Tuesday 15 January 2013

CARA MENGUKUR VARIABEL INFORMASI



Pengertian Informasi

Informasi adalah, keterangan pemberitahuan kabar atau berita tentang suatu media dan alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, poster dan spanduk. Media komunikasi adalah media yang digunakan pembaca untuk mendapatkan informasi sesuatu atau hal tentang pengetahuan. Berkaitan dengan penyediaan informasi bagi managemen dalam pengambilan keputusan, informasi yang diperoleh harus berkualitas kualitas informasi tergantung tiga hal yaitu :
a.         Akurat, bebas dari kesalahan, tidak bias atau menyesatkan.
b.        Tepat waktu, informasi yang disampaikan tidak terlambat.
c.         Relevan, informasi mempunyai manfaat bagi pemakainya.
Pesan yang disampaikan oleh bidan bertujuan agar ibu menyadari pentingnya pemeliharaan kesehatan dirinya dan bayinya yang baru dilahirkan,sera menimbulkan motivasi untuk meningkatkan kesehatan dirinya dan bayinya. Pokok-pokok bahasan untuk ibu bertujuan :
Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, pemberitahuan kabar atau berita tentang sesuatu melalui media dan alat sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, spanduk, dan selebaran (Tugiman, 2006).
Informasi yang baik dan berasal dari berbagai sumber akan meningkatkan pengetahuan seseorang, informasi yang diterima merupakan suatu dasar dari meningkatnya pengetahuan seseorang, semakin banyak informasi yang didapatkan maka semakin tinggi pula tingkat pengetahuannya (Sarwono, 2005).
Cara Mengukur Informasi

Variabel keterpaparan informasi diperoleh dengan membuat indeks komposit, yaitu dengan menjumlahkan nilai (skor) sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan sumber informasi. Pertanyaan terdiri atas 5 kelompok yang bergradasi, mulai dari tingkat keterpaparan umum melalui televisi sampai spesifik melalui kegiatan diskusi/mengobrol diberi bobot lebih besar karena untuk dapat berdiskusi orang harus mempunyai minat dan ketertarikan. Oleh karenanya diberikan secara bergradasi, tingkat keterpaparan umum mempunyai bobot kecil dari tingkat yang lebih tinggi.
Adapun pengelompokan tingkat keterpaparan secara bergradasi tersebut adalah sebagai berikut:
Pertanyaan
Bobot
Terpapar melalui televisi
1
Terpapar melalui radio
2
Terpapar melalui Koran/majalah
3
Terpapar melalui media lain, seperti poster, brosur, billboard, dll
4
Terpapar melalui diskusi
5

Selanjutnya pengukuran sumber informasi dikelompokkan dalam 2 kategori yaitu cukup bila mempunyai skor lebih besar dari nilai median/mean dan kategori kurang bila mempunyai skor sama atau lebih kecil dari median/mean.

0 komentar:

Post a Comment