Friday 23 August 2013

METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS



A.   Setting penelitian
1.    WaktuPenelitian
Penelitianinidilaksanakanpadaawal September s/d november Tahun ajaran 2012-2013 yaitu pada  semester I. Penentuan waktu disesuaikan dengan hari efektif dikelas IX.5 karena penelitian ini diadakandalambeberapasiklus. Adapunwaktupenelitiansebagaiberikut:
JadwalPembagianWaktuPenelitian
NO
KEGIATAN
BULAN
SEPTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
1
Persiapan












2
Penyusunan
Instrument












3
Pelaksanaan
TindakanSiklus I












4
EvaluasiTindakanSiklus I












5
Pelaksanaan
TindakanSiklus II












6
EvaluasiTindakanSiklus II












7
Menyusun
Draft Laporan













2.        Tempatpenelitian
            Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di SMP NEGERI 9, Kota .... Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya pada materi Negara majudan Negara berkembang..
B.     SubjekPenelitian
Berdasarkanjudulpenelitianyaitu “MeningkatkanHasilBelajarSiswaKelas IX .5padaMateri Negara Maju Dan Negara BerkembangTahunAjaran 2012-2013, maka subjek penelitian adalah siswa kelas IX.5 SMP NEGERI Tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang yang terdiri 18 siswalaki-lakidan 14 siswaperempuan.
C.    Sumber Data
            Sumber data dalampenelitianiniadalahsiswakelas IX.5sebagaisubjekpenelitian.Data yang dikumpulkandarisiswameliputi data testertulis, tes tertulis dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran. Selain siswa sebagai sumber data penelitijuga di bantu teman sejawat sesama guru bidang study.
D. TeknikdanAlatPengumpulan Data
1.  TeknikPengumpulan Data
       Dalampenelitianinipengumpulan data menggunakantekniktesdan non tes. Testertulis digunakanpadaakhirsiklus I dansiklus II yang terdiridarimateri Negara majudan Negara berkembang, Sedangkanteknik non tes meliputi teknik observasi dan dokumentasi. Observasidigunakanpadasaatpelaksanaanpenelitiantindakankelaspadamateri Negara majudan Negara berkembang.Padasiklus I dansiklus II dokumentasidigunakanuntukmengumpulkan data khususnyanilaimatapelajaran IPS.
2.    AlatPengumpulan Data
Alatpengumpulan data meliputi:
a.       Test tertulis, terdiridaributirsoal
b.      Non Tesmeliputilembarobservasidandokumen
E. Validasi Data
1.ValidasiHasilBelajar
Validasihasilbelajardikenakan pada instrumenpenelitian yang berupates. Validasi ini meliputi validasiteoretis dan validasiempiris. Validasi teoretis artinya mengadakan analis isi instrumen yang terdiri atas facevalidity (tampilantes), contentvalidity (validitas isi) dan constructvalidity (validitas kostruksi).
Validitas empirisartinyaanalisisterhadapbutir-butirtes, yang dimulaidaripembuatankisi-kisisoal, penulisanbutir-butissoal, kuncijawaban dan kriteriapemberianskor.
2.    Validasi proses pembelajaran
Validasi proses pembelajaran dilakukan dengan teknik triangulasi yang meliputi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan observasi terhadap subyek penelitian yaitu siswa kelas IX.5 SMP NEGERI dan kolaborasi dengan guru teman sejawat.
Triangulasi metode dilakukan dengan penggunaan metode dokumentasi selain metode observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pendukung yang diperlukan dalam proses pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial.
F.     Analisis Data
       Analisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptif yang meliputi :
a.       AnalisisDeskriptifKomparatif, hasilbelajardengancaramembandingkanhasilbelajarpadasiklus I dengansiklus II dan membandingkan hasilbelajardenganindikatorpadasiklus I dansiklus II.
b.      AnalisisDeskriptifKualitatif, hasil observasi dengan cara membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II.
Menurut data yang sudahterkumpuldianalisisdenganmempedomanilangkah-langkahanalisis data penelitiankualitatif, analisisberlangsungdengantigajalurkegiatan yang terjadisecarabersamaanyaitu:
1.      Reduksi data, yaitumeliputi proses penyeleksian, pemilihan, penyederhanaandanpengkatagorian data, menganalisisdanpenarikankesimpulan.
2.      Pengujian data, yaitudenganmendeskripsikanapa yang terjadi
3.      Penarikankesimpulan yang dilakukansejaktahappengumpulan data dengancaramencatatpadabukupenelitian.
Analisis data dilakukandalamhalsebagaiberikut:
1.    Aktivitassiswaselamapembelajaran. MenurutArikunto (1996:65) analisis data dilakukanmencari rata-rata :
     Persentasesiswaaktif     =        Jumlahsiswaaktif    x 100%
                        Jumlahsiswakeseluruhan
2.    Hasilobservasidanpenyelesaiansoal, denganrumussebagaiberikut :
     Ketuntasanperorangan   =     Jumlahskor yang diperoleh  x 100%
                        Jumlahskormaksimal
     Ketuntasanklasikal        =      Jumlahsiswatuntas   x 100%
                        Jumlahsiswakeseluruhan
3.    Analisisnilaipersiswasetiapakhirsiklus, menurutArikunto (1996:250) perludilakukananalisissecaraperorangan, yaitumembandingkandengannilaisebelumnyaapakahnilainyanaikataumenurunatautetap. Meskipunsiswabelummencapaiskor 70 ataunilai7,0, tetapisudahadapeningkatannilaimakapemberiantindakansudahmenunjukkanhasil yang positif. Berdasarkanpendapatinimakastandar yang penelitipakaiadalah 7,0.
          Berdasarkananalisisdiatasdapatditarikkesimpulan, apabilasiswatelahdapatmenjelaskan proses penyebaran agama islam-budha di nusantaramakadapatdikatakanpenelitiantelahberhasil, danpenelitiandinyatakanselesai. Tetapijikaditemukanbelumadanyaperbaikanmakadilakukandiskusidengantemansejawatdanrefleksi, untukmenemukankelemahandankekurangan, selanjutnyadilakukanperbaikan yang berlangsungdalamtambahansiklus.
G. IndikatorKinerja
Dalampenelitianini yang akandilihatindikatorkinerjanya. Selainsiswaadalah guru, karena guru merupakanfasilitator yang sangatberpengaruhterhadapkinerjasiswa.
1.      Siswa
a.     Rata – rata hasil test ulanganharian 6,65 indikatorkinerjamenjadi 7,00
b.    Penilaianhasilobservasitentangkeaktifansiswadalam proses pembelajaran IPS
2.      Guru
a.     Dokumentasikehadiran
H.   ProsedurPenelitian
          Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas( Classroom action riset) yang ditandaidenganadanyasiklus, adapundalampenelitianiniterdiridari 2 siklus. Setiapsiklusterdiriatas :perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) danrefleksi (reflecting ).
Sebagaimanatergambarpadabaganberikutini :    
Observasi II
 
Refleksi II
 
Analisa Data
 






 


1.      Siklus 1
a.       Perencanaan ( Planning) terdiriataskegiatan :
·        PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran ( RPP )
·        PersiapanSkenarioPembelajaran
b.      Pelaksanaan ( Acting) terdiriataskegiatan :
·        Pelaksanaan Program Pembelajaransesuaijadwal.
·        Proses pembelajarandenganmenerapkanpembelajarankooperatif learningpadamateri Negara majudan Negara berkembang.
      Secaraklasikalmenjelaskanstrategidalampembelajarankooperatif learning yang dilengkapidenganLembarKerjaSiswa (LKS).
·        Mengadakanobservasitentang proses pembelajaran
·        Mengadakantestertulis
·        Penilaianhasiltestertulis
c.       Pengamatan ( Observing)
Yaitumengamati proses pembelajarandanmenilaihasiltessehinggadiketahuihasilnya. Atasdasarhasiltestersebutdigunakanuntukmerencanakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.
d.  Refleksi( Reflecting) yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I.
2.      Siklus II
a.       Perencanaan ( Planning) terdiriataskegiatan :
·        PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran ( RPP )
·        Penyiapanskenariopembelajaran
b.      Pelaksanaan (Acting) terdiriataskegiatan :
·        Pelaksanaan program pembelajaransesuaidenganjadwal
·        Pembelajarankooperatif learning padamateri Negara majudan Negara berkembang.
·        Menerapkanpembelajarankooperatif learning
·        Mengadakanobservasitentang proses pembelajaran
·        Mengadakantestertulis
·        Penilaianhasiltestertulis
c.       Pengamatan( Observing) yaitumengamati proses pembelajarandanmenilaihasiltessertahasilprakteksehinggadiketahuihasilnya.
d.        Refleksi ( Reflecting) yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I
·        Secaraklasikalmenjelaskanstrategidalampembelajarankooperatif learning yang dilengkapidenganLembarKerjaSiswa (LKS).
·        Mengadakanobservasitentang proses pembelajaran
·        Mengadakantestertulis
·        Penilaianhasiltestertulis
e.       Pengamatan ( Observing)
Yaitumengamati proses pembelajarandanmenilaihasiltessehinggadiketahuihasilnya. Atasdasarhasiltestersebutdigunakanuntukmerencanakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.
f.        Refleksi( Reflecting) yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus I.
3.      Siklus II
a.       Perencanaan ( Planning) terdiriataskegiatan :
·        PenyusunanRencanaPelaksanaanPembelajaran ( RPP )
·        Penyiapanskenariopembelajaran
b.      Pelaksanaan (Acting) terdiriataskegiatan :
·        Pelaksanaan program pembelajaransesuaidenganjadwal
·        Pembelajarankooperatif learning padamateri Negara majudan Negara berkembang.
·        Menerapkanpembelajarankooperatif learning
·        Mengadakanobservasitentang proses pembelajaran
·        Mengadakantestertulis
·        Penilaianhasiltestertulis
c.         Pengamatan( Observing) yaitumengamati proses pembelajarandanmenilaihasiltessertahasilprakteksehinggadiketahuihasilnya.
d.      Refleksi( Reflecting) yaitumenyimpulkanpelaksanaanhasiltindakanpadasiklus II.

0 komentar:

Post a Comment