Saturday 27 July 2013

konsep Pertumbuhan dan Perkembangan



Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik (anatomi) dan struktur tubuh dalam arti sebagian atau seluruhnya karena adanya multiplikasi (bertambah banyak) sel-sel tubuh dan juga karena bertambah besarnya sel.  Adanya multiplikasi dan pertambahan ukuran sel bearti ada pertambahan secara kuantitatif dan hal tersebut terjadi sejak terjadinya konsepsi, yaitu bertemunya sel telur dengan sperma hingga dewasa. Jadi pertumbuhan lebih ditekankan pada pertambahan ukuran fisik seseorang, yaitu menjadi lebih besar atau lebih matang bentuknya, seperti pertambahan ukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.
Pertumbuhan pada masa anak-anak mengalami perbedaan yang bervariasi sesuai dengan bertambahnya usia anak. Secara umum, pertumbuhan fisik dimulai dari arah kepala ke kaki. Kematangan pertumbuhan tubuh pada bagian kepala berlangsung lebih dahulu, kemudian secara berangsur-angsur diikuti oleh tubuh bagian bawah ().
bahwa pada umumnya pertumbuhan mempunyai ciri-ciri tertentu yaitu:
1.      Perubahan proporsi tubuh yang dapat diamati pada masa bayi dan dewasa.
2.      Hilangnya cirri-ciri lama dan timbulnya cirri-ciri baru yang ditandai dengan lepasnya gigi susu dan timbulnya gigi permanen, hilangnya reflex primitive pada masa bayi, timbulnya tanda seks sekunder, dan perubahan lainnya.
3.      Kecepatan pertumbuhan tidak teratur yang ditandai dengan adanya masa-masa tertentu, yaitu masa prenatal, bayi dan adolesensi, dimana terjadi pertumbuhan cepat dan masa prasekolah dan masa sekolah, dimana pertumbuhan berlangsung lambat.
Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dan struktur/fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur, dapat diperkirakan, dan diramalkan sebagai hasil dari proses diferensiasi sel, jaringan tubuh, organ-organ dan sistemnya yang terorganisasi Dengan demikian, aspek perkembangan ini bersifat kualitatif, yaitu pertambahan kematangan fungsi dari masing-masing bagian tubuh. Hal ini diawali dengan berfungsinya jantung untuk memompa darah, kemampuan untuk bernafas, sampai kemampuan anak untuk tengkurap, duduk, berjalan, bicara, memungut benda-benda disekelilingnya, serta kematangann emosi dan sosial anak. Tahap perkembangan awal akan menentukan tahap perkembangan selanjutnya.
Meskipun pertumbuhan dan perkembangan mempunyai arti yang berbeda namun keduanya saling mengaruhi dan berjalan secara simultan (bersamaan). Pertambahan ukuran fisik akan disertai dengan pertambahan kemampuan anak. Pada dasarnya, tumbuh kembang mempunyai prinsip yang berlaku secara umum, yaitu:
  1. Tumbuh kembang merupakan suatu proses terus-menerus dari konsepsi sampai dewasa.
  2. Pola tumbuh kembang pada semua anak umumnya sama, hanya kecepatannya dapat berbeda.
  3. Proses tumbuh kembang dimulai dari kepala keseluruh anggota badan, misalnya mulai melihat, tersenyum, mengangkat badan.
Hampir sepertiga dari masa kehidupan manusia dipakai untuk mempersiapkan diri guna menghadapi duapertiga masa kehidupan berikutnya. Oleh karena itu, upaya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang pada awal-awalnya kehidupan bayi dan anak adalah sangat penting. Pencapaian suatu kemampuan pada setiap anak berbeda-beda, tetapi pada patokan umur tertentu untuk mencapai kemampuan tersebut yang sering disebut dengan istilah milestone.

0 komentar:

Post a Comment