Monday 11 February 2013

Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Menopause



Banyak wanita menganggap bahwa menopause memberi semacam kebebasan bagi hidup nya secara fisik, emosional, seksual. Mereka antusias karena terbebas dari kekuatiran perihal kehamilan, dan mentruasi. Mereka berpendapat bahwa hal ini adalah suatu kelainan yang membuat mereka menjadi tidak menarik lagi, kesepian tidak berdaya dan berguna, mereka meratapi hilang nya kesuburan dan kemudaan  .
Pada umum nya, wanita tidak heran apabila kemudian muncul berbagai keluhan fisik baik yang berhubungan dengan organ reproduksinya maupun organ tubuh pada umum nya tidak hanya itu,perubahan ini sering kali mempengaruhi keadaan psikis seorang wanita. Memang keluhan psikis ini sangat individual yang dipengaruhi oleh social budaya, pendidikan, lingkungan dan ekonomi. Keluhan-keluhan fisik maupun psikis ini tentu saja akan mengganggu kesehatan wanita yang bersangkutan termasuk perkembangan psikis nya. Selain itu, biasa mempengaruhi kualitas hidupnya  
Ada baiknya jika seorang wanita sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi masa menopause kalau memungkinkan sejak masih muda. yaitu sejak masa reproduksi masih berlangsung, karena jika diwaktu masa reproduksi masih berlangsung wanita sudah mulai mengetahui tentang menopause sangat
baik karena waktu wanita menjalaninya masih sangat panjang baik itu persiapan yang dilakukan oleh wanita untuk menghadapi menopause nantinya maka dari itu informasi dan pengetahuan yang memadai, wanita tersebut tidak perlu terkejut lagi dan merasa ketakutan dalam mwnghadapi masa menopause  .
Satus kesehatan seorang wanita sangat dipengaruhi oleh sikap dan tingkah laku dan pengetahuan wanita dalam menghadapi perubahan yang akan terjadi seperti perubahan fisik pada tubuhnya walaupun bukan suatu penyakit. Peristiwa ini mempunyai dampak dalam kehidupan wanita, terutama bagi mereka yang aktif sehingga tidak mendapatkan penanganan yang.
Pada saat menopause, baik secara alami maupun akibat operasi, setiap wanita akan merasakan pengalaman unik yang berbeda-beda. Ada beberapa mitos mengenai wanita menopause seperti depresi berat dan sulit mengendalikan amarah.
Kemampuan diri untuk memandang hidup yang akan datang sebagai sebuah harapan yang membahagiakan selalu berfikir positif atau peristiwa yang dialami selalu dipandang dari segi yang baik khususnya suami sebagai pasangan hidup. Peran positif mereka akan menumbuhkan bahwa kehadirannya masih sangat dalam menghadapi hidup ini.

0 komentar:

Post a Comment