Sunday 10 March 2013

pengetahuan ibu rumah tangga tentang sanitasi makanan



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang.
Tujuan pembangunan bidang kesehatan menuju sehat 2010 adalah meningkatkan kesadaran , kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal , melalui terciptanya masyarakat , bangsa dan Negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya yang hidup dengan prilaku dan dalam lingkungan sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata , serta memiliki kesehatan yang optimal diseluruh wilayah Indonesia.
 Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagaimana dalam visi Indonesia Sehat 2010, maka ditetapkan misi pembangunan kesehatan  yaitu mengerakan pembangunan Nasional yang berwawasan kesehatan , mendorong  kemandirian masyarakat untuk hidup sehat , memelihara dan meningkatan kesehatan individu , keluarga dan masyarakat berserta lingkungannya . ( Depkes RI,2004).
Pembengunan dibidang kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional bangsa Indonesia . Pembangunan kesehatan diarahkan  untuk mempertinggi derajat kesehatan masyarakat yang besar artinya bagi pembangunan  dan pembinaan sumber daya manusia  dan sebagai modal bagi pelaksananya pembangunan  nasional yang hakitatnya adalah pembangunan seluruh masyarakat Indonesia ( undang undang No 23 tahun 1992 ) . dalam rangka mencapainya kehidupan yang sehat , berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan derajat kesehatan yang optimal , sehingga pembangunan dibidang kesehatan bertujuan tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum.
            Salah satu program yang  sangat digalakan pemerintah dalam hal ini Depertemen Kesehatan Republik Indonesia , yang diberi wewenang menangani masaakah kesehatan di Indonesia adalah program Perbaikan Gizi Keluarga yang dilaksanakan di seluruh Indonesia  , salah satu sub programnya adalah pemahaman makanan bergizi.
Makanan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia . makanan yang dikonsumsi beragan jenis dengan berbagai cara pengolahannya , cara pengolahan makanan yang tidak higienis akan menjadi masalah kesehatan   bagi seluruh anggota keluarga , sebab bahan makanan yang tidak bersih akan menjadi alat bagi kuman untuk berkembang dan menularkan penyakit . pengetahuan ibu rumah tangga tentang hygiene makanan adalah hal yang sangat  efektif untuk mencegah terjangkinnya penyakit menular tertentu yang dapat ditularkan melalui bahan makanan.
Hygiene makanan merupakan suatu usaha pencegahan yang menitik beratkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya –bahaya yang dapat mengganggu / merusak kesehatan. Mulai dari pemilihan bahan bahan makanan , penyimpanan bahan mentah , proses pengolahan , pemyimpanan makanan , pengangutan, penjualan sampai pada penyajian makanan untuk di konsumsi.

0 komentar:

Post a Comment