Friday 25 January 2013

Amenorea Laktasi



2.1.1.      Pengertian Metode Amenorea Laktasi
Metode Amenorea Laktasi adalah kontrasepsi yang mengandalkan pemberian Air Susu Ibu. Metode Amenorea dapat diandalkan sebagai kontrasepsi apabila, menyusui secara ekslusif atau secara penuh (full breast feeding). Pemberian ASI harus mengikuti kemauan bayi (on demand) baik siang maupun malam dengan jarak kurang dari 6 jam antara pemberian ASI berikutnya dan pemberian ASI dari kedua payudara. Belum mendapatkan menstruasi dan umur bayi kurang dari 6 bulan (Saifuddin, 2003).
Metode ini efektif sampai 6 bulan dan harus dilanjutkan dengan pemakaian metode kontrasepsi lain sesuai dengan pemilihan kontrasepsi rasional yang tidak mengganggu produksi ASI (Saifuddin, 2003).
2.1.2.      Manfaat Metode Amenorea Laktasi
Mendapatkan kekebalan pasif (mendapatkan anti bodi perlindungan lewat ASI), sumber asupan gizi yang terbaik dan sempurna untuk tumbuh kembang bayi yang optimal, terhindar dari keterpaparan terhadap kontaminasi dari air, susu lain atau formula, alat minum yang dipakai dan memberikan rasa nyaman bagi bayi (Depkes RI, 2005).
Mengurangi perdarahan pasca persalinan, mengurangi resiko Anemia, meningkatkan hubungan psikologis ibu dan bayi, mengurangi resiko kanker payudara dan lebih cepat mengembalikan berat badan ibu pada kondisi semula (Depkes RI, 2005).

0 komentar:

Post a Comment