Monday 8 April 2013

Konsep varisella



Varisella adalah Infeksi akut primer oleh virus herpes zoster yang menyerang kulit dan mukosa, klinis terdapat gejala konstitusi, kelainan kulit polimorf, terutama berlokasi di bagian sentral tubuh.
SINONIM
Cacar air, chicken pox.
EPIDEMIOLOGI
Tersebar kosmopolit, menyerang terutama anak-anak,tapi dapat juga menyerang orang dewasa.teansmisi penyakit ini secara aerogen, masa penularannya kurang lebih 7 hari dihitung dari timbulnya gejala di kulit.
ETIOLOGI
Virus varisella zoster. Penamaan virus ini memberi pengertian bahwa infeksi primer virus ini menyebabkan penyakit varisela, sedangkan reaktivasi menyebabkan herpes zoster.
GEJALA KLINIS
Masa inkubasi penyakit ini berlangsung 14 sampai 21 hari. Gejala klinis mulai gejala prodormal, yakni demam yang tidak terlalu tinggi, malese dan nyeri kepala, kemudian disusul timbulnya erupsi kulit berupa papul eritematosa yang dalam waktu beberapa jam berubah menjadi vesikel. Bentuk vesikel khas berupa tetesan embun (tear drops). Vesikel akan berybah menjadi pustule kemudian berubah menjadi krusta.. sementara proses ini berlangsung timbul lagi vesikel-vesikel yang baru sehingga menimbulkan gambaran polimorfi.
Penyebarannya terutama di daerah badan kemudian menyebar secara sentrifugal ke muka dan ekstremitas, serta dapat menyerang selaput lender mata, mulut dan saluran nafas bagian atas. Jika terdapat infeksi skunder terdapat pembesaran kelenjar getah bening regional. Penyakit ini biasanya disertai gatal.
Komplikasi pada anak-anak biasanya jarang timbul dan lebih sering pada orang dewasa, berupa ensefalitis, pneumonia, glomerolonefritis, karditis, hepatitis, keratitis,konjungtifitis, otitis, atritis, dan kelainan darah.
Infeksi yang timbul pada trismester pertama kehamilan dapat menimbulkan kelainan congenital, sedangkan infeksi yang terjdi beberapa hari menjelang kelahiran dapat menyebabkan varisela congenital pada neonates.
PEMBANTU DIAGNOSIS
Dapat dilakukan percobaan Tzanck dengan cara membuat sediaan hapus yang diwarnai dengan Giemsa. Bahan diambil dari kerokan dasar vesikel dan akan didapati sel datia berinti banyak..
DIAGNOSIS BANDING
Harus dibedakan dengan variola, penyakit ini lebih berat, member gambaran monomorf, dan penyebarannya dimulai dari bagian akral tubuh, yakni telapak tangan dan telapak kaki.
PENGOBATAN
Bersifat simptomatik dengan antipiretik dan analgetik, untuk menghilangkan rasa gatal dapat diberikan sedative. Lokal diberikan bedak yang ditambah anti gatal (mentol, kamfora) untuk mencegah pecahnya vesikel secara dini serta menghilangkan rasa gatal. Jika timbul infeksi sekunder dapat diberikan antibiotika berupa salap dan oral. Dapat pula diberikan obat-obat anti virus (lihat pengobatan herpes zoster). V.Z.I.G (vaeisela zoster immuglobuline) dapat mencegah atau meringankan varisela, diberikan intramuscular dalam 4 hari setelah terpajan.
VAKSINASI
Vaksin varisela berasal dari galur yang telah dilemahkan. Angka serokonversi mencapai 97%-99%. Diberikan pada yang berumur 12 bulan atau lebih. Lama proteksi belim diketahui pasti, meskipun demikian vaksinasi ulang dapat diberikan setelah 4-6 tahun.
Pemberiannya secara subkutan, 0,5ml pada yang berusia 12 tahun, begitu juga pada usia di atas 12 tahun., setelah 4-8 minggu di ulangi dengan dosis yang sama.
Bila terpajannya baru kurang dari 3 hari perlindungan vaksin yang diberikan masih terjadi, sedangkan antibody yang cukup sudah timbul antara 3-6 hari setelah vaksinasi (Djuanda, 2006).

0 komentar:

Post a Comment