Sunday 7 April 2013

Nutrisi Diabetes Melitus



Makanan memiliki jumlah glukosa yang berbeda dari setiap jenis gizi (lemak, protein maupun korbohidrat) memiliki efek yang berbeda dalam meningkatkan kadar glukosa darah. bagaimanapun juga karbohidrat adalah yang paling kritis untuk penderita diabetes. Hampir seluruh karbohidrat (kecuali serat yang tidak bisa dicerna) akan dirubah menjadi glukosa. ada dia jenis glukosa, gula (karbohidrat sampel) dan tajin (karbohidrat komplek). Gula termasuk fructose (buah), glukosa (gula utama dalam tubuh, yang bisa juga ditemukan dalam kue tar, kue dan minuman ringan), dan laktosa (susu dan yogurt). Tajin termasuk sayuran seperti kentang, jangun dan kacang polong, padi-padian dan sereal (Ami, 2009).
Tujuan terapi nutrisi untuk diabetes mellitus adalah:
1.   Menjaga kadar glukosa darah senormal mungkin, glukosa darah antara 6-7 % puasa dan sebelum makan glukosa dalam darah 90-130 mg/dl 2 jam setelah mulai makan < 180 mg/dl.
2.      Mencapai tingkat lavel yang optimal. kolestrol darah LDL ( Low Density Lipoprotein) dibawah 100 ml/dl. HDL (High Dendensi Lipoprotein) diatas 40 mg/dl (pria), diatas 50 ml/dl (wanita), Triglyceride dibawak 150 mg/dl.  

0 komentar:

Post a Comment