Wednesday 6 February 2013

Gejala dan Tanda Penyakit DBD



 
Penyakit demam berdarah itu penyakit orang kota, namun sekarang orang yang tinggal di daerah peDesaan pun dapat terkena juga. Penyakit ini biasanya hanya menyerang anak-anak jarang menyerang orang dewasa. Namun sekarang mulai banyak orang dewasa yang terserang demam berdarah. Serangan demam berdarah pada orang dewasa lebih berat dibandingkan dengan anak-anak.
Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit demam akut dengan karekteristik demam manifestasi pendarahan yang timbul mengarahkan pada terjadinya shock yang dapat memungkinkan terjadinya kematian pada penderita bila tindakan pertolongan tidak segera dilakukan. Untuk pelaksanaan penyakit ini dapat dilihat berdasarkan pembagian derajat penyakit DBD menurut WHO yaitu :
1.      Demam tinggi mendadak selama 2-7 hari terus menerus disertai dengan gejala yang tidak khas dan satu-satunya manifestasi pendarahan adalah uji taurniket positif pasien pada stadium ini acapkali datang pada fasilitas pelayanan kesehatan tingkat primer yaitu dokter umum, dokter keluarga maupun puskesmas.
2.      Derajat II disertai pendarahan spontan dikulit berupa petekhia purpura ataupun pendarahan lain biasanya terjadi pada hari ke 35.
3.      Penderita dengan disertai kegagalan sirkulasi tubuh yaitu berupa denyut darah yang cepat dan lemah dalam keadaan ini hipotensi dapat terjadi yaitu tekanan darah menurun (20 mmHg) disertai dengan tanda shock lainnya yaitu kulit dingin, lembab dan gelisah.
4.      Terjadi shock berat, nadi tidak teraba dan tekanan darah pada keadaan ini tidak dapat diukur disertai pula terjadinya asidosis metaholik dan alkolosis respiratorik.
Serangan virus dengue juga menekan fungsi sumsum tulang penderita, sumsum tulang berfungsi membuat darah dan zat anti. Akibat ini semua tubuh kehabisan cairan dan darah. Kematian pada demam berdarah bukan akibat langsung virusnya. Virusnya hanya membuat tubuh penderita dalam keadaan terancam kehabisan cairan dan darah.
Sel pembeku darah semakin berkurang karena dipakai untuk menambal dinding pembuluh darah yang semakin banyak menjadi bocor. Semakin parah penyakitnya, semakin banyak sel pembeku darah dibutuhkan untuk menambal kebocoran pembuluh yang terjadi.
Jika kita menemukan atau mencurigai seseorang tersangka demam berdarah, segeralah bertindak. Jika penderita sudah terlanjur parah, sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit terdekat. Jangan paksa memberikan minum kalau penderita sudah dalam keadaan tidak sadar. Gejala demam berdarah yang lain mungkin pula disertai radang saluran nafas, timbul seperti batuk pilek atau mencret-mencret.

0 komentar:

Post a Comment