Tuesday 11 June 2013

Konsep Menoragia



2.1.1.      Pengertian
Menoragia adalah jumlah perdarahan haid yang berlebihan (lebih dari 80 ml ) dan metroragia adalah perdarahan per vaginam antara dua siklus haid. Pada haid normal, jumlah darah yang keluar tidak lebih dari 40 ml dan berhenti setelah proses pengelupasan endometrium berakhir (Wikjosastro, 2007)
Pada sebagian wanita terjadi perdarahan haid dalam jumlah yang melebihi 80 ml (menoragia) atau terjadi perdarahan berupa bercak bercak diluar siklus haid (metroragia) atau campuran (menometroragia). Pada sebagian kasus, penyebab keadaan ini tidak jelas (Henderson, 2007)
Menoragia didefinisikan sebagai menstruasi pada interval siklus teratur tetapi dengan aliran berlebihan dan durasi dan merupakan salah satu keluhan ginekologis yang paling umum di ginekologi kontemporer. Klinis, menorrhagia didefinisikan sebagai kehilangan darah total melebihi 80 ml per siklus atau mens berlangsung lebih lama dari 7 hari. Kesehatan Dunia melaporkan Organisasi bahwa 18 juta wanita usia 30-55 tahun melihat perdarahan haid mereka untuk menjadi selangit. Laporan menunjukkan bahwa hanya 10% dari perempuan mengalami kehilangan darah yang cukup parah menyebabkan anemia atau secara klinis didefinisikan sebagai menorrhagia. Dalam prakteknya, pengukuran kehilangan darah menstruasi sulit. Dengan demikian, diagnosis biasanya berdasarkan riwayat pasien. Siklus haid normal adalah 21-35 hari dalam durasi, dengan perdarahan yang berlangsung rata-rata 7 hari dan ukur arus 25-80 mL (Manuaba, 2008)
Menoragia atau hipermenorea adalah perdarahan haid yang lebih banyak dari normal (lebih dari 80ml/hari) atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari), kadang disertai dengan bekuan darah sewaktu haid. Siklus haid yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.
2.1.2.      Etiologi
Menurut Manuaba (2008) etiologi dari menorrhagia dibagi menjadi 4 kategori, organik, endocrinologic, anatomi, dan iatrogenik.
1.       Organik penyebab menorrhagia termasuk infeksi, gangguan perdarahan, dan disfungsi organ.
    1. Infeksi dapat dari apapun asal genitourinari. Penyakit menular seksual tersebut adalah dari perhatian yang lebih besar pada populasi remaja dan awal dewasa. Pendarahan dari uretra atau rektum harus selalu dipertimbangkan dalam hasil pemeriksaan, khususnya pada wanita pascamenopause yang memiliki temuan negatif setelah hasil pemeriksaan untuk perdarahan vagina.
    2. Gangguan Koagulasi dapat menghindari diagnosis sampai menarche, ketika perdarahan menstruasi berat menyajikan sebagai gangguan tak henti-hentinya. Ini termasuk penyakit von Willebrand, faktor II, V, VII, dan kekurangan IX, defisiensi protrombin; purpura trombositopenia idiopatik (ITP); thromboasthenia. Dan Lihat lebih lanjut tentang gangguan perdarahan
    3. Disfungsi Organ menyebabkan menorrhagia termasuk gagal hati atau ginjal. penyakit hati kronis mengganggu produksi faktor pembekuan dan mengurangi metabolisme hormon (misalnya estrogen). Salah satu dari masalah ini dapat mengakibatkan pendarahan rahim berat.

0 komentar:

Post a Comment