Saturday 31 August 2013

Faktor-faktor resiko terjadinya Ca. Mammae



faktor yang turut menentukan dalam proses timbulnya kanker adalah faktor  antara lain :
a. Usia
Perempuan berusia pertengahan 30 tahun sampai pertengahan 40 tahun memiliki resiko terkena kanker payudara dengan peningkatan tertinggi. Dengan kata lain. Beresiko terbesar terkena kanker payudara pada usia tersebut.
a.     Geografi, Ras dan Genetika.
Jumlah perempuan yang terkena kanker payudara di negara non industri atau kurang industri, lebih sedikit dibanding perempuan yang tinggal di negara industri.
Jumlah kasus kanker payudara amat bervariasi di tiap-tiap negara. Pada beberapa kasus sulit untuk menetapkan apakah perbedaan-perbedaan tersebut disebabkan oleh faktor geografi, budaya, genetelia atau pola makan.
b.    Kehamilan
Perempuan yang hamil sebelum berusia 24 tahun memiliki resiko terkena kanker payudara lima kali lipat lebih kecil, dibandingka perempuan yang memiliki anak pada usia 30 tahun. Ini mungkin diakibatkan hormon kehamilan dan menyusui berkembang dan melakukan diferensiasi terhadap jaringan sel payudara dengan cara-cara amat protektif.
c.    Pengangkatan ovarium
Ovarium seorang wanita adalah sumber penghasil hormon utama (termasuk didalamnya estrogen, progesteron, testosteron). Pengangkatan ovarium adalah menopause instan dan kan mengakibatkan penurunan hormon drastis dalam waktu singkat. Ini akan menurunkan tingkat hormon serta resiko terkena kanker payudara yang terkait dengan hormon tersebut, namun dilain pihak juga membuat perempuan rawan terkena masalah-masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan osteoporosis.
d.   Radiasi
Radiasi adalah salah sati faktor berisiko yang berperan tinggi terkena kanker payudara dan efeknya kumulatif. Artinya, kerusakan yang diakibatkan pada payudara tak kan hilang seiring waktu, setiap dosis radiasi pada payudara menambah kerusakan yang telah ada.
e.    Payudara yang terasa sakit dan memiliki benjolan
Ini adalah area kontroversi dalam penelitian tentang faktor-faktor yang beresiko. Disebabkan tidak banyak kesamaan pendapat diantara sekian banyak penelitian. Jelas bahwa perempuan yang memiliki laporan biopsi “epithelial hyperplasia akut” (hyperplasia artinya sel-sel tubuh membelah diri dengan amat cepat, dan ini adalah salah satu tanda bahwa perubahan pembentukan kanker sedang berlangsung) memiliki seriko tinggi terkena kanker payudara, maka ini harus dipandang sebagai kondisi prakanker.

0 komentar:

Post a Comment