Friday 8 March 2013

Konsep Motivasi



1.    Definisi
      Notoatmodjo (2009) menjelaskan didalam diri seseorang terdapat kebutuhan atau keinginan terhadap objek diluar diri seseorang tersebut, kemudian bagaimana seseorang tersebut menghubungkan antara kebutuhan dengan situasi diluar objek tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhannya yang dimaksud. Oleh sebab itu motivasi adalah suatu alasan seseorang untuk bertindak dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya.
      Menurut Sadirman (2007), motivasi adalah perubahan energy diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.
a.    Jenis-jenis motivasi
Menurut Sadirman (2007), motivasi terbagi menjadi 2(dua) jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik
1)    Motivasi intrinsik
   Motivasi intrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar,                                         karena dalam setiap diri Individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Motivasi intrinsic datang dari hati sanubari umumnya karena kesadaran
2)  Motivasi Ekstrinsik
         Motivasi ekstrinsik adalah kebalikan dari motivasi intrinsic.Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsi karena adanya perangsang pengaruh dari orang lain sehingga seseorang berbuat sesuatu.
     Menurut Sunaryo (2005) secara umum motivasi artinya mendorong untuk    berbuat atau beraksi. Motivasi adalah semua hal verbal, fisik atau psikologis yang membuat seseorang melakukan sesuatu sebagai respon. Motivasi menunjuk pada proses pergerakan, termasuk situasi yang mendorong yang timbul dalam diri individu, tingkah laku yang ditimbulkan oleh situasi dan tujuan atau akhir daripada gerakan atau perbuatan.
     Motif bersifat alami dalam arti bahwa sewaktu individu dilahirkan telah membawa motif-motif tertentu tetapi kemudian motif yang dibawa itu sebagai akibat dari perkembangan individu dan akan mengalami perkembangan juga yang diperoleh dari pengalaman proses belajar (Ahmadi, 2009).
Motivasi dalam suatu organisasi mempunyai maksud dan tujuan yang sangat luas dalam rangka pengembangan organisasi tersebut, antara lain sebagai berikut (Notoatmodjo, 2009):
a.    Mendorong gairah dan semangat kerja pegawai
b.    Meningkatkan produktifitas kerja karyawan
c.    Meningkatkan loyalitas dan integritas karyawan
d.   Meningkatkan kedisiplinan karyawan
e.    Meningkatkan kehadiran kerja karyawan
Motivasi timbul karena adanya suatu minat. Minat sebagai sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang pada apa yang akan mereka lakukan bila diberi kebebasan untuk memilihnya. Bila mereka melihat sesuatu itu mempunyai arti bagi dirinya, maka mereka akan tertarik terhadap sesuatu itu yang pada akhirnya nanti akan menimbulkan kepuasan bagi dirinya (Handayani, 2010).
Beberapa penelitian membuktikan adanya 5 faktor yang mempengaruhi motivasi dalam bekerja :
a.    Gaji yang cukup
b.    Perhatian penuh terhadap pekerjaan yang dilakukan
c.    Keamanan dalam bekerja
d.   Pertumbuhan Organisasi dan peningkatan karier
e.    Interes terhadap pekerjaan (Dinik_Retnowati.Pdf diakses tanggal 8 juni   2012)

0 komentar:

Post a Comment