Friday 2 August 2013

Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Fisika



Secara harfiah kata media memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Jadi pengertian media merupakan suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.
Alat peraga adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menjelaskan konsep pembelajaran dari materi yang bersifat abstrak menjadi nyata sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa yang menjurus kearah terjadinya proses belajar mengajar. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sangat dianjurkan, karena dengan memanfaatkan alat peraga yang sesuai dengan materi, pembelajaran fisika akan lebih efektif dengan langsung memperagakan dan melakukan percobaan.
Alat Peraga Pendidikan IPA, Alat peraga pendidikan IPA ialah alat yang secara langsung digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar IPA, yang termasuk alat ini adalah : (1) alat IPA, adalah alat yang bila dipakai untuk praktek tidak habis terpakai, (2) bahan, adalah sesuatu benda jika dipakai untuk praktek dapat habis terpakai, (3) model, model adalah benda tiruan yang bentuknya seperti benda aslinya, (4) carta dan gambar, (5) benda asli.
Memilih alat dan bahan, dari kegiatan-kegiatan yang telah kita tentukan kita pilih alat dan bahan yang kita perlukan untuk praktek, secara singkat prose pemilihan alat dan bahan dapat digambarkan sebagai berikut: peninjauan standar kompetensi, peninjauan kompetensi dasar, penyusunan konsep, pemilihan konsep esensial, pemilihan metode kegiatan, pemilihan alat dan bahan, dan pelaksanaan pembelajaran
Manfaat Menggunakan Alat Peraga, Secara umum manfaat alat peraga dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Kemp dan Dayton mengidentifikasikan beberapa manfaat alat peraga dalam pembelajaran, yaitu : (1) penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan, (2) Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, (3) Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, (4) Efisien dalam waktu dan tenaga, (5) Tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal , (6) Meningkatkan kualitas hasil belajar, (7) Alat peraga akan merubah peran guru ke arah yang positif dan produktif.
Selain itu dengan menggunakan alat peraga, pembelajaran fisika yang dikenal siswa sebagai mata pelajaran yang rumit dan sukar dipelajari, akan menjadi lebih mudah  dipahami, menyenangkan bagi siswa dan guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Menurut alat peraga pengajaran, teaching aids, atau Audiovisual Aids (AVA) adalah alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk memperjelas mated pelajaran yang disampaikannya kepada siswa dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri sendiri. Pengajaran yang banyak menggunakan verbalisme tentu akan segera membosankan, sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira belajar atau senang karena merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang diterimanya.
Belajar yang efektif hams mulai dengan pengalaman langsung atau pengalaman konkret dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga pengajaran daripada bila siswa belajar tanpadibantu dengan alat pengajaran. Untuk mengetahui target pengajaran diperlukan adanya penilaian (evaluasi). menyatakan bahwa evaluasi merupakan bagian penting dalam prose's belajar mengajar, karena dengan evaluasi dapat ditentukan tingkat keberhasilan suatu program. penilaian merupakan salah satu unsur penting dalam rangkaian proses belajar mengajar, karena dengan penilaian guru dapat mengetahui sejauh mana penguasaan materi anak, keefektifan metoda yang disampaikan, keberhasilan materi yang disampaikan dan juga dengan penilaian akan memperbaiki proses belajar mengajar.
Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan peranan alat peraga dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut: 
a.        Alat untuk memperjelas bahan pembelajaran pada saat guru menyampaikan pelajaran
b.       Alat untuk mengangkat atau menimbulkan persoalan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh para peserta didik dalam proses belajarnya.
c.        Sumber belajar bagi siswa baik secara individu ataupun kelompok.
d.       Melalui alat peraga siswa terbantu dalam memahami konsep fisika yang sulit.
Alat-alat peraga sangat tepat digunakan dalam :
a.       Memperkenalkan suatu masalah atau unit sesuatu pokok bahasan
b.      Mengembangkan dan memperjelas suatu pokok persoalan
c.       Menafsirkan suatu masalah atau pokok persoalan yang diterangkan/ dikemukakan.
d.      Mengidentifikasikan suatu situasi
e.       Menyederhanakan suatu masalah yang sedang dibahas
f.       Mengadakan hubungan atau korelasi antara dua keadaan atau lebih
g.      Memindahkan suatu pemikiran kedalam suatu yang nyata
h.      Meningkatkan minat dan dorongan siswa untuk memperhatikan sesuatu
i.        Memberikan pengalaman yang tak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu perkembangannya, efesiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna.

Dalam penyajian pelajaran peranan alat peraga dalam penggunaannya lebih dominan terutama bagi siswa yang sudah terlanjur atau kurang menyenangi suatu pelajaran, dan begitu pula bagi siwa yang tingkat kecerdasannya lebih rendah akan mudah memahaminya, karena melalui alat peraga penyajian pelajaran akan lebih menarik, baik dari segi warna, bentuk maupun keaneka-ragaman, dan siswa yang memilih IQ rendah akan lebih mudah memahaminya, karena pelajaran disajikan dalam bentuk yang nyata dan mudah dipahami.

Apabila suda ada siswa yang sejak awal sudah tertarik pada alat peraga yang karena bentuknya, tata warnanya, ataupun mungkin cara kerjanya yang unik dan membangkit rasa ingin tahu, lambat laun siswa seperti ini akan terbawa menjadi senang terhadap pelajaran (yang selain alat peraga, peranan guru sebagai orang yang lebih mengetahui perkembangan intelektual siswa sangat diperlukan). Bahkan tidak mustahil siswa tersebut sangat menyenangi semua pelajaran. Sehingga sangat besar kemungkinan dapat diharapkan prestasinya akan meningkat.

Selain dari pada itu pengalaman menunjukkan bahwa orang akan lebih mengingat sesuatu yang dapat dicapai dengan indera artinya diraba, dicium, didengar, serta dapat dilihat wujud yang sebenarnya dari benda itu, tiruannya atau gambarnya daripada mengingat-ingat sesuatu yang pernah dibaca atau didengar dari orang lain. Penggunaan alat peraga menjadikan siswa belajar dengan inderanya dan dengan pengalaman yang lebih nyata akan membantu dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia atau dengan kata lain akan memberikan motivasi dalam belajar kepada siswa agar prestasinya meningkat.

Alat peraga mempunyai beberapa fungsi, "Alat peraga dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perhatian dan kemampuan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa".

0 komentar:

Post a Comment