Monday 26 August 2013

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DI SMP NEGERI



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Peningkatan mutu pendidikan adalah tanggung jawab yang harus dimiliki oleh guru. Mengapa guru mempunyai peranan penting di dalam dunia pendidikan. Jawabanya adalah karena guru adalah fasilitator yang mempunyai kemampuan memfasilitasi siswa untuk belajar serta mendidik siswa dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya oleh karena itu guru memegang peranan yang penting terhadap berhasil tidaknya pendidikan.
Berdasarkan uraian di atas jelaslah bahwa guru harus mempunyai kemampuan untuk memfasilitasi siswa agar dapat bisa belajar dengan baik. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhanain itu dalam pembelajaran biologi guru juga harus mampu melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran yang melakukan eksperimen. Guru biologi perlu menyadari benar biologi adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), jadi harus diperlakukan dan disajikan kepada siswa sebagai IPA atau sains yang lahir dan berkembang melalui observasi dan eksperimen. Karena itu dalam mengajarkan biologi, guru harus membuat siswa melakukan kegiatan pengamatan eksperimen.
Pembelajaran dengan menggunakan eksperimen adalah tuntutan pembelajaran sains dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Untuk dapat bereksperimen dalam pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih termotivasi serta lebih mudah memahami uraian yang akan dipelajari sehingga gagasan atau ide yang disampaikan dapat diterima oleh siswa dengan baik.
Salah satu media pembelajaran yaitu lembar kerja siswa (LKS). LKS yang dimaksud dalam tulisan ini adalah buku yang berisi materi atau konsep tugas dan soal-soal latihan dalam pola saji yang terpadu, yang disusun oleh peneliti dengan mengadopsi Harmamatul (2009:12). Berdasarkan pendapat Suyatno (2002:24) "Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan media pembelajaran yang dapat membantu guru di dalam proses belajar mengajar". Adapun fungsi LKS yaitu dapat membangkitkan motivasi serta merangsang pembelajaran sehingga pembelajaran lebih bermakna. Ini sejalan dengan hasil studi Rina (2001:19) yang menyatakan bahwa "Penggunaan LKS di dalam memberikan materi pelajaran dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan keinginannya struktur dan fungsi jaringan tumbuhanain itu dapat motivasi siswa untuk belajar mandiri".
Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan LKS sebagai salah satu media pembelajaran yang dibutuhkan guru dalam meningkatakan hasil belajar siswa karena di dalam LKS terdapat ringkasan materi dan perencanaan-perencanaan di dalam melakukan kegiatan praktikum maka tepat apabila guru menggunakan lembar kerja siswa dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. Namun apakah benar penggunaan LKS benar-benar dapat membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar masih perlu adanya penelitian.  
Penelitian ini khusus dilakukan pada materi struktur tumbuhan. Struktur tumbuhan merupakan materi pelajaran biologi kelas VIII semester II terdiri dari struktur dan fungsi akar, struktur dan fungsi batang, struktur dan fungsi daun, struktur dan fungsi bunga, dan peran pembuluh xilem dan floem. Materi struktur tumbuhan banyak terdapat gambar-gambar dan kegiatan-kegiatan yang mengarah kepada kegiatan eksperimen.
Materi ini baik diajarkan dengan menggunakan lembar kerja siswa karena didalam LKS sudah terdapat perencanaan kegiatan siswa dan dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga anak dapat melakukan kegiatan sendiri, guru hanya mengarahkan dan mengawasi kinerja siswa. Lembar kerja siswa (LKS) pada materi struktur tumbuhan terdiri dari tugas kompetensi yang berisi tentang kegiatan-kegiatan eksperimen yang motivasi siswa dalam belajar serta uji kompetensi yang berisi soal-soal pilihan berganda dan soal uraian yang sebelumnya telah diuraikan pada materi halaman sebelumnya, sehingga siswa diharapkan mampu untuk memahami soal dan dapat menjawab soal-soal dengan benar.  
Pemberian kesempatan untuk berlatih mengerjakan soal-soal latihan dalam jumlah yang cukup dapat melatih para siswa berfikir kritis dan mampu membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa merupakan suatu langkah efektif dalam pendidikan terutama ditingkat SMP. Pemberian lembar kerja siswa berarti membiasakan para siswa berhadapan dengan sejumlah materi, tugas, pertanyaan-pertanyaan serta soal-soal yang harus diselesaikan dengan kemampuan sendiri.

0 komentar:

Post a Comment