Wednesday 13 March 2013

Cara hidup Collembola



Collembola termasuk hewan yang tidak mengalami metamorfosis (Ametabola)tetapi hanya mengalami pergantian kulit sebanyak lima sampai dengan enam kali.Bentuk pradewasa dengan dewasa mirip satu dengan lainnya. Kedua bentuk stadiaterrsebut dibedakan dari ukuran, jumlah seta, dan pada stadia pradewasa belum adaorgan genitalia. Persamaan bentuk pradewasa dengan dewasa mempermudahpengenalan sampai dengan taraf takson tertentu (Suhardjono 1992). Collembolasecara umum berumur pendek sekitar satu sampai tiga bulan, akan tetapi beberapaCollembola dapat hidup sampai dengan dewasa lebih dari satu sampai dengan dua tahun. Pseudosinella sdecipiens Denis bahkan dapat mencapai umur 5 tahun 7 bulan. (Greenslade 1996; Hopkin 1997; Greenslade et al. 2000).
Kebanyakan Collembola hidup di dalam tanah dan serasah (Suhardjono 1998).Akan tetapi Collembola dapat juga hidup di tempat tersembunyi seperti di dalam tanah, jamur, reruntuhan pohon, di bawah kulit kayu, kayu-kayu yang membusuk, vegetasi tanaman, kanopi, gua, guano kelelawar, laut, pesisir pantai, dan air tawar (Rahmadi & Suhardjono 2007).
Kebanyakan Collembola penghuni tanah memakan bahan tumbuh-tumbuhan yang sedang membusuk, jamur, dan bakteri. Collembola ada juga yang memakan tinja Artropoda atau serbuk sari ganggang (Triplehorn & Johnson 2005).

0 komentar:

Post a Comment