Tuesday 12 March 2013

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG DISMENORHOE DI SMA NEGERI



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
            Mentruasi merupakan kejadian berulang-ulang yang melibatkan hipofisis, hipotalamus, ovarium dan uterus, interaksi hormonal induksi siklus kematangan fonikel di dalam ovarium pada saat yang sama. Siklus perlengkapan kejadian ini diinduksi di dalam uterus sebagai persiapan untuk menerima dan memberi nutrisi pada ovum yang telah dibuahi (Henderson, 2006).
            Siklus haid meliputi juga saat-saat ketika terjadinya pendarahan, beserta jarak waktu sebelum haid berikutnya. Pada banyak wanita, siklus ini berkisar           22 sampai 35 hari, dengan rata-rata 29 hari. Tetapi pada wanita yang haidnya teraturpun dapat terjadi pergeseran beberapa kali, baik maju maupun mundur (Llewellyn Jones, 2005).
            Setiap remaja akan mendapatkan haid yang menunjukkan bahwa dirinya gadis yang sehat. Hampir seluruh perempuan di dunia ini pernah merasakan nyeri haid mulai dari pegal-pegal di seputaran pinggul yang menyebabkan nyeri yang luar biasa sakitnya. Karena nyeri haid itu bukan merupakan suatu penyakit melainkan gejala yang timbul akibat adanya kelainan dalam organ panggul dan bila diobati nyeri haid akan hilang dengan sendirinya (www.google.com).
            Nyeri sewaktu haid dalam dunia medis disebut dismenorhoe. Beberapa gadis biasanya mengalami hal ini 2 (dua) atau 3 (tiga) tahun sesudah menarche. Dan biasanya terjadi bila siklus sebelumnya diikuti dengan keluarnya sel telur, rasa sakit ini kadang juga terjadi pada siklus haid yang disertai pengeluaran sel telur, terutama bila dapat haid membeku di dalam rahim. Rasa nyeri yang meyerupai kejang ini terasa di perut di bagian bawah dan biasanya dimulai 24 jam sebelum haid dan berlangsung sampai 12 jam pertama dari masa  haid (Healt Media Tutritio n Series, 2003).
            Penyebab terjadi rasa sakit haid belum diketahui hingga sekarang, tetapi teori yang masuk akal ialah kekejangan pada otot rahim yang disebabkan aliran darah yang tidak lancar. Jadi penyebab rasa sakit ini kira-kira semacam dengan rasa sakit yang timbul bila lengan diikat dengan kencang. Biasanya gangguan ini mencapai puncaknya pada umur 17 sampai 25 tahun, berkurang dan sembuh setelah pernah mengandung diperkirakan di Indonesia 55 % yang mengalami nyeri haid (Llewellyn Jones, 2005).

0 komentar:

Post a Comment