Saturday 17 May 2014

Pelayanan Kesehatan



2.1.1   Pengertian Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan  secara sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok atau masyarakat.
2.1.2   Konsep Pelayanan Kesehatan
Konsep pelayanan kesehatan dasar mencakup  nilai-nilai dasar tertentu yng berlaku umum terhadap proses pengembangan secara menyeluruh, tetapi dengan penekanan penerapan dalam bidang kesehatan seperti berikut:
1.      Kesehatan secra mendasar berhunbungan dengan tersedianya dan penyebaran sumber daya, bukan hanya sumber daya kesehatan seperti dokter, perawat, klinik, dan obat, melainkan sumber daya sosial ekonomi yang lain seperti pendidikan, air dan persediaan makanan.
2.      Pelayanan kesehatan dasar dengan demikian memusatkan kepada adanya kepastian bahwa sumber daya kesehatan dan sumber daya sosial yang ada telah tersebar merata dengan lebih memperhatikan mereka yang paling membutuhkan.
3.      Kesehatan adalah suatu bagian penting dari pembangunan secara menyeluruh. Faktor yang mempengaruhi kesehatan adalah faktor sosial, budaya dan ekonomi disamping faktor biologi dan lingkungan.
4.      Pencapaian taraf kesehatan yang lebih baik memerlukan keterlibatan yang lebih banyak dari penduduk, seperti perorangan, keluarga dan masyarakat dalam pengambilan tindakan demi kegiataan mereka sendiri dengan cara menerapkan prilaku sehat dan mewujudkan lingkungan sehat.

0 komentar:

Post a Comment