Saturday 14 June 2014

Pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran



Kemajuan teknologi informasi banyak membawa dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan dewasa ini, khususnya teknologi komputer dan internet, baik dalam hal perangkat keras maupun lunak. Kemajuan teknologi memberikan banyak tawaran dan pilihan bagi dunia pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien bagi siswa. Keuntungan yang ditawarkan dalam kemajuan teknologi bukan saja terletak pada faktor kecepatan untuk mendapatkan infomasi namun juga fasilitas multimedia yang dapat membuat belajar lebih menarik, visual dan interaktif. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, banyak kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.
Parera menegaskan bahwa media dalam pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai suatu perantara atau sarana untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat untuk proses komunikasi. Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang dapat menyajikan, menyampaikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar, sedangkan media berbasis komputer adalah media yang menggabungkan dan menseinergikan berbagai elemen, yaitu teks, grafis, foto, video, animasi, musik, dan narasi yang paling terhubung memungkinkan pemakai melakukan interaksi dan komunikasi. Fungsi media dalam pembelajaran ialah mengatasi keterbatasan pengalaman siswa, dapat melampaui batasan ruangan kelas, memungkinkan interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya, menghasilkan keseragaman pengamatan, menanamkan konsep dasar yang benar, konkret dan realistik.
Berkembangnya teknologi informasi internet yang sangat pesat telah mendorong upaya-upaya dalam mememanfaatkan media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Pemanfaatan media secara tepat guna akan memperlancar proses pembelajaran, dimana telah disebutkan di atas bahwa semua ilmu pengetahuan yang ada diseluruh dunia bisa diakses melalui internet dengan cepat dan mudah, hal ini semakin menambah dan meningkatkan pemanfaatan internet oleh kalangan masyarakat maupun anak sekolah, dengan berkembangnya teknologi internet tersebut guru dituntut sekurang-kurangnya menguasai cara penggunaan media pembelajaran yang ada di sekolah agar ketika proses pembelajaran berjalan dengan lancar, hal ini diharapkan akan menjadikan tercapainya tujuan pendidikan nasional, untuk itu guru harus memiliki pengetahuan tentang pemahaman yang cukup mengenai media pembelajaran yang meliputi: media sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses pembelajaran, fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, hubungan antara metode pembelajaran dengan media pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran, dan lain-lain.
Pemanfaatan teknologi informasi internet yang belum maksimal di kalangan peserta didik dalam proses belajar akan berdampak negatif terhadap prestasi belajar siswa karena pemanfaatan internet yang ada di sekolah akan membantu sisiwa mendapatkan sumber pengetahuan tambahan yang lebih cepat, terpercaya, hal ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan adanya minat yang timbul atas kesenangan siswa dalam mencari sumber belajar lainnya di internet untuk menambah pengetahuannya tentang pelajaran, akan menyebabkan tingkat motivasi siswa untuk mau menggunakan semua media pembelajaran yang ada di sekolah sehingga dengan demikian penggunaan serta pemanfaatan teknologi informasi internet dan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekolah akan dengan sendirinya meningkatkan prestasi belajar. Apabila pihak sekolah seimbang dalam pemanfaatan teknologi informasi internet selama proses belajar mengajar berlangsung dan penggunaan media pembelajaran yang lebih modern maka kemugkinan besar akan mempercepat pertumbuhan semangat, minat, serta motivasi siswa untuk giat belajar dan pada akhirnya akan terjadi peningkatan prestasi belajar siswa.
Dibalik manfaat yang sangat banyak yang terdapat pada  pemanfaatan multimedia dalam pendidikan, namun terdapat pula Fakta-fakta yang menonjol menyangkut penggunaan multimedia untuk pendidikan. Diantaranya sebagai berikut:
a.        Kemajuan perkembangan teknologi dan informasi menuntut pendidikan tidak terbatas pada pemanfaatan sarana pendidikan (guru, buku pelajaran, dan lainnya), tetapi juga menggunakan media komunikasi berupa radio, televisi, VCD, OHP, komputer, internet, dan sebagainya. Pada kenyataannya pendidikan di Indonesia masih cenderung belum memanfaatkan sarana tersebut di atas secara optimal, karena antara lain persediaan dana belum mencukupi.
b.      Pendidik dituntut untuk mampu menguasai dan memanfaatkan berbagai multimedia. Sementara itu, tenaga pendidik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang multimedia masih sangat terbatas, khususnya untuk wilayah perbatasan dan terpencil.
c.       Pemanfaatan  multimedia dalam proses pendidikan  berpotensi dapat menjangkau seluruh  lapisan  masyarakat di  berbagai  tempat dengan
mutu yang sama.
d.      Kepadatan kurikulum sering dijadikan alasan untuk tidak beranjak dari cara mengajar yang lama. Daya serap siswa terhadap kurikulum membuat guru tidak percaya kepada potensi multimedia. Akibatnya multimedia tidak dianggap sebagai bantuan tetapi sebagai beban.
e.       Adanya ketakutan pada teknologi (technophobia). Ketakutan ini menyebabkan siswa atau bahkan guru tidak mau/berani menggunakan sumber belajar yang baru. Ketakutan ini bersumber dari belum dikuasainya cara pemanfaatan teknologi tersebut.
f.       Sikap pimpinan banyak menentukan pemanfaatan multimedia di lembaga pendidikan. Sikap yang positif akan menunjang berkembangnya multimedia di lembaga tersebut.

0 komentar:

Post a Comment