Saturday 5 October 2013

Pemberian salap mata pada bayi baru lahir



Di beberapa Negara perawatan mata bayi baru lahir secara hukum diharuskan untuk mencegah terjadinya oftalmia neonatorum. Didaerah yang prepalensi gonorea tinggi setiap bayi baru lahir perlu diberi salam mata sesudah satu jam bayi lahir. salap mata perlu diberikan karena bayi tertular pada waktu melewati jalan lahir, yang banyak mengandung kuman Gonorrhea  pada ibu. Pemberian obat mata Eritromocin 0,5% atau tetrasiklin 1 % di anjurkan untuk mencegah penyakit mata karena klamidia ( penyakit menular seksual). ()
1.      Kegunaan
Untuk mencegah infeksi mata bayi karena kemasukan Gonococcus waktu anak melewati jalan lahir, maka Crede menganjurkan penetesan mata bayi dengan Argentii Nitras 2 % segera setelah bayi lahir. ()  
2.      Teknik pemberian Profilaksis mata
a.       Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.
b.      Jelaskan pada keluarganya apa yang anda lakukan. Yakinkan mereka bahwa obat tersebut akan sangat menguntungan bayinya,
c.       Berikan salap atau tetes mata dalam satu garis lurus, mulai dari sudut medial mata ( dekat hidung bayi) menuju ke sudut lateral mata (dekat telinga bayi)
d.      Pastikan ujung  mulut tabung atau tabung pemetes tidak menyentuh mata bayi.
e.       Jangan menghapus salap atau tetesan obat  bayi dan minta agar keluarganya tidak menhapus obat tersebut. ()
3.      Waktu pemberian
Bayi bisa diberi ASI dan “bertemu”  ibu dan keluarganya sebelum mendapatkan tetes mata propolaksi atau salap mata  larutan perak nitrah 1% atau salap antibiotika. (salap tetrasiklin 1%, atau salap mara elektrominin 0,5 %). Tetas ,tetes mata atau salap antibiotika tersebut harus diberikan dalam waktu satu jam pertama setelah kelahiran. Upaya profilaksis untuk ganguan pada mata tidak efektif jika  diberikan lebih dari satu jam setelah kelahiran. 

0 komentar:

Post a Comment