Wednesday 17 July 2013

Konsep Perawat Bayi



Perawatan adalah suatu pelayanan essensial yang diberikan perawat berdasarkan cinta kasih kepada individu, keluarga dan masyarakat baik yang sehat maupun yang khususnya mempunyai masalah kesehatan dalam upaya mencapai derajat kesehatan semaksimal mungkin yang meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, sesuai dengan potensi yang ada padanya, sehingga dapat membantu memecahkan masalah kesehatan yang optimal. Sedangkan bayi adalah umur di bawah satu tahun (0  – 1 tahun ) (Depkes. RI, 2008).
Memandikan bayi pertama kali setelah kelahirannya adalah sebuah momen besar dan sangat membahagiakan orang tuanya. Sebelum memandikan bayi, peralatan mandi bayi seperti sabun, shampoo, bak mandi dan lainnya haruslah dipersiapkan dengan lengkap.
Untuk menghindari infeksi tali pusat yang dapat menyebabkan sepsis dan meningitis maka ditempat pemotongan, dipangkal tali pusat, serta 2,5 cm di sekitar pusat diberi obat antiseptic. Selanjutnya tali pusat dirawat dalam keadaan steril/bersih dan kering. (Wiknjosastro, 2005).

0 komentar:

Post a Comment