Friday 1 February 2013

Konsep Alat Permainan Edukatif Anak balita



2.4.1. Pengertian
Yang dimaksud dengan Alat Permainan Edukatif (APE) adalah suatu alat permainan yang khusus digunakan dalam pendiidkan anak balita dalam hal gerakan kasr dan halus (otot tubuh, anggota badan, jari jemari) berbicara dan mengadakan hubungan dengan rang lain, kecerdasan, menolong diri sendiri dan bergaul
APE dapat membantu merangsang dan menunjang pengembangan kemampuan anak sebaik mungkin (hal ini perlu ditegaskan kepada ibu/keluarga agar tidak mempunyai pendapat yang keliru bahwa APE dapat menciptakan seseorang anak yang luar biasa cerdasnya).
2.4.2. Syarat APE
Dapat tidaknya suatu alat permainan digolongkan sebagai APE perlu memenuhi persyaratan khusus. (BKKBN, 2010)
a.    Persyaratan edukatif  (mendidik)
1)      Memberi peluang kepada anak untuk menjajagi dan mencoba alat permainan itu dengan bebas, sesuai dengan tingkat perkembangan, kemampuan, minatnya.
2)      Setiap alat permainan merangsang satu atau lebih pengertian akansesuatu.
contoh 1 : MENARA GELANG GANDA
melalui Menara Gelang Ganda anak belajar pegertian susunan kecil ke besar dan sebaliknya.
Tujuan : Melatih kerja sama antara tangan dan mata
Contoh 2 : BALOK UKUR
Melalui Balok Ukur anak pelajar pengertian ukuran yaitu panjang, pendek, sama, tinggi dan lain-lain.
Tujuan : Mengembangkan kecerdasan (memasang, menghitung)
3)   Alat permainan itu member kesempatan dan kemungkinan untuk dapat menemukan pengertian (konsep) baru berkaitan dengan pengertian yang telah diketahui anak sebelumnya.
Contoh 3 : MENARA GELANG
Setelah anak mengerti susunan besar dan kecil, ia dapat menemukan suatu pengertian baru, yaitu pengelompokkan keping yang sama besarnya dan sama kecilnya.
Tujuan : Mengembangkan kecerdasan (memasang, menghitung)
b.    Persyaratan Teknis
1)      APE harus menarik, baik untuk anak maupun untuk ibu/keluarga, karena APE ini akan dimainkan leh mereka. Mudah digunakan
2)      Ibu/keluarga dan anak tidak perlu membaca pedoman yang sukar untuk dapat menggunakan APE dalam bermain. Andalannya yang menjelaskan bagaimana APE yang ada.
3)      Aman dugunakan anak-anak.
APE harus tidak melukai anak-anak, bentuknya tidak tajam/runcing, tidak terlalu kecil (supaya tidak mudah tertelan anak). Cat harus yang tidak mengandung racun. (ingat : anak-anak kecil sua memasukkan segala bena ke dalam mulutnya).
c.    Persyaratan ekonomis
1)      Kualitas (mutu) pembuatannya harus baik, tidak mudah rusak karena APE ini akan sering digunakan. Bagian – bagian yang rusak atau hilang arus mudah diperbaiki atau dicarikan gantinya.
2)      Mudah dan murah dibuat karena menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar.

0 komentar:

Post a Comment