Saturday 27 April 2013

Pengertian Scabies



Scabies adalah erupsi kulit yang disebabkan infestasi dan sentisitasi oleh kutu sarcoptes scabiei Var.Hominis dan bermanifestasi sebagai lesi papular, pustul, Vesikel, kadang-kadang erosi serta krusta dan terowongan berwarna abu-abu yang disertai keluhan subjektif sangat gatal, ditemukan terutama pada daerah celah dan lipatan. (Boediardja, 2003). Sedangkan menurut Sungkar (1995), penyakit scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap tungau sarcoptes Scabiei varietas hominis.

Penyebab dan Cara Penularan Scabies
Sarcoptes scabiei varhomonis termasuk famili sacrcoptidae dari kelas arachbinida, berbentuk lonjong, punggungnya lonjong, punggungnya cembung, dan bagian perutnya rata. Besar tungau ini sangat bervariasi yang betina berukuran kira-kira 0,4 mm x 0,3 mm, sedangkan yang jantan ukurannya lebih kecil 0,2 mm x 0,15 mm, tungau ini berwarna putih kotor, pada bagian dorsal terdapat bulu-bulu dan duri serta mempunyai 4 pasang kaki, bagian anterior 2 pasang sebagai alat untuk melekat sedangkan 2 pasang kaki terakhir pada betina berakhir dengan rambut. (Sugito, 2003).

2.2.1    Penyebab
Masuknya sarcoptes scabiei ke dalam epidermis rasa gatal di kulit akan timbul 1 bulan setelah infestasi primer serta adanya infestasi kedua sebagai manifestasi respon, namun terhadap tungau maupun sekret yang dihasilkannya di terowongan bawah kulit sekret dan ekskreta yang dikeluarkan tungau betina bersifat toksik.
2.2.2    Cara penularan
Penularan scabies terutama melalui kontak langsung seperti berjabat tangan, tidur bersama dan hubungan seksual. Pada orang dewasa hubungan seksual merupakan cara tersering, sedangkan pada anak-anak penularan didapat dari orang tua atau temannya.
Penularan melalui kontak tidak langsung, misalnya melalui perlengkapan tidur, pakaian, atau handuk dahulu dikatakan mempunyai peran kecil dalam penularan scabies dan dinyatakan bahwa sumber penularan utama adalah selimut, pakaian dalam dan penderita perempuan. (Sungkar, 1995).

Gejala dan dan Diagnosa Scabies
2.3.1    Gejala
Gejala klinis utama pada scabies adalah rasa gatal, terutama dirasakan pada malam hari pruritus nocturnal bila cuaca panas pasien beringat, oleh karena meningkatnya aktifitas tungau saat suhu tubuh meningkat rasa gatal-gatal disertai gejala lainnya, biasanya timbul 3-4 minggu setelah tersentisasi oleh produk tungau di bawah kulit.
Lesi yang timbul dikulit pada umumnya simetris dan tempat predileksi utama adalah sela jari tangan fleksor siku dan lutut pergelangan tangan, areola mammae, umbilicus, penis, aksila, abdomen bagian bawah dan bokong. Pada anak-anak usia kurang dari 2 tahun, lesi cenderung diseluruh tubuh, terutama kepala, leher, telapak tangan dan kaki, sedangkan pada anak yang lebih besar predileksi lesi menyerupai orang dewasa. Pada bayi lesi dapat ditemukan dimuka dan kulit kepala, terutama yang minum air susu ibu (ASI) dari yang menderita scabies. (Sugito, 2003).
Pada kulit anak akan terlihat papul-papul eritematosa berukuran 1-2 mm sebagai gejala awal infestasi. Tetapi karena sangat gatal dan akibat garukan dapat timbal erosi, pustul, eksporiasi, kusta dan infeksi skunder yang menyebabkan gambaran lesi primer tersebut menjadi kabur dan tidak khas lagi.
Pada scabies yang kronik, kulit penderita dapat menebal (likenifikasi) dan tanpak berwarna lebih gelap (hiperpigmentasi) Erupsi dapat meluas tanpa mengenal batas predileksi atau target zone yang disebabkan oleh reaksi alergi. Anak menjadi gelisah dan tanpak lelah karena tidurnva terganggu akibat rasa gatal pada malam hari, akibatnya nafsu makan kurang. ( Boediardja, 2003).

2.3.2.  Bentuk-bentuk Scabies
1.      Scabies pada orang bersih :
Bentuk ini gejalanya minimal dan terowongannya sukar ditemukan. Terdapat pada orang dengan tingkat kebersihan yang tinggi dan kutu dapal hilang akibat mandi yang teratur.
2.      Scabies Inkognito
Pemakaian kortikusteroid topikal atau sitemik dapat memperbaiki gejala dan tanda klinis scabies, tetapi infestasi kutu dan kemungkinan penularannya tetap ada.
3.    Scabies Noduluris
Merupakan manilestasi yang unik pada bayi dan anak-anak. Lesi berupa nodus berwarna coklat kemerahan dan gatal yang terdapat pada daerah tertutup; terutama genetalia laki-laki, inguinal dan aksila. Tungau jarang ditemukan pada nodus. Nodulus dan moduli mungkin timbal akibat reaksi hipersensitivitas, lesi ini dapat bertahan beberapa bulan hingga 1 tahun walaupun penderita telah diberikan obat anti scabies.
4.    Scabies Dishidrosiform
Jenis ini ditandai oleh lesi berupa kelompok vesikel dan pustule pada tangan dan kaki yang sering berulang dan selalu sembuh dengan obat anti scabies tropical. Tidak dapat ditemukan tungau pada lesi dan dapat sembuh sendiri secara bertahap dalam beberapa bulan sampai lebih dari satu tahun. Scabies jenis ini umumnya ditemukan pada anak-anak yang diadopsi di negara-negara Asia (Vietnam dan Korea).
5.    Scabies krustosa (scabies Norwegia)
Pertama kali ditemukan di Nerwegia pada tahun 1848, Kasus scabies jenis ini jarang ditemukan. Biasanya terjadi pada mereka dengan respons imum abnormal atau keadaan imunosupresi, kelainan atau gangguan syaraf pusat, gangguan sensitisasi dan malnutrisi.
Scabies Norwegia ditandai dengan lesi yang luas, eritematosa, dengan krusta tebal disertai daerah hiperkeratotik pada telinga, siku, lutut, telapak tangan dan kaki serta bokong dan berskuama. Dapat disertai distrofi kuku dan menjadi generalisata. Frunitus tidak menonjol tetapi sangat menular karena populasi tungau pada kulit sangat banyak (ribuan), baik dalam bentuk tungau dewasa, telur maupun larva. Jumlah tungau yang terdapat di dalam lesi dapat mencapai 2 juta pada seorang pasien (sangat kontagius) dan merupakan sumber epidemi. Jenis ini juga dapat ditemukan pada orang tua serta pasien dengan sensasi kulit yang rendah, pasien imuno kompromais, dan bayi yang mempunyai respons imunologis tidak memadai. (Boediardja, 2003).
2.3.3    Diagnosis
Diagnosis biasanya ditegakkan berdasarkan adanya riwayat gatal pada malam hari yang menyebabkan lelah, lesu, dan kurang tidur, distribusi lesi yang khas, riwayat gatal atau lesi yang sama pada anggota keluarga lain serta cepat hilang setelah pemberian obat anti scabies. (Boediardja, 2003).
Menurut Sungkar (1995) menyatakan bahwa beberapa cara yang dapat dipakai untuk menemukan tungau, telur atau terowongan adalah :
1.      Kerokan kulit
Papul atau terowongan yang baru dibentuk dan utuh ditetesi minyak mineral/ KOH, kemudian dikerok dengan skalpel steril untuk mengangkat atap papul atau terowongan. Hasil kerokan diletakkan di gelas objek dan ditutup dengan kaca tutup lalu diperiksa dibawah microskop.
2.      Mengambil tungau dengan jarum
Jarum ditusukkan pada terowongan di bagian yang gelap dan digerakkan tangensial, tungau akan memegang ujung jarum dan dapat diangkat ke luar dengan cara tersebut, tungau sulit ditemukan tetapi bagi orang yang berpengalaman cara itu dapat meningkatkan ketetapan diagnosis.
3.      Kuretasi terowongan (kuret dermal)
Kuretasi dilakukan secara superficial mengikuti sumbu panjang terowongan atau puncak papul, hasil kuret diletakkan pada gelas objek dan ditetesi minyak mineral/KOH lalu diperiksa dengan mikroskop.




4.      Swap kulit
Kulit dibersihkan dengan eter lalu dilekatkan selotip dan diangkat dengan cepat. Selotip diletakkan pada gelas objek kemudian diperiksa dengan mikroskop dari 1 lesi dibuat 6 sediaan.
5.      Burow ink tes
Papul scabies dilapisi tinta cina dengan menggunakan pena lalu dibiarkan selama 20-30 menit kemudian dihapus dengan alkohol, test dinyatakan positif bila tinta masuk ke dalam terowongan dan membentuk gambaran khas berupa zig-zag.
6.      Uji Tetrasiklin
Tetrasiklin dioleskan pada daerah yang dicurigai ada terowongan, kemudian dibersihkan dan diperiksa dengan lampu wood, tetrasiklin dalam terowongan akan menunjukkan flouresensi.
7.      Epidermal shape biopsy
Papul atau terowongan yang dicurigai dengan ibu jari dan telunjuk lalu diiris dengan scalpel no. 15 sejajar dengan permukaan kulit. Biopsi dilakukan sangat superficial sehingga perdarahan tidak terjadi dan tidak perlu anestesi. Spesimen diletakkan pada gelas objek, ditetesi dengan minyak mineral dan diperiksa dengan mikroskop.
8.      Pemeriksaan histopatologik
Gambaran histopatologik menunjukkan bahwa terowongan terletak pada stratum korneum, dan hanya ujung terowongan tempat tungau betina berada diirisan dermis. Pemeriksaan hispatologik tidak mempunyai nilai diagnostik kecuali bila pada pemeriksaan tersebut ditemukan tungau atau telurnya, daerah yang berisi tungau menunjukkan sejumlah eosinofil dan sulit dibedakan dengan reaksi gigitan antropoda lainnya, misalnya gigitan nyamuk atau kutu busuk.

0 komentar:

Post a Comment