Thursday 25 April 2013

HAEMOGLOBIN



Fungsi utama dari sel darah merah adalah mengangkut oksigen ( 02 ) ke jaringan dan mengembalikan karbon dioksida ( CO2 ) dari jaringan ke paru – paru  . untuk mencapai pertukaran gas ini , sel darah merah mengandung protein khusus, yang bernama haemogobin .setiap sel darah merah mengandung sekitar  640 juta molukul heamoglobin dan setiap melekul dewasa normal (Hb A) terdiri atas empat rantai polipepdida 2 2  , masing – masimg dengan gugus haennya sendiri . berat melekol Hb A 68.000.
Fungsi dari melekul haemoglobin adalah memuat dan melepas 02 .
Agar berhasil mengangkut heamoglobin untuk jaringan dan untuk pertukaran gas yang baik, sel darah merah dengan  diameter  8m , harus sanggup melewati secara berulang ulang mikrosirkulasi yang berdiameter minimum 3,5 m, untuk menjaga haemoglobin dalam keadaan tereduksi dan untuk menpertahankan keseimbangan osmosik walaupun terdapat konsentrasi protein (haemoglobin ) tinggi dalam sel . perjalanan totalnya  sepanjang 120 hari kehidupan sel diperkirakan 300mil.   

2.3. ANEMIA
Biasanya ini definisikan sebagai konsentrasi haemoglobin dalam darah rurang dari pada 13,5 g/dL pada laki – laki dewasa dan kurang dari 11,5 g/dL pada wanita dewasa. Wealaupun ada yang memakai 14 g/dl dan 12 g/dl sebagai batas terendah normal pada orang dewasa. Dari umur 3 bulan sampai akil balik , kurang dari pada 11 ,0 g/dl menunjukan anemia . Karena bayi baru lahir mempunyai kadar haemoglobin tinggi ,15 g/dl dianggap sebagai batas terrendah ketika lahir. Penurunan haemoglobin biasanya disertai olah penurunan jumlah sel darah merah dan packet cell volume (PCV) tetapi ini dapat normal pada beberapa pasien dengan kadar haemoglobin subnormal . Perubahan dalam volume plasma total yang beredar sebagai mana haemoglobin total yang beredar menentukan apakah anemia terdapat atau tidak . Penurunan volume plasma dapat menyelubungi anaemia, sebaliknya peningkatan volume plasma dapat menyebabkan anaemia bahkan dengan sel darah merah total dalam sirkulasi normal dan masa haemoglobin normal.
Setelah kehilangan darah banyak akut , anemia tidak segera tampak nyata , karena volume darah total berkurang. Volume plasma memerlukan waktu satu hari untuk diganti dan dengan demikian sampai nampai anaemia . Regenerasi massa haemoglobin memakan waktu lebih lama . 0leh karena itu , gambaran klinis mula – mula dari kehilangan darah akut dan banyak adalah disebabkan kerena penurunan volume darah bukan karena anaemia.
Tabel  1
Nilai – Nilai Normal Sel Darah Merah Orang Dewasa
                                                                        Pria                                          Wanita
Haemoglobin (Hb)* (g/dl)                               13,5  -  17,5                             11,5 – 15,5
HaemoglobinHaematokrit (PCV) (%)            40     -  52                                36    - 48
Hitung sel  darah merah  ( x 1012 /L)              4,5   -  6,5                                3,9  -  5,6
Haemoglobin sel rata-rata  (pg)                                               27 – 34
Volume sel rata-rata (fl)                                                          80 – 95
Konsentrasi Haemoglobin sel rata rata (g/dl)                          30 – 35
* Anak – anak : Neonatus Hb  15,0 – 21 ,0 g/dl
                          3 bulan Hb   9,3 – 12,5 g/dl
                           1 tahun – pubertas Hb 11,0 – 13,5 g/dl
Sumber Kapita Selekta Haematologi oleh A V Hoffbrand 1996.
Anemia yang dikenal baik terjadi dengan difesiensi ( kekurangan ) zat Besi , vitamin B12  atau folat .  Anemia juga terjadi dengan defisiensi asam amino (protein) , tiroksin atau endrogen tetapi dapat merupakanadaptasi terhadap komsumsi 02 jaringan yang lebih rendah , bukan sebagai  efek langsung dari defisiensi pada eritropoisis (proses terbentuknya sel darah merah di sumsum tulang belakang ) . Anemia juga terjadi pada defisiensi vitan C (scurvy ) , vitamin E dan reboflavin.

0 komentar:

Post a Comment