Saturday 27 April 2013

Faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya Scabies



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka menuju Indonesia sehat 2010 adalah menerapkan pembangunan kesehatan yang berwawasan kesehatan, artinya setiap upaya program berdampak positif dalam membentuk perilaku sehat dan lingkungan sehat. Dalam Indonesia sehat 2010, lingkungan yang diharapkan adalah yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat yaitu lingkungan yang bebas dari polusi, tersedianya air bersih, sanitasi lingkungan yang memadai, pemukiman yang sehat, perencanaan kawasan yang berwawasan kesehatan serta terwujudnya kehidupan masyarakat yang saling tolong menolong dengan memelihara nilai-nilai budaya bangsa.
Perilaku masyarakat Indonesia sehat 2010 adalah perilaku proaktif untuk memelihara dan meningkatkan  kesehatan, mencegah resiko terjadinya penyakit. Melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat, selanjutnya masyarakat mempunyai kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu. Pelayanan kesehatan yang tersedia adalah pelayanan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (Moeloek, F.A. 2003).
Perubahan pemahaman konsep akan sehat-sakit serta semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan informasi tentang determinal penyebab penyakit telah menggugurkan paradigma pembangunan kesehatan yang lama yang mengutamakan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif dan reabilitatif. Paradigma pembangunan kesehatan yang baru yaitu paradigma sehat merupakan upaya untuk lebih meningkatkan kesehatan masyarakat yang bersifat proaktif. Paradigma sehat sebagai model pembangunan kesehatan yang dalam jangka panjang diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk mandiri dalam menjaga kesehatan melalui kesadaran yang lebih tinggi pada pentingnya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif. (Media Litbang, Depkes RI, 2003).
Tujuan pembangunan kesehatan menuju Indonesia  sehat 2010 adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat agar terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang optimal melalui terciptanya masyarakat, bangsa dan Negara Indonesia yang ditandai oleh penduduknya hidup di lingkungan dan dengan prilaku yang sehat memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang optimal diseluruh wilayah Republik Indonesia. (Depkes. RI, 1999)
Perilaku Hidup Sehat akan mengantarkan masyarakat bebas dari berbagai masaalah kesehatan dan penyakit seperti scabies.
Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infestasi dan sensitisasi terhadap tungau Sarcoptes scabiei varietas hominis yang berbentuk lonjong. Penularan scabies terutama melalui kontak langsung (kontak kulit dengan kulit) seperti berjabat tangan, tidur bersama dan juga dapat menular melalui kontak tidak langsung (melalui alat) seperti pakaian, handuk, sprei dan bantal. (Sungkar, 1995).
Penyakit scabies sering dijumpai pada orang-orang yang hidup di lingkungan yang padat, kelompok masyarakat yang tinggal bersama-sama dengan keadaan ekonomi yang rendah, personal hygiene yang kurang baik serta sanitasi lingkungan yang kurang baik. (Sungkar, 1995)
Tahun 2003 banyak dijumpai kasus  scabies di beberapa Rumah Sakit besar di Indonesia dengan jumlah penderita scabies menempati urutan yang tinggi 712 orang atau sekitar 89% dari 8 (delapan) Rumah Sakit di Indonesia. (Boediardja, 2003).

0 komentar:

Post a Comment