Monday 28 January 2013

Riset Keperawatan



Keperawatan sebagai profesi merupakan bagian dari masyarakat, serta akan berubah seirama dengan berubahnya masyarakat itu sendiri. Masyarakat terus menerus berkembang dan mengalami perubahan. Demikian pula dengan keperawatan. Keperawatan dapat dilihat dari berbagai aspek, antara lain keperawatan sebagai bentuk asuhan profesional kepada masyarakat, keperawatan sebagai IPTEK, serta keperawatan sebagai kelompok masyarakat ilmuan dan kelompok masyarakat profesional. Dengan terjadinya perubahan atau pergeseran dari berbagai faktor yang mempengaruhi keperawatan maka akan terjadi perubahan atau pergeseran dalam keperawatan, baik perubahan dalam pelayanan atau asuhan keperawatan, perkembangan ilmu dan tehnologi keperawatan maupun perubahan dalam masyarakat keperawatan baik sebagai masyarakat ilmiah maupun sebagai masyarakat profesional.
Pendidikan keperawatan dihadapkan pada suatu tantangan dalam meningkatan kualitas lulusannya dituntut menguasai kompetensi-kompetensi profesional.
Riset keperawatan akan menjadi suatu kebutuhan dasar yang harus dilaksanakan oleh perawat pada era global. Meningkatnya kualitas pelayanan, sangat ditentukan oleh hasil kajian-kajian dan pembaharuan yang dilaksanakan berdasarkan hasil penelitian. Dengan berkembangnya ilmu keperawatan, maka akan sangat berpengaruh sangat segnifikan terhadap kualitas dan kemandirian perawat dalam melaksanakan tugasnya.   
Riset keperawatan merupakan suatu karya dalam bidang keperawatan yang ditulis berdasarkan kenyataan ilmiah, diperoleh sebagai hasil penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan. Riset keperawatan ini membahas suatu masalah yang timbul berdasarkan tiori-tiori ilmiah dan kenyataan objektif sehingga dapat dibuat suatu analisa, diolah, menghasilkan suatu kesimpulan yang benar yang untuk membahas masalah yang sedang dibahas

0 komentar:

Post a Comment