Tuesday 12 February 2013

Konsep Indek Masa Tubuh (IMT)



a. Pengertian Indek massa tubuh.
 Indeks massa tubuh (IMT) adalah nilai yang diambil dari perhitungan antara berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) seseorang. IMT dipercayai dapat menjadi indikator atau mengambarkan kadar adipositas dalam tubuh seseorang. IMT tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, tetapi penelitian menunjukkan bahwa IMT berkorelasi dengan pengukuran secara langsung lemak tubuh seperti underwater weighing dan dual energy x-ray absorbtiometry (Grummer-Strawn LM et al., 2002: 34). IMT merupakan altenatif untuk tindakan pengukuran lemak tubuh karena murah serta metode skrining kategori berat badan yang mudah dilakukan. Untuk mengetahui nilai IMT ini, dapat dihitung dengan rumus berikut:
Menurut rumus metrik:
                                    Berat badan (Kg)
                      IMT = -------------------------
                                  [Tinggi badan (m)]2

Atau menurut rumus Inggeris:
IMT = Berat badan (lb) / [Tinggi badan (in)]2 x 703
b. Kategori Indeks Massa Tubuh
Untuk orang dewasa yang berusia 20 tahun keatas, Indeks massa tubuh (IMT)  diinterpretasi menggunakan kategori status berat badan standard yang sama untuk semua umur bagi pria dan wanita. Untuk anak-anak dan remaja, intrepretasi Indeks massa tubuh (IMT)  adalah spesifik mengikut usia dan jenis kelamin (Central Defication Center, 2009).
Secara umum, IMT 25 ke atas membawa arti pada obes. Standar baru untuk Indeks massa tubuh (IMT)  telah dipublikasikan pada tahun 1998 mengklasifikasikan Body Mass Index (BMI) di bawah 18,5 sebagai sangat kurus atau underweight, Indeks massa tubuh (IMT)  melebihi 23 sebagai berat badan lebih atau overweight, dan Indeks massa tubuh (IMT)  melebihi 25 sebagai obesitas. Indeks massa tubuh (IMT)  yang ideal bagi orang dewasa adalah diantara 18,5 sehingga 22,9. Obesitas dikategorikan pada tiga tingkat: tingkat I (25-29,9), tingkat II (30-40), dan tingkat III (>40) (Central Defication Center, 2009).
Untuk kepentingan Indonesia, batas ambang dimodifikasi lagi berdasarkan pengalaman klinis dan hasil penelitian di beberapa negara berkembang. Pada akhirnya diambil kesimpulan, batas ambang Indeks massa tubuh (IMT)  untuk Indonesia adalah sebagai berikut:
Tabel 2.1: Kategori Indeks Massa Tubuh
INDEK MASA TUBUH (IMT)

KATEGORI
< 18,5
Berat badan kurang
18,5 – 22,9
Berat badan normal
≥ 23,0
Kelebihan berat badan
23,0 – 24,9
Beresiko menjadi obes
25,0 – 29.9
Obes I
≥ 30,0
Obes II
Sumber: Centre for Obesity Research and Education 2007
c. Kekurangan dan Kelebihan Indeks Massa Tubuh
Indeks massa tubuh merupakan salah satu indikator yang dapat dipercayai untuk mengukur lemak tubuh. Walaubagaimanapun, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dalam menggunakan IMT sebagai indikator pengukuran lemak tubuh.
Kekurangan indeks massa tubuh adalah:
a) Pada olahragawan: tidak akurat pada olahragawan (terutama atlet bina) yang cenderung berada pada kategori obesitas dalam IMT disebabkan mereka mempunyai massa otot yang berlebihan walaupun presentase lemah tubuh mereka dalam kadar yang rendah. Sedangkan dalam pengukuran berdasarkan berat badan dan tinggi badan, kenaikan nilai IMT adalah disebabkan oleh lemak tubuh.
b) Pada anak-anak: tidak akurat karena jumlah lemak tubuh akan berubah seiringan dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh badan seseorang. Jumlah lemak tubuh pada lelaki dan perempuan juga berbeda selama pertumbuhan. Oleh itu, pada anak-anak dianjurkan untuk mengukur berat badan berdasarkan nilai persentil yang dibedakan atas jenis kelamin dan usia.
c) Pada kelompok bangsa: tidak akurat pada kelompok bangsa tertentu karena harus dimodifikasi mengikut kelompok bangsa tertentu. Sebagai contoh IMT yang melebihi 23,0 adalah berada dalam kategori kelebihan berat badan dan IMT yang melebihi 27,5 berada dalam kategori obesitas pada kelompok bangsa seperti Cina, India, dan Melayu.
Kelebihan indeks massa tubuh adalah:
a. Biaya yang diperlukan tidak mahal
b. Untuk mendapat nilai pengukuran, hanya diperlukan data berat badan dan tinggi badan seseorang.
c. Mudah dikerjakan dan hasil bacaan adalah sesuai nilai standar yang telah dinyatakan pada table IMT.

0 komentar:

Post a Comment