Wednesday 13 March 2013

Faktor Abiotik dan Biotik yang mempengaruhi keberadaan Collembola



1.      Faktor Abiotik
Keberadaan Collembola dapat dipengaruhi oleh faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik dapat berupa faktor fisik dan kimia seperti pH, suhu, kelembaban, keberadaan zat pencemar di dalam tanah, kedalaman tanah, serta iklim atau musim. Suhu dan penguapan dapat mempengaruhi komunitas Collembola (Jucevica & Meleis 2005).
Collembola menunjukkan perbedaan keanekaragaman vertikal berdasarkan kedalaman tanah. Collembola banyak terdapat di lapisan serasah dan lapisan tanah bagian atas 0-2.5 cm. Pada saat kelembaban rendah Collembola akan bermigrasi ke lapisan tanah yang lebih dalam (Detsis 2000). Di hutan basah Collembola banyak terdapat pada lapisan tanah dengan sedikit lapisan serasah pada kedalaman 0 - 4 cm (53-75%). Collembola juga memperlihatkan migrasi vertikal musiman antara serasah dan tanah sampai dengan 8 cm (Holt 1985).
Perpindahan Collembola ke lapisan tanah disebabkan oleh tingkat kekeringan tanah.Jumlah Collembola serasah di hutan basah paling sedikit terjadi pada musim kering sedangkan paling banyak pada musim hujan dengan curah hujan 73% per tahun. Kelembaban merupakan penyebab utama rendahnya tingkat populasi Collembola pada bulan-bulan kering (Holt 1985).
Beberapa spesies Collembola yang peka terhadap kelembaban tanah sehingga variasi komposisi spesies dan populasi berbeda (Irmler 2004). Misalnya Isotomurus palustris Muller dan Tomocerus minor Lubbock banyak terdapat dalam keaadan kelembaban tinggi (basah) sedangkan Hypogastrura armata Nicolet dan Folsomia quadrioculata Tullberg lebih menyukai keadaan kering.
2.      Faktor Biotik
Selain faktor fisik dan kimia, faktor biotik juga berpengaruh terhadap keberadaan Collembola. Vegetasi penutup merupakan faktor yang tidak dapat diabaikan karena dapat mempengaruhi sifat keadaan tanah. Keanekaragaman vegetasi mempengaruhi keanekaragaman Collembola (Rahmadi et al. 2004). Pada hutan Sungai Tabalong Kalimantan Selatan yang didominasi tanaman Dipterocarpaceae seperti Shorea sp. komposisi Collembola yang mendominasi adalah Paronellidae, Dicyrtomidae, dan Hypogastruridae. Sedangkan di hutan monokultur yang hanya di tanami Acasia mangium Collembola yang mendominasinya adalah famili Paronellidae dan Isotomidae.

0 komentar:

Post a Comment