Saturday 14 June 2014

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu Kelas IX di SMP Negeri



Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat akan mempengaruhi tatanan sosial kemasyarakatan. Teknologi informasi saat ini dan yang akan datang merupakan tantangan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama yang berkaitan dengan masalah pendidikan. Pendidikan adalah suatu kegiatan universal dalam kehidupan manusia untuk mengupayakan manusia yang berkualitas. Oleh karena itu usaha konkret dari berbagai pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.
Salah satu masalah pendidikan yang kita alami sampai saat ini adalah masalah mutu pendidikan yang merupakan masalah nasional yang sedang dihadapi dan  mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai melalui pendidikan yang baik dan terencana dengan tepat. 
Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat menaikkan harkat  dan martabat manusia Indonesia untuk mencapai itu, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan zaman. Sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Pasal I dinyatakan bahwa : Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesi dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
Menghadapi abad ke-21 yang merupakan abad tehnologi dan informasi, siswa dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, sikap kritis serta kesiapan untuk bersaing secara kompetitis dalam berbagai aspek kehidupan.
Penyertaan multimedia dalam pengajaran dan pembelajaran telah mengubah strategi pengajaran di kelas. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru tadi sekarang telah bergeser ke arah peningkatan fokus dan peran siswa dan partisipasi aktif mereka dalam proses belajar mengajar. Ini adalah fakta tak terbantahkan bahwa banyak lembaga-lembaga pembelajaran menemukan metode-metode dan cara baru dalam rangka menjembatani efisiensi dengan teknologi pembelajaran.
Berkembangnya teknologi informasi internet yang sangat pesat telah mendorong upaya-upaya dalam mememanfaatkan media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Pemanfaatan media secara tepat guna akan memperlancar proses pembelajaran, dimana telah disebutkan di atas bahwa semua ilmu pengetahuan yang ada diseluruh dunia bisa diakses melalui internet dengan cepat dan mudah, hal ini semakin menambah dan meningkatkan pemanfaatan internet oleh kalangan masyarakat maupun anak sekolah, dengan berkembangnya teknologi internet tersebut guru dituntut sekurang-kurangnya menguasai cara penggunaan media pembelajaran yang ada di sekolah agar ketika proses pembelajaran berjalan dengan lancar, hal ini diharapkan akan menjadikan tercapainya tujuan pendidikan nasional, untuk itu guru harus memiliki pengetahuan tentang pemahaman yang cukup mengenai media pembelajaran yang meliputi: media sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses pembelajaran, fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, hubungan antara metode pembelajaran dengan media pembelajaran, dan penggunaan media pembelajaran, dan lain-lain.

Media pendidikan digunakan secara bergantian dengan istilah alat bantu atau media komunikasi seperti yang dikemukakan oleh Hamalik dimana ia melihat bahwa hubungan komunikasi akan berjalan lancar dengan hasil yang maksimal apabila penggunaan alat bantu yang disebut media komunikasi yang nyata antara guru dengan peserta didik yang diharapkan peserta didik akan mengerti materi pembelajaran yang diajarkan, sementara itu menurut Arsyad secara implisit mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran yang terdiri dari antara lain buku, slide, foto, gambar, grafik, televisi, komputer, dengan kata lain media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar
Internet merupakan media informasi yang sangat besar manfaatnya bagi perkembangan pengetahuan siswa, semua data baik berbentuk gambar maupun uraian sangat banyak tersedia di internet, guru juga dapat memperluas pengetahuan dan cakrawala berfikir dengan mengembangkan bahan ajar dari internet, dengan berkembanganya pengetahuan guru maka ilmu yang ditransfer guru menjadi lebuh baik dan bermutu. Dengan adanya pengetahuan tentang cara penggunaan internet maka siswa akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan dan mendalami suatu materi yang telah diajarkan, disamping itu kemampuan berinternet juga akan memberikan cakrawala berfikir yang belih berkembang dimasa-masa yang akan datang.
Mengingat pentingnya peranan internet dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan siswa tentang materi yang teleh diberikan guru, sudah selayaknya setiap siswa untuk memiliki pengetahuan tentang cara pengunaan internet. Harapannya dengan banyak berinternet  yang berhubungan dengan pelajaran serta hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan pelajaran, prestasi belajar yang akan dicapai siswa tersebut akan lebih baik. Sebagai konsekwensi keaktifannya berinternet, siswa dapat memenuhi kebutuhan materi pelajaran yang lebih baik disamping mengunakan perpustakaan sekolah maupun perpustakaan di tempat-tempat lainnya.
 Interconnected Network - atau yang lebih populer dengan sebutan Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 . Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.
Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.
Langkah-Langkah dalam Browsing. Klik double pada icon Internet Explorer.  Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim. Ketikkan nama situs tersebut (www.eramuslim.com) pada kolom address . Tekan 'enter'. Atau klik tombol. Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik Window. Atau dengan Menekan tombol Ctrl+N Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'Close' pada menu files

0 komentar:

Post a Comment