Sunday 19 October 2014

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS .. .. KABUPATEN ..



INTISARI
Latar belakang: Keluarga Berencana telah menjadi salah satu sejarah keberhasilan pada abad ke 20 saat ini hampir 60 % pasangan usia subur di seluruh dunia menggunakan kontrasepsi. Hingga saat ini populasi dunia sudah mencapai angka 6 milyar dan lebih dari 120 juta wanita negara berkembang tidak memiliki cara mencegah kehamilan. Pada awal tahun 2000, para pakar kependudukan memproyeksikan penduduk Indonesia pada tahun 2010 sebanyak 234,1 juta Angka ini merupakan proyeksi modern yang mengasumsikan keberhasilan program Keluarga Berencana (KB).
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas ... Kabupaten ...
Metodologi Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik dengan desain crossectional, dilakukan di puskesmas Kembang Tanjung yang dilakukan pada tanggal 23-30 Juni 2013. Pengambilan sampel menggunakan tehknik total sampling pada sebanyak 43 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian menunjukkan akseptor yang memakai MKJP rendah yaitu sebanyak 14 responden (32,6 %). Dari hasil penelitian tentang pengetahuan menujukkan bahwa dari 43 responden ternyata responden yang berpengetahuan rendah yaitu 23 orang (53,5 %). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 43 responden memiliki pendidikan masih rendah yaitu sebanyak 18 orang (41,9 %). Dari hasil penelitian tentang umur menunjukkan bahwa dari 43 responden   responden berada dalam kategori dewasa awal yaitu 31 orang (72, 1 %)
Kesimpulan dan Saran: Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh antara pengetahuan, pendidikan, umur terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas .. Kabupaten ... Dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada responden agar lebih meningkatkan pengetahuan tentang Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dengan mencari informasi baik melalui petugas kesehatan maupun ke Rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Kata kunci           : Pengetahuan + Pendidikan + Umur + Metode Kontrasepsi
  Jangka Panjang
Daftar bacaan      : 19 buku + 5 situs internet (2004-2011)
Jumlah Halaman : xii + 47 halaman + Daftar Pustaka + 9 Tabel + 9 Lampiran
 

0 komentar:

Post a Comment