwa "Metode mengajar adalah cara yang berisi prosedur baku untuk melaksanakan kegiatan kependidikan, khususnya kegiatan penyajian materi kepada siswa". Dalam pemilihan metode mengajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu anak didik, tujuan, situasi, fasilitas dan guru. Karena itu, guru harus kreatif dalam pemilihan metode yang tepat dalam setiap kegiatan belajar mengajar.
d.  Pemilihan Media/ Sumber Belajar
Media/sumber belajar merupakan sarana untuk membantu proses belajar siswa. Pendidikan yang berkualitas menuntut dukungan pemilihan sumber belajar serta alat bantu yang memadai berupa buku yang memungkinkan siswa memperoleh bahan yang luas untuk mempermudah dalam penerimaan pelajaran. Sarana dan sumber belajar yang memadai akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk menunjang efektivitas dan kreativitas belajar siswa.
e.  Menentukan Bentuk Prosedur Penilaian Hasil Belajar
Upaya untuk menentukan bentuk prosedur penilaian hasil belajar adalah dengan pengukuran kemajuan belajar siswa. Mengukur dan menilai sampai seberapa dalam penguasaan siswa terhadap pelajaran. Dalam hal ini melakukan evaluasi kepada siswa yang meliputi beberapa tes diantaranya tes lisan, tes tulis dan tes perbuatan.Dari hasil evaluasi inilah dapat dilakukan pengukuran terhadap tujuan pembelajaran yang telah dibuat, apakah tujuan tersebut telah dicapai atau tidak.
f.  Menentukan Langkah-Langkah Pembelajaran
Peningkatan kualitas pendidikan erat kaitannya dengan penentuan langkah-langkah pembelajaran sesuai kurikulum serta proses belajar yang akan dilaksanakan. Hal tersebut meliputi pengelolaan Lembaga Penyelenggaraan Pendidikan, mengembangkan program pendidikan dan pengajaran dalam bentuk penetapan kurikulum serta proses kegiatan belajar, proses pembelajaran yang memperhatikan unsur keterampilan, pengadaan dan pengembangan tenaga pengajar, pendidikan dan pengarahan kepada peserta didik di bidang keterampilan, pengadaan dan penataan sarana serta fasilitas pendidikan, proses sistem penilaian program dari unsur keterampilan siswa.
g.  Menetapkan Alokasi Waktu dalam Penyampaian Pokok Bahasan Kepada Siswa
Sebelum seorang guru mengajar, maka sebaiknya guru membuat jadwal untuk menentukan pokok bahasan yang akan diajarkan pada jam pelajaran di kelas. Kesesuaian waktu yang ditetapkan dengan baik akan turut menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam hal menetapkan alokasi waktu harus memperhatikan kesukaran materi, luas, ruang lingkup atau cakupan materi serta tingkat pentingnya materi yang dipelajari.
h.  Penyajian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Secara Tertulis
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan persiapan guru mengajar untuk tiap pertemuan-pertemuan. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini berfungsi sebagai acuan untuk melaksanakan proses belajar mengajar di kelas agar lebih efektif dan efisien. Sebelum melaksanakan pengajaran, guru harus membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP berfungsi sebagai skenario proses pembelajaran agar lebih mempermudah, dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih terarah  pada tujuan pembelajaran.

Peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan tugas secara kelompok pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Pencapaian nilai standar kelulusan menjadi lebih berat bagi siswa sejak pemerintah menaikan standar kelulusan sebesar 6,50 di tahun 2012 diperlukan kerja keras dari seluruh elemen untuk memperhatikan dan berbuat semaksimal mungkin agar dapat bersaing dengan negara-negara lain yang sudah semakin maju. Namun, hal ini terasa sangat berat karena negara kita melihat nilai standar kelulusan tersebut sebagai beban bukan sebagai motivasi untuk terus bergerak maju, dan di sini faktor utama yang paling dominan untuk melakukan perubahan itu di awali dengan adanya guru-guru yang mampu untuk dapat mewujudkan nilai standar kelulusan  tersebut.
Berdasarkan uraian diatas banyak kita lihat dalam pelaksanaan proses belajar mengajar khusunya biologi, guru sebaiknya tidak hanya memberikan informasi tetapi harus menerapkan prinsip-prinsip pengajaran biologi yang berorientasi pada obeservasi dan penelitian. Pengetahuan Biologi yang di peroleh dari hasil belajar pengalaman dan penyelidikan, akan lebih lama dapat di ingat serta berkesempatan menumpuk keberanian dalam mengambil inisiatif. Maka oleh karena itu pengajaran biologi juga berfungsi sebagai alat untuk mendidik siswa agar mencapai kualitas sesuai dengan tujuan pendidikan.
Prinsip-prinsip modern juga menuntut agar kegiatan belajar mengajar harus dapat mengembangkan ilmu pengetahuan secara lebih luas, untuk dapat mengolah, menggunakan nilai dan mengkomunikasikan hasil belajar dengan baik. Dengan demikian kemudahan akan timbul di pihak pengajar dan siswa-siswapun memperoleh hasil belajar yang maksimal. Dengan menyadari akan tujuan dan pentingnya pengajaran biologi, maka keberhasilan siswa dapat tergantung kepada pendidik untuk membawa siswa ke tingkat kematangan. Oleh sebab itu, tidak hanya guru yang baik, tetapi juga pada penggunaan metode yang tepat. Dalam hal ini guru harus dapat mengenal dan menguasai berbagai jenis metode dalam mengajar biologi.
Salah satu metode interaksi edukatif yang dewasa ini menjadi strategi mengajar dengan kurikulum KTSP adalah metode diskusi. Metode diskusi kelompok yaitu pembelajaran yang melibatkan unsur-unsur siswa itu sendiri, sehingga siswa dapat berinteraksi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang sulit. Metode diskusi mempunyai keuntungan antara lain: 1)Mempertinggi peran serta secara perseorangan, 2)Mempertinggi peran serta kelas secara keseluruhan dan 3) memupuk sikap saling menghargai pendapat orang lain.
Diskusi kelompok dapat dilakukan antara guru dengan seluruh siswa, guru dengan sekelompok siswa, siswa dengan siswa dalam kelompok dan siswa dengan siswa dalam kelas. Dengan demikian yang dapat menjadi pemimpin tidak hanya guru, tetapi lebih baik jika guru membimbing siswa agar mmpu memimpin diskusi, kalau demikian guru dapat dikatakan berhasil. Dalam metode diskusi kelompok inilah terjadi proses interaksi antara dua individu atau lebih dalam pemecahan masalah. Dalam diskusi kelompok ini proses interaksi antara dua individu atau lebih, saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah yang dapat terjadi, yang semuanya aktif sebagai pendengar saja, mengajar dengan metode seperti ini dapat membuka cakrawala berpikir bagi siswa  secara aktif dan kreatif.
Berdasarkan uraian di atas dapatlah dikatakan bahwa metode diskusi kelompok dalam mengajar sangat diperlukan bagi seorang guru, karena dengan metode diskusi kelompok siswa dapat mempertinggi partisipasi secara individual dan dapat mempertinggi kegiatan kelas secara keseluruhan. Penggunaan metode ini perlu terlebih dahulu pengarahan oleh guru yang bersangkutan, sehingga proses pelaksanaannya tidak menimbulkan masalah atau perlu ketertiban yang khusus.
Namun bagaimana dengan siswa yang dominan belajar sendiri segala sesuatu banyak dikembangkan oleh dirinya sendiri tanpa bantuan teman yang lain. Kita ketahui bahwa siswa yang belajar sendiri lebih banyak memeiliki kendala diantaranya ide-ide mengembangkan pelajaran dipikirkan sendiri, tidak ada kritikan yang membangun, lebih besar keragu-raguan dalam mengambil kesimpulan akhir. Apakah hasil belajar siswa tersebut lebih baik dengan berkelompok, untuk dapat mengetahui lebih lanjut perlu dilakukan penelitian.

Lembar Observasi Proses Pembelajaran



Lampiran 1

Tabel 1. Lembar Observasi Proses Pembelajaran

Nama Pengamat            :
Sekolah                                    : SMP Negeri
Materi                           : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Mata Pelajaran              : IPA biologi
Siklus                           : I (Pertama)


NO
Aspek Yang Dinilai
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Tidak Baik
Ket
1
Siswa yang mendengar dan memperhatikan penjelasan guru






2
Minat siswa dalam proses pembelajaran





3
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran





4
Kerja sama siswa di dalam menyelesaikan dan menjawab soal dalam LKS






5
Kecermatan siswa dalam menyelesaikan soal





6
Kemampuan siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat






7
Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil kerja di depan kelas






8
Kemampuan siswa dalam menyimpulkan pembelajaran














Lampiran 2


Tabel 2. Lembar Observasi Proses Pembelajaran

Nama Pengamat            :
Sekolah                                    : SMP Negeri
Materi                           : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Mata Pelajaran              : IPA biologi
Siklus                           : II (Kedua)

NO
Aspek Yang Dinilai
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Tidak Baik
Ket
1
Siswa yang mendengar dan memperhatikan penjelasan guru






2
Minat siswa dalam proses pembelajaran





3
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran





4
Kerja sama siswa di dalam menyelesaikan dan menjawab soal dalam LKS






5
Kecermatan siswa dalam menyelesaikan soal





6
Kemampuan siswa dalam bertanya dan menyampaikan pendapat






7
Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil kerja di depan kelas






8
Kemampuan siswa dalam menyimpulkan pembelajaran