Friday 25 January 2013

Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Kontrasepsi Metode Aminorea Laktasi (MAL) Di Wilayah Kerja Puskesmas



ABSTRAK

Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Kontrasepsi Metode Aminorea Laktasi (MAL) Di Wilayah Kerja Puskesmas                           
   xii + 33 Halaman + 4 Tabel + 11 Lampiran
Latar belakang: Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya pemakaian Metode Amenorea Laktasi (MAL) dalam keluarga berencana antara lain disebabkan adalah rendahnya pengetahuan ibu tentang MAL, baik manfaatnya, syarat, dan keefektifan MAL masalah yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kurangnya ibu menyusui memakai kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi (MAL).
Tujuan: Untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu menyusui tentang Kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi  (MAL) di Wilayah Kerja Puskesmas
Metodologi Penelitian: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah populasi dalam penelitian ini semua ibu menyusui yang berkunjung ke puskesmas sebanyak 36 ibu menyusui, sedangkan jumlah sampel yaitu semua populasi dijadikan sampel penelitian telah dilakukan pada tanggal 25-28 Januari 2012.
Hasil Penelitian: Diperoleh dari 36 responden adalah pengetahuan Ibu menyusui tentang manfaat MAL dominan adalah 19 responden (52,7 %)  berpengetahuan tinggi, pengetahuan Ibu menyusui tentang syarat MAL dominan adalah 21 responden (58,3 %) berpengetahuan rendah, pengetahuan Ibu menyusui tentang keefektifan  MAL dominan adalah 22 responden (61,1%) berpengetahuan sedang.
Kesimpulan dan Saran: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Tingkat Pengetahuan ibu menyusui tentang metode amonerea laktasi (MAL) adalah pada katagori rendah. Diharapkan kepada tenaga kesehatan khususnya bidan di desa, agar memberikan pendidikan kesehatan tentang metode kontrasepsi MAL kepada ibu menyusui dan keluarganya.
Kata kunci       : Pengetahuan Ibu menyusui, Manfaat, Syarat, Keefektifan MAL
Sumber            : 16 buku (2000-2010) dan 3 Artikel

0 komentar:

Post a Comment