Thursday 25 April 2013

faktor faktor yang mempengaruhi rendahnya pemeriksaan Hb Ibu hamil di Puskesmas



BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang.
Tujuan dari pembangunan nasional bangsa Indonesia pada hakekatnya adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur yang merata, baik material maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan undang undang dasar 1945 untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut, maka dilaksanakan pembangunan secara terencana ,terarah , terpadu serta berkesinambungan.
Salah satu bidang pembangunan yang mendapat perhatian cukup penting dewasa ini adalah bidang Kesehatan. Pembangunan bidang Kesehatan merupakan wujut nyata upaya  bangsa Indonesia untuk mempertinggi derajat Kesehatan masyarakat seperti yang tertera didalam Sistim Kesehatan Nasional ( Depkes RI, 1991 ).
Pembangunan dibidang Kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan bangsa Indonesia. Pembangunan di bidang Kesehatan diarahkan untuk mempertinggi derajat Kesehatan Masyarakat yang besar artinya bagi pembangunan dan pembinaan sumber daya manusia  Indonesia dan sebagai modal bagi pelaksanaan pembangunan nasional yang hakikatnya adalah pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. ( Undang undang No 23 tahun 1992 )
Depertemen Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan bahwa  Indonesia Sehat tahun 2010, mempunyai visi yang sangat idealis, yakni                             masyarakat Indonesia yang penduduknya hidup dalam lingkungan dan perilaku sehat, maupun memiliki derajat kesehatan yang optimal.
Untuk mewujudkan visi Indonesia Sehat 2010 tersebut telah ditetapkan 4 misi pembanguinan kesehatan.
1.      Mengerakan pembangunan nasional yang berwawasan kesehatan.
2.      Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.
3.      Memelihara dan meningkatan pelajanan Kesehatan.
4.      Memelihara  dan meningkatan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya.
Salah satu program yang dilakukan pemerinah untuk melaksanakan misi kesehatan diatas dengan  program Kesehatan Ibu dan Anak ( KIA) program ini diracang untuk memberikan perhatian khusus kepada Ibu dan Anak karena kesehatan Ibu dan Anak sangat rentan.
Angka Kematian Ibu ( AKI) di Indonesia masih merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara  yaitu 334 per 100.000 kelahiran hidup tahun  1997.
Selanjutnya 50 % ibu hamil memderita anemia, untuk itu kebijaksanaan pemerintah yang mengharuskan setiap ibu hamil memeriksakan keadaan Hb   adalah langkah pencegahan yang perlu dilakukan .
Dalam prakteknya hanya 15 % ibu hamil yang memeriksakan keadaan Hb nya kelaboratorun khususnya di laboratorium Puskesmas

0 komentar:

Post a Comment