Monday 11 February 2013

Usaha Dapat Memperlambat Datangnya Menopause



1.  Berolah raga secara teratur
Olahraga selain membantu mengurangi datangnya gejala awal menopause, dapat pula meningkatkan kekuatan tulang. Mulailah dengan olangraga seperti jalan kaki, jogging, dan yoga.
2.  Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah- buahan dan sayuran. Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan tubuh
3. Mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium, mengkonsumsi makanan   seperti susu, keju dan kacang-kacangan dapat mengurangi kekeroposan tulang, kalau jumlah kalsium dari makanan kurang mencukupi, dapat juga memakai tablet besi
4.  Menghindari rokok
Merokok dapat menyebabkan terjadinya menopause lebih awal dan memudahkan kita terkena osteoporosis.
5.      Mengurangi konsumsi kopi, teh, minuman soda dan alkohol.
Minuman ini banyak mengandung kafein yang dapat memperlambat penyerapan kalsium.
6.      Vitamin tambahan
Sebagai besar vitamin yang diperlukan untuk tubuh sudah diperoleh melalui makanan sehari-hari tetapi ada kalanya terutama mereka yang aktif, memerlukan juga tambahan vitamin. Terutama bagi mereka yang menginjak usia menopause memerlukan vitamin-vitamin antioksida seperti vitamin A dan E.
7.      Menkonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen
Kedelai mengandung fitoestrogen atau estrogen yang berdasarkan dari tumbuh-tumbuhan. Kedelai dapat kita konsumsi dari kecap, tempe, tahu, dan susu kedelai.

0 komentar:

Post a Comment