Saturday 15 June 2013

Jenis-Jenis Susu Formula



Susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar (mammae). $utu forrnula adalah cairan yang berisi zat-zat didalamnya tidak mengandung antibody, sel darah putih, zat pembunuh bakteri, enzim, hormone dan factor pertumbuhan (Roesli, 2005). Dalam istilah ilmiah susu bubuk disebut juga susu campuran atau susu formula sebagai pengganti ASI yang terbagi dua kelompok yaitu susu formula awal (startingformula) dan susu formula lanjut (foll ow up formul a) (Indiarti, 2008). Sedangkan Steven (2004) menyebutkan susu formula merupakan alternatif ASI yang dapat diterima dan bergizi akan tetapi penting bagi ibu untuk memberikan pertimbangan yang serius karena apabila sudah memulai dengan susu formula maka sulit untuk dapat kembali mengganti dengan ASI ibu, dimana susu ibu adalah makanan yang paling ideal untuk bayi. Indiarti (2008) menjelaskan bahwa namun demikian, tidak semua ibu dapat menyusui bayinya sendiri dengan berbagai sebab sehingga mengambil keputusan untuk mengganti ASI dengan susu buatan/susu formula.

Susu formula terbuat dari susu sapi, susu kedelai, protein hidrolisa yang susunan gizinya diubah sedemikian rupa sehingga mendekati susunan zat gizi dalam ASL Di Indonesia telah beredar berbagai macam susu formula dengan berbagai merek dagang, akan tetapi susu formula dapat dibagi menjadi tiga golongan yaitu sebagai berikut:

a. Susu formula adapted
Adapted" berarti disesuaikan dengan fisiologis bayi, susu formula ini komposisinya sangat mendekati ASI, sehingga cacok untuk digunakan bagi bayi baru lahir sampai umur 4 bulan. Fonnula "adapted' yang beredar di Indonesia antara lain: Vitalac, Nutrilion, Bebelac, Dumex dan Enfamil.

b. Susu formula complete starting
Susunan zat gtzi daiam susu formula ini sudah lengkap sehingga dapat diberikan sebagai susu awal (permulaan). Berbeda dengan susu formula adapted', kadar protein dan mineralnya lebih tinggi dibandingkan susu formula "adapted'.. karena cara pembuatan susu formula complele starting" lebih mudah dibandingkan dengan susu fomtula "adapted' maka harga susu formula "complete starting" lebih murah. Susu formula "complete sterting:' yang beredar di Indonesia antara lain: SGM-I, Lactogen-l, dan New Camelpo.
c. Susu formula "follow-up"
Pengertian 'follow,-up'' dalam susu formula ini adalah lanjutan, yaitu mengganti susu formula yang sedang digunakan dengan dengan susu formula "follow-up". Susu forrnula ini digrrnakan pada bayi yang berumur 6 bulan ke atas. Pada umumnya susu formula ini mengandung protein dan mineral. Contoh susu formulafollow-up" yaitu antara lain: Lactogen-2, SGM-2, Chilmil, Promil dan Nutrima (Referensi Kesehatan,2010).

0 komentar:

Post a Comment