Friday 1 February 2013

Manfaat permainan bagi anak balita



Media bermain sangat menunjang proses belajar anak balita. Bermain dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan menggunakan alat bantu  yang disebut APE. Anda perlu mengajarkan kepada ibu/keluarga bagaimana menggunakan alat bantu yang disebut APE. Anda perlu mengajarkan kepada ibu/keluarga bagaimana menggunakan APE yang ada dalam Program Bina Keluarga dan Balita ini.Yang terutama adalah        :
a.       Mengakrabkan hubungan antara anak dengan ibu/keluarga
Bermain dengan APE bersama anak dapat menciptakan suasana gembira di dalam keluarga.
Yang penting adalah anak menyukai dan dengan demikian ibu/keluarga akan mudah sekali mengajarkan bermacam-macam pengertian sehingga kemampuan anak meningkat. Anak dan ibu keluarga sama-sama senang.
b.        Membantu anak mengenal dirinya sendiri dengan baik. Beberapa permainan APE ada yang mudah ada yang sukar untuk diselesaikan anak. Pengalaman bermain dengan APE akan menyadarkan balita tentang kelebihan dan kekurangan dirinya.
Bila anak berhasil ia akan bangga dan puas. Disini ibu/keluarga perlu member pengertian pada anak agar tidk menjadi sombong karena keberhasilannya. Doronglah anak agar ia ingin mencoba APE lain dengan tingkat kesukaran yang berbeda-beda. Sebaliknya bila anak gagal waktu memainkan APE ibu/keluarga perlu member pengertian agar anak tidak putus asa dan merasa rendah diri. Jangan cepat menyangka anak itu bodoh, mungkin APE yang dipilih tidak sesuai dengan umurnya, maka sebaiknya orang tua mengganti APE-nya dengan APE lain yang lebih mudah penggunanya. Cara lain adalah APE-nya tetap sama aturan/cara bermainnya  dipermudah sesuai dengan anak.
c.       Anak dapat meningkatkan berbagai kemampuan dan keterampilannya sesuai dengan minat dan tahap umumnya.
d.      Manfaat APE bagi ibu/keluarga
Jika seorang ibu/keluarga tahu dan dapat memainkan APE bersama anaknya, lebih-lebih bila kemudian melihat bahwa anaknya makin pandai, hubungan dengan dirinya makin akrab, pada diri ibu/keluarga timbul perasaan senang dan puas. Ibu/keluarga senang dan puas melihat anaknya bisa belajar. Kepuasan ini akan mendorong ibu/keluarga untk memanfaatkan waktu-waktu yang luang dengan cara bermain bersama anaknya. Anda harus membimbing ibu/keluarga tentang cara-cara menggunakan APE dengan benar. Keterampilan menggunakan APE ini akan membuat ibu keluarga lebih percaya diri dan lebih yakin akan peranannya, yaitu sebagai pengasuh dan pendidik anaknya sendiri.
Di dalam menggunakan APE tidak selalu harus ada yang menang atau yang aklah. Memainkan APE tidak perlu selalu harus bersaing dalam bermain menyusun kembali papan bongkar pasang, membuat bersama pola dari keping menara gelang dan lain-lain.  

0 komentar:

Post a Comment