Monday 7 October 2013

Prosedur Pengumpulan Data



Dalam mengumpulkan data tehnik yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Adapun prosedur atau langkah-langkah pengumpulan data adalah sebagai berikut:
a.       Tahab persiapan pengumpulan data
Tahab bersiapan pengumpulan data dilakukan melalui prosedur administrasi yang telah ditetapkan berupa pengurusan izin dari ketua program studi .. dan izin dari Kecamatan ... Kabupaten ....
b.      Tahab pengumpulan data
Setelah mendapat izin dari Kecamatan .... Kabupaten ... untuk melakukan penelitian, selanjutnya penulis mendatanggi responden yang telah ditetapkan sesuai dengan sampel penelitian yaitu ibu batita yang ada di .Kecamatan .... Kabupaten ..., dan melakukan pengumpulan data dengan tahapan sebagai berikut:
1)      Penulis memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan penelitian serta meminta kesediaan responden untuk berpartisipasi dalam penelitian dengan menandatangani lember persetujuan menjadi responden yang telah disediakan.
2)      Selanjudnya penulis membagi kuesioner penelitian dan menjelaskan tatacara pengisian kuesioner sampai responden mengerti, kemudian responden dipersilakan untuk mengisi kuesioner tersebut.
3)      Selama pengisian kuesioner, penulis mendampinggi responden agar bila ada pertanyaan yang tidak jelas dapat langsung dijelaskan kepada responden tampa bermaksud mengarahkan jawaban responden.
4)      Setelah kuesioner penelitian selesai diisi, maka sebelum dikumpulkan kelengkapan jawaban responden diteliti kembali. Kuesioner yang belum lengkap diisi, langsung penulis meminta responden untuk melengkapinya saat itu juga.
5)      Penulis kemudian melakukan terminasi dengan responden dan setalah data terkumpul, penulis melapor kembali ke . Kecamatan ... Kabupaten ... untuk mendapatkan surat keterangan telah selesai melakukan penelitian.

0 komentar:

Post a Comment