Sunday 14 April 2013

Resiko Persalinan pada usia dini



a. Partus macet
Karena adanya disproporsi kepala panggul maka pertolongan persalinan harus dilakukan dengan operasi ceasar, yang tentu saja harus dilakukan di fasilitas kesehatan yang lengkap (namun ini menjadi masalah bagi mereka yang tinggal jauh dari fasilitas yang memiliki layanan operasio ceasar)
b. Fistula
Merupakan penyulit yang paling sering terjadi sebagai akibat dari partus macet yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Tekanan dari kepala bayi yang lama terhadap pelvis ibunya menguranggi aliran darah ke jaringan lunak di sekitar kantung kemih atau pencernaannya. yang mengakibatkan kemudian ibu merasakan nyeri secara fisik dan kesedihan secara emosional.
c. Pendarahan pasca persalinan termasuk masalah akibat anemia.
Selama kehamilannya ibu muda cenderung mengalami anemia dibandingkan ibu lebih tua.
Pendarahan merupakan penyebab tersering menyebabkan kematian ibu (Ferdian, 2007).

2.1.3. Resiko bagi bayi yang dilahirkan
a.          Ibu muda sering mengalami pola makan yang buruk dan mengalami pertambahan berat badan selama hamil yang tidak ade kuat. Bayi yang lahir dari ibu muda  2 – 6 kali lebih sering berat badan lahir rendah (BBLR) karena premature dan retardasi pertumbuhan selama dalam rahim.
b.         Bayi dengan berat lahir rendah (BBLR) mungkin mengalami pertumbuhan organ yang tidak sempurna yang dapat menyebabkan masalah pada paru-paru seperti respiratory distress syndrome atau masalah otak, dan masalah pencernaan atau retardasi mental.
c.          Kontrol terhadap suhu tubuh dan kadar gula sulit diatur yang mengakibatkan bayi berat lahir rendah (BBLR).

0 komentar:

Post a Comment