Saturday 24 August 2013

penggunaan metode tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar IPA terpadu siswa kelas VII semester II materi organisasi kehidupan di SMP Negeri



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Pembaharuan pendidikan yang dilakukan pemerintah pada saat ini, adalah merupakan upaya untuk meningkatkan mutu relevansinya dengan tingkat kemajuan sain dan teknologi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya antara lain melalui penataran guru bidang studi atau mata pelajaran, melengkapi sarana dan prasarana, laboratorium dan perpustakaan sekolah. Namun sampai saai ini upaya tersebut masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan akan menjadi pusat perhatian kita bersama. Melalui pendidikan ini manusia akan dapat meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, sikap, dan keterampilan serta kemampuan berkomunikasi dengan sesama.
Untuk mewujudkan mutu pendidikan, salah satu aspek yang perlu diterapkan adalah pelaksanaan proses belajar yang fungsional dan efektif. Yang mana sistem pengajarannya lebih keaktifan siswa. Supanya hal ini bisa tercapai, harus di lakukan usaha-usaha seperti mengatasi masalah pendidikan, masalah keaktifan masalah calon anak didik, guru dan pendidikan serta sarana dan prasarana lain. Kualitas guru dan tenaga kependidikan turut menentukan keberhasilan pendidikan karena, guru sebagai tenaga pelaksana pendidikan yang merupakan kunci dalam sistem pendidikan nasional.
Metode mengajar yang digunakan guru hampir tidak ada yang sia-sia, karena metode tersebut mendatangkan hasil dalam waktu dekat atau dalam waktu yang relatif lama.  Hasil yang dirasakan dalam waktu dekat dikatakan sebagi dampak langsung (Instructional effect) sedangkan hasil yang dirasakan dalam waktu yang relatif lama disebut dampak pengiring (nurturant effect) biasanya bekenaan dengan sikap dan nilai. Banyak metode mengajar yang dapat digunakan oleh seorang guru, oleh karena iru guru harus terampil memilih dan menggunakan bermacam-macam metode yang tepat dan bervariasi. Agar proses pembelajaran berhasil, maka guru harus menggunakan metode pengajaran yang tepat dalam rangka pencapaian hasil belajar yang optimal dan maksimal. Sebab jika guru tidak menggunakan metode mengajar dengan tepat sesuai dengan tujuan, materi dan kemampuan siswa, kemampuan guru maupun keadaan waktu dan peralatan yang tersedia, maka guru tersebut tidak mencapai apa yang diharapkan dalam proses belajar mengajar.
Guna mencapai hasil maksimal dalam proses belajar mengajar, maka diterapkan suatu metode yang diharapkan akan lebih menarik sikap intelektual siswa. Metode yang dimaksud adalah metode tebak kata. Metode tebak kata merupakan salah satu metode pembelajaran dengan bermain, metode pembelajaran ini baik digunakan, karena dalam metode tebak kata siswa diajak belajar sambil bermain.
Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran secara bermain dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Metode tebak kata melibatkan 2 oarang siswa dimana salah satu dari mereka menebak satu kata disebutkn ciri-cirinya oleh siswa yang satunya dalam kertas berukukuran kurang lebih 10 x 10 cm kemudian jawaban yang ditebak dicocokan dengan kata yang tertulis dalam kertas yang berukuran 5 x 2 cm. Situasi belajar yang seperti inilah yang akan membuat siswa menjadi senang sehingga menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran. Jadi dengan menggunakan metode tebak kata diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran.

0 komentar:

Post a Comment